Indonesia memang memiliki begitu banyak kepercayaan berbau mistik dan juga spiritual bawaan dari nenek moyang. Hingga hari ini, beberapa di antaranya masih diyakini sebagian di antara kita. Entah itu mitos tentang benda pusaka, hingga hewan-hewan yang punya tuah tertentu.

Salah satu legenda yang cukup tersohor di kalangan masyarakat Jawa adalah Keblek. Nama tersebut adalah sebutan bagi burung yang dipercaya merupakan makhluk jadi-jadian. Percaya atau tidak, legenda tersebut kadung beredar luas di kalangan masyarakat.

Jenis Makhluk Apakah Keblek Itu?

Dipercaya bahwa Keblek merupakan makhluk lelembut yang memiliki wujud seperti binatang. Beberapa orang bahkan percaya jika kehadiran burung Keblek merupakan pertanda jika orang di sekitar atau saudara akan ada yang meninggal.

Ilustrasi [Image Source]
Bukan berarti burung tersebut adalah si pencabut nyawa, tidak. Sebagian orang percaya jika burung tersebut hanya menyampaikan kabar. Namun, kepercayaan tersebut harusnya tidak dipertahankan. Sebab, yang tahu tentang misteri kematian tentu saja hanya Tuhan bukan?

Tanda Kehadiran Burung Keblak

Kehadiran Keblak diyakini masyarakat memiliki tanda khusus. Seperti suara-suara khas, kepakan sayap yang berbunyi bleg, bleg, bleg. Suara tersebut juga terdengar seperti langkah kaki yang dihentakkan dengan kuat.

Ilustrasi [Image Source]
Dan dari suara tersebut pula masyarakat kerap menjuluki makhluk tersebut dengan sebutan Keblek. Konon, burung Keblak akan mengitari rumah di mana orang akan meninggal untuk menyampaikan kabar duka.

Sosok Keblak

Cerita sosok Keblak sudah menjadi legenda yang tergambar jelas dalam ornamen beberapa candi di Indonesia. Dalam cerita wayang kuno, sosok Keblak kerap digambarkan sebagai informan terpercaya karena sosoknya yang netral dan tidak terikat dengan makhluk lain. Menurut beberapa sumber, sosok Keblak memiliki wujud seperti ayam jago, kalkun, kelelelawar yang memiliki warna hitam pekat yang tingginya mencapai pinggang orang dewasa.

Ilustrasi [Image Source]
Anehnya, masyarakat memiliki keyakinan yang berbeda atas burung tersebut, ada yang mempercayai burung tersebut adalah siluman dengan wujud yang mengerikan. Sebagian yang lain menganggap Keblak adalah sosok garuda gaib, seperti yang tergambar dalam cerita jawa kuno.

Pandangan Masyarakat Tentang Pesugihan

Keberadaan sosok Keblak yang merupakan si pemberi kabar rupanya tak sepaham dengan beberapa masyarakat. Karena sebagian menganggap jika Keblak merupakan burung gaib yang merupakan bangsa siluman dan perannya sebagai pesugihan. Konon, makhluk tersebut diberi tugas untuk mencuri beras atau uang untuk tuannya.

Ilustrasi [Image Source]
Ada yang percaya bahwa seseorang yang berhasil menangkap makhluk tersebut, dan tetap membiarkannya hidup, tak berselang lama akan ada seseorang yang datang untuk menebusnya dengan imbalan yang besar. Namun jika si penangkap membunuh si Keblak, dipercaya bahwa si pemilik juga ikut mati. Meski demikian, untuk menangkap makhluk Keblak tersebut bukan hal yang mudah, sebab sosok gaib tentu saja memiliki kemampuan untuk menghilang. Dibutuhkan orang yang ahli untuk menangkap binatang gaib ini.

Di zaman yang sudah modern seperti sekarang, barangkali sosok Keblak mulai jarang diperbincangkan. Namun tak dapat dipungkiri jika legenda Keblak di Indonesia merupakan cerita yang begitu kaya. Begitu kuatnya mitos tersebut hingga keberadaan Keblak diabadikan dalam ornamen di beberapa candi dan pewayangan. Sosok Keblak sudah menjadi bagian dari budaya khas Indonesia. Meski demikian, mengingat makhluk tersebut hanya sosok mistis, ada baiknya kita tidak terlalu fanatik terhadap kisah-kisah tersebut. Menyerahkan kepercayaan hanya pada Tuhan adalah pilihan terbaik.