in

5 Hal Ini Biasa Dilakukan Orang Indonesia, tapi Bikin Bule Bingung Sendiri

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang menarik bagi turis asing. Selain itu, penduduk yang terkenal ramah membuat para wisatawan terkesan dengan Indonesia. Adat istiadat dan budaya yang unik, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka.

Namun ternyata ada beberapa kebiasaan orang Indonesia yang membuat warga asing terheran-heran. Mereka tak habis pikir apa alasan orang Indonesia melakukan kebiasaan tersebut. Nah daripada penasaran, berikut 5 kebiasaan orang Indonesia yang sukses membuat bingung para bule.

Kerokan

Kalau badan terasa lelah atau masuk angin, orang Indonesia sering menggunakan kerokan sebagai solusinya. Namun hal yang biasa ini membuat syok seorang bule asal Australia. Bule tersebut mencoba kerokan saat berlibur ke Bali. Setelah punggungnya dikerok menggunakan koin, muncul kemerahan yang membuat sang bule kaget bukan main. Tetapi anehnya, sakit punggung yang ia rasakan selama tiga tahun sembuh setelah mencoba terapi kerokan.

Kerokan [sumber gambar]
Sebenarnya metode kerokan tak hanya berasal dari Indonesia. China juga menerapkan terapi ini yang disebut sebagai gua sha. Sedangkan di Kamboja dan Vietnam, kerokan disebut cao gio. Kerokan dipercaya dapat membuat aliran darah baru dan menghilangkan rasa lelah.

Tisu toilet di meja makan

Fenomena yang satu ini pasti membuat bule penuh keheranan. Ya, hanya di warung-warung makan di Indonesia, tisu toilet yang digunakan di kamar mandi justru diletakkan di meja makan untuk membersihkan mulut. Hal itu disebabkan orang Indonesia tak menggunakan tisu toilet. Orang Indonesia lebih memilih menggunakan tangan dan air untuk membersihkan area pribadi usai buang air.

Tisu toilet [sumber gambar]

Budaya ini berbeda jauh dengan bule yang hanya menggunakan tisu toilet dalam setelah buang air. Alasannya para bule tersebut tinggal di benua dengan cuaca dingin sepanjang tahun, yang menyebabkan air menjadi beku atau terasa sangat dingin bahkan di musim panas.

Jongkok

Duduk dengan pose berjongkok lazim ditemui di Indonesia. Di pinggir jalan, kita bisa melihat banyak orang duduk berjongkok, dari anak kecil hingga lanjut usia. Tapi jongkok ternyata dipandang aneh bagi para bule, lantaran sebagian besar dari mereka tak bisa duduk berjongkok.

Jongkok [sumber gambar]
Hal itu lantaran bule biasanya memiliki kaki yang lebih panjang, sehingga mereka kesulitan menjaga keseimbangan tubuh saat berjongkok. Selain itu, orang Indonesia mahir berjongkok karena toilet yang digunakan kebanyakan adalah toilet jongkok. Sedangkan para bule hanya memiliki toilet duduk.

Minum dalam plastik

Minuman plastik [sumber gambar]
Saat para bule membeli minuman, maka sudah pasti mereka akan mendapatkan wadah berupa gelas cup. Namun berbeda dengan negara kita, di Indonesia kita bisa membeli minuman yang diwadahi plastik kiloan. Tentu saja hal ini membuat bule kebingungan, karena fenomena tersebut tak ditemui di negara mereka. Ternyata bukan hanya di Indonesia, negara tetangga seperti Malaysia dan Filipina juga menjual minuman dalam plastik loh.

Sebut orang asing bule

Kebiasaan orang Indonesia memanggil warga asing dengan sebutan bule, juga membuat orang asing keheranan. Namun tampaknya kebiasaan ini sudah mengakar selama bertahun-tahun. Bule identik dengan ciri fisik orang Eropa dan Amerika yang berkulit putih, berambut pirang, dan berhidung mancung.

Bule [sumber gambar]
Pada masa penjajahan Belanda, kata bule belum eksis seperti sekarang. Kala itu, orang Indonesia menyebut mereka sebagai tuan. Namun Benedict Anderson, seorang peneliti merasa kurang nyaman menyebut mereka tuan, sehingga ia menggantinya menjadi bule. Teman-teman Ben menyukai panggilan tersebut dan menyebarkannya di koran-koran. Alhasil kata bule populer hingga sekarang.

BACA JUGA: Biasa Bagi Orang Indonesia, Ini 4 Alasan Mengapa Para Bule Sulit Sekali Jongkok

Itulah 5 hal yang biasa dilakukan oleh orang Indonesia yang membuat para warga asing kebingungan. Tak menjadi masalah dipandang aneh dengan budaya tersebut. Namun sebaiknya kita melestarikan kebiasaan yang baik dan menghilangkan kebiasaan yang buruk.

Written by F A Agustina

4 Fakta Genghis Khan, Jadi Penyebab Kematian 40 Juta Orang hingga Punya Ribuan Selir

Kisah Ika, Mantan Guru yang Tak Malu Alih Profesi Jadi Montir Meski Dicibirin Tetangga