Categories: Trending

Kebiasaan di Rumah Sehari–hari yang Indonesia Banget

Setiap orang pasti lah punya kebiasaan sendiri-sendiri di rumah mereka. Tapi biasanya, orang dari negara yang sama, akan muncul kebiasaan yang mirip dari rumah satu dengan rumah lainnya. Antara memakai alas kaki atau tidak memakai saat berada di dalam rumah, atau antara makan bersama dan makan sendiri-sendiri, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 7 Kebiasaan Makan Yang Hanya Dimiliki oleh Orang Indonesia

Nah, di Indonesia ternyata ada banyak kebiasaan yang mirip di rumah yang satu dengan yang lainnya. Ini lho beberapa kebiasaan unik di rumah – rumah yang Indonesia banget.

1. Sepeda Motor Masuk Rumah

Dengan tingginya tingkat pencurian kendaraan bermotor, nggak heran sih kalau di Indonesia motor ikut masuk ke dalam rumah. Hal ini juga nggak hanya dilakukan di rumah-rumah tanpa pagar. Bahkan orang-orang dengan rumah yang sudah diberi pagar tinggi juga tetap waspada dengan memasukkan motornya ke dalam rumah.

Motor diparkir di ruang tamu [Image Source]
Hal ini tidak lain juga gara-gara pencuri juga makin ahli dalam hal bobol-membobol. Bahkan gembok pagar pun juga dengan canggih bisa dibobol oleh mereka. Uniknya lagi, setelah dimasukan ke dalam rumah dan sebelum standarnya diturunkan, maka akan diberi alas keset terlebih dahulu untuk tempat standard. Manis deh motornya…

2. Masak Pagi Hari, Dimakan Sampai Makan Malam

Kebiasaan umum di rumah-rumah warga Indonesia biasanya adalah memasak sekali dalam satu hari yaitu di pagi hari. Setelah itu, masakan akan dihidangkan di meja makan sebagai sarapan, makan siang, dan makan malam. Jadi kalau tiba-tiba merasa lapar, nggak perlu nunggu masak lagi deh. Tinggal ambil saja di meja makan.

Memasak cukup sekali sehari [Image Source]
Tidak hanya dimakan dalam satu hari, ada juga masakan berkuah santan yang dimakan hingga keesokan harinya, atau lusa. Jadi, cukup memasak sekali dalam jumlah besar, kemudian dihangatkan saat malam hari sehingga sayur tersebut tidak bau dan bisa dimakan hingga keesokan harinya atau bahkan hingga lusa. Cukup praktis.

3. Kresek Berisi Kumpulan Kresek

Setiap hari, kita pasti mendapatkan tas kresek, baik waktu membeli sesuatu di minimarket, ataupun ke pasar. Karena sayang jika dibuang begitu saja, maka kresek-kresek ini biasanya disimpan. Lumayan jika nanti butuh kresek sewaktu-waktu.

Kresek di dalam kresek [Image Source]
Nah, yang unik, sekumpulan kresek ini biasanya disimpan di dalam kresek juga. Jadilah kresek di dalam kresek, di dalam kresek. Hayo, di rumahmu pasti juga menyimpan kresek di dalam kresek bukan?

4. Lemari Pakaian yang Diberi Alas Koran

Pernahkah kamu mengamati lemari pakaianmu sendiri atau lemari teman-temanmu? Ada kebiasaan unik yang sepertinya memang cuma di Indonesia saja deh, yaitu lemari pakaian yang diberi alas koran. Atau biar terlihat lebih cantik, maka alasnya dibuat dari kertas kado.

Lemari yang sudah dialasi koran [Image Source]
Macam-macam alasan kenapa lemari pakaian diberi alas. Mulai dari agar pakaian tidak bau kayu, lapisan kayu yang sudah mengelupas, atau juga agar tidak terkena serangga. Kalau kamu, apa alasanmu memasang alas kertas di lemari pakaianmu?

5. Kaleng Biskuit Berisi Alat Jahit

Ini nih yang bikin anak kecil dulu sering trauma kalau lihat kaleng biskuit bergeletakan. Pasalnya, meskipun gambar kalengnya menggambarkan berbagai macam biskuit yang serba lezat, belum tentu isinya juga biskuit – biskuit. Terkadang isinya alat jahit ibu atau nenek. Kan zonk jadinya…

Alat jahit di dalam kaleng biskuit [Image Source]
Yah memang sih, sayang kalau kaleng biskuit yang sudah habis langsung dibuang begitu saja. Tapi kalau memang mau dimanfaatkan sebagai wadah alat jahit, mbok ya diberi label besar dengan tulisan ‘Alat Jahit’. Biar nggak kegeeran kalau mau buka kalengnya. Karena percayalah, yang pernah ngalamin ini bukan cuma satu atau dua orang saja. Bahkan kamu mungkin juga pernah?

6. Tumpukan Sepatu yang Tetap Disimpan Meski Sudah Nggak Cukup

Biasanya, para wanita memang suka mengoleksi sepatu. Tapi yang umum ada di rumah-rumah adalah tumpukan sepatu-sepatu yang nggak pernah dibuang meski sebenarnya sudah nggak muat atau memang sudah nggak pernah dipakai.

Tumpukan sepatu [Image Source]
Tumpukan sepatu ini dibiarkan menumpuk menggunung di rak sepatu hingga berdebu. Nah, daripada nganggur, kenapa nggak disumbangkan saja ke yang lebih membutuhkan?

Baca Juga : 7 Hewan Ini Adalah Titisan Naga di Dunia Nyata

Nah, kebiasaan apalagi sih yang menurutmu Indonesia banget dan selalu ada di rumah-rumah warga? Bagi pendapatmu di kolom komentar, ya.

Share
Published by
Tetalogi

Recent Posts

Curhat 10 Tahun Menikah Diselingkuhi Suami dengan Adik Ipar, Mamah Dedeh Peluk Ibu Ini

Ustazah Dedeh Rosidah, atau akrab disapa Mamah Dedeh, menjadi salah satu penceramah yang begitu disukai…

3 months ago

Perempuan Asal NTT Ini Melahirkan Sendiri dan Memutilasi Anak Hasil Hubungan Gelapnya

Tak jarang karena kesenangan sesaat, ada nyawa yang harus direlakan. Seperti yang terjadi di Nusa…

3 months ago

Mahasiswi UI Sekaligus Tiktoker Rahma Azzahra Meninggal Setelah Alami Kecelakaan di Tol

Kabar duka datang dari seorang Tiktoker bernama Rahma Azzahra Putri Hariyadi. Ia meninggal dunia di…

3 months ago

Polemik Uang Konsumsi dan Transport Pelantikan Anggota KPPS yang Diduga Disunat

Pemilihan umum atau Pemilu sudah makin mendekati hari H. Namun, beberapa hari lalu ada dugaan…

3 months ago

Profil dan Rekam Jejak Tom Lembong yang Namanya Mencuat Jelang Pilpres 2024

Nama Thomas Trikasih Lembong, atau lebih dikenal sebagai Tom Lembong, kembali mencuat setelah debat cawapres…

3 months ago

Komika Felix Seda Dikecam Netizen Setelah Lontarkan Pelecehan Verbal kepada Najwa Shihab

Nama komika Felixus Juang Seda, atau lebih dikenal sebagai Felix Seda, tengah menjadi pembicaraan hangat.…

3 months ago