in

Kebiasaan Unik Para Taipan Indonesia yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

[Image Source].

Kesuksesan tak bisa diraih dengan instan. Jika dicermati baik-baik, kesuksesan adalah sebuah bentuk puncak yang dapat diraih dengan kebiasaan baik yang dilakukan secara setapak demi setapak. Jika kita selalu melakukan kebiasaan yang baik setiap harinya, niscaya suatu saat nanti kesuksesan yang kita impikan dapat diraih.

Di bawah ini ada lima nama pengusaha sukses berskala nasional yang punya kebiasaan baik dan unik. entah dalam bekerja maupun dalam menjalani hidup pada umumnya. Supaya kita lebih termotivasi, yuk kita cari tahu apa saja kebiasaan-kebiasaan yang rutin dilakukan oleh para konglomerat jempolan ini.

Hary Tanosoedibjo

Taipan media yang stasiun televisinya selalu memutar mars fenomenal yang rutin mengalun di sela-sela acara atau sinetron favorit kita ini punya kebiasaan yang patut kita teladani. Ia ternyata adalah sosok penggila kerja. Bahkan, ketika sedang berlibur bersama keluarganya pun, ia selalu menyempatkan diri untuk mengurus pekerjaannya. Minimal mengecek dan menjawab pesan-pesan penting yang masuk ke kotak email serta pesan instan di ponsel cerdasnya.

Hary Tanosodiebjo. [Image Source].
Pria yang usianya sudah berkepala lima ini juga kerap tampil segar di hadapan publik. Rahasianya sederhana saja, ia gemar berolahraga. Setengah jam hingga satu jam setelah bangun pagi ia gunakan untuk berolahraga semisal lari pagi atau cukup dengan mengangkat barbel dengan beban ringan.

Tuh kan, Ketum Perindo yang satu ini meski sudah berusia setengah abad masih saja giat bekerja dan tak lupa berolahrga. Sebagai anak muda yang masih punya banyak waktu dan tenaga, kita tak boleh kalah sama beliau.

Michael Bambang Hartono

Michael Bambang Hartono adalah saudara dari Budi Hartono yang saat ini menduduki posisi kedua sebagai orang terkaya di Indonesia. Pria yang pada 3 Oktober nanti berusia 78 tahun ini mengandalkan Djarum, perusahaan rokok terbesar di Indonesia, sebagai bisnis utamanya.

Michael Bambang Hartono. [Image Source].

Di tengah kesibukannya mengurus Djarum beserta banyak anak perusahaan lainnya, pak Bambang selalu menyempatkan diri untuk berlatih Taijiquan. Apa itu Taijiquan? Itu adalah semacam olahraga bela diri yang berasal dari Cina. Lewat kebiasaannya menekuni olahraga tersebut, ia mengaku dapat berkonsentrasi lebih baik dan pastinya lebih bugar di usia yang sudah tergolong senja ini.

Selain olahraga bela diri tersebut, ia juga ternyata punya hobi lain yang tak kalah seru dan keren. Balap mobil, bermain musik, hingga menembak adalah beberapa di antaranya. Tak heran jadinya, kalau bapak yang satu ini masih aktif dan dipercaya mengurus bisnisnya.

Ciputra

Kalau nama ini adalah rajanya properti di Indonesia. Ayah empat orang anak ini adalah lulusan arsitek dari universitas terkemuka di Indonesia, Institut Teknologi Bandung. Selain aktif sebagai pengusaha, ia juga dikenal sebagai seorang filantropis dan ikut menceburkan diri ke bidang pendidikan dengan mendirikan Universitas Ciputra.

Ciputra. [Image Source].
Dalam bukunya yang bertajuk “The Ciputra’s Way: Praktik Terbaik menjadi Entrepreneur Sejati” seorang kawan baiknya yang bernama Mien R.Uno, selalu teringat dengan kebiasaan beliau dalam berbisnis. Ia menceritakan bahwa Ciputra selalu membawa tape recorder ke mana-mana. Hal itu ia lakukan agar dirinya tak lupa jika sewaktu-waktu ada ide brilian yang melintas di kepalanya.

Memang, terkadang ide brilian adalah hal yang langka dan tak pernah memberi notifikasi jika mau mampir di benak kita. Untuk menyiasatinya, kita bisa membawa alat perekam seperti pak Ciputra tersebut. Atau kalau mau lebih praktis, kan ada smartphone. Kamu bisa mencatat ide yang datang dengan cara merekamnya atau mencatatnya di aplikasi notepad.

Mochtar Riady

Sama seperti empat nama di atas, Mochtar Riady adalah seorang konglomerat keturunan Tionghoa. Ia merupakan pendiri sekaligus presiden komisaris Lippo Group. Sebuah grup perusahaan yang bergerak di banyak sektor industri seperti media, telekomunikasi, properti, hingga elektronik.

Mochtar Riady. [Image Source].
Pria yang saat ini duduk di posisi enam sebagai orang terkaya di Indonesia dengan harta kekayaan $2,1 miliar ini punya kebiasaan yang, saya yakin, cukup menakutkan bagi kebanyakan orang. Membaca. Kebiasaan sekaligus hobi yang hingga kini masih terus ditekuninya.

Bahkan, sejak kecil ayahnya sudah mendorong ia untuk membaca buku dengan bahasan berat untuk anak seusianya. Menurutnya, manusia harus rajin membaca agar pemahamannya semakin luas dan berpandangan jauh ke depan. Ayo, mulai sekarang membacanya semakin digiatkan yaa!

Haji Abdul Rasyid

Nama yang satu ini mungkin cukup asing di telinga kamu. Tapi jangan salah, ternyata ia berada di posisi 16 sebagai orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan bersih $1,1 miliar. Beliau adalah seorang putra Kalimantan yang menjadi bos di Citra Borneo Indah, perusahaan yang banyak bergerak di bidang kehutanan.

Abdul Rasyid. [Image Source].
Pria yang dikenal sederhana ini punya kebiasaan yang unik dan bersahaja. Meski punya harta yang fantastis, namun ia tak pernah lupa dengan tanah kelahirannya. Meski punya kantor di Jakarta dan kerap bepergian ke luar negeri, namun ia bertandang ke sana semata untuk bekerja saja. Jika semua urusan selesai, ia pasti kembali ke rumahnya di Pangkalan Bun untuk berkumpul bersama keluarga besarnya.

Ia juga sangat perhatian terhadap para karyawannya. Gaji yang baik, fasilitas yang memadai tak pernah lupa ia berikan. Apalagi soal pendidikan. Ia memastikan agar semua anak karyawannya dapat menempuh pendidikan. Bahkan, pria yang bergelar haji ini menyiapkan puluhan bus gratis untuk ditumpangi oleh anak-anak di wilayahnya demi menempuh pendidikan.

Mungkin kamu menganggap kalau kebiasaan yang mereka lakukan adalah hal yang sepele. Akan tetapi, mereka sendiri telah membuktikan bahwa dengan kebiasaan yang sepele namun baik tersebut, mereka bisa menjadi orang hebat dan sukses seperti yang sekarang kita kenal.

Leave a Reply

5 Aksi Kemarahan Rakyat Terkait Patmi, Petani yang Meninggal Setelah Mengecor Kakinya

5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Menikahi Cewek Makassar