in

Inilah 4 Kebiasaan Sepele Saat Berkendara Sepeda Motor yang Bisa Rusak Kesehatanmu

Berkendara sepeda motor ternyata memiliki bahaya di luar yang kita ketahui. Selain kecelakaan, ada juga kebiasaan yang membuat kesehatan pengemudi terganggu. Di antaranya sih adalah tentang mengebut di jalan. Tapi pasti kalian juga bertanya-tanya tentang hal tersebut. Selain kecelakaan, apalagi yang perlu dikhawatirkan dari mengebut.

Ternyata menurut beberapa penelitian, mengebut di jalanan menggunakan sepeda motor bisa menyebabkan pendengaran rusak. Mengejutkan bukan? Nah, tapi enggak hanya itu aja Sahabat Boom yang bisa merusak kesehatan pengemudi sepeda motor. Ada beberapa kebiasaan lain dan pasti banyak dilakukan oleh pengendara seperti di bawah ini.

1. Mengebut bisa membuat tuli permanen

Siapa yang hobi berkendara sepeda motor kebut-kebutan? Sebaiknya mulai dari sekarang kebiasaan itu harus dihilangkan ya Sahabat Boom. Karena aksi ugal-ugalan di jalan itu selain bisa memicu terjadinya kecelakaan, juga dapat merusak pendengaran lho. Bahkan, bisa menyebabkan telinga menjadi tuli secara permanen.

Ngebut bisa membuat tuli permanen [Sumber Gambar]
Pada saat kita memacu kendaraan minimal 100 km/jam, maka kecepatan angin yang menerpa telinga sebesar 95dB. Padahal, untuk normalnya saja angin yang bisa menerpa telinga adalah sebesar 85dB saja. Jadi bisa dibayangkan kalau Sahabat Boom mengemudi sepeda motor dengan cara kebut-kebutan dan itu dilakukan setiap hari. Bisa-bisa telinga kalian akan mengalami yang namanya kerusakan permanen. Ihh.. ngeri…

2. Mendengarkan musik menggunakan headset bisa alami gangguan saraf telinga

Berkendara menggunakan sepeda motor itu memang sangat membosankan. Apalagi tidak ada teman yang diajak berbicara. Biasanya para pengemudi sepeda motor akan mendengarkan musik menggunakan headset. Ya, dengan cara itu membuat para pengendara tidak bosan sekaligus menghindari yang namanya mengantuk. Namun, hal tersebut sekarang sudah tidak boleh lagi dilakukan oleh pengendara. Itu karena ada peraturan baru tentang dilarangnya mendengarkan musik pada saat memacu sepeda motor. Aturan tersebut dibuat karena mendengarkan musik bisa membuat pengemudi tak berkonsentrasi.

Menggunakan headset saat berkendara sepeda motor bisa sebabkan tuli [Sumber Gambar]

Tapi, sebenarnya bukan itu aja penyebab aturan tersebut dibuat. Ternyata ada hal lain yang lebih penting daripada itu. Mendengarkan musik menggunakan headset bisa memicu kerusakan syaraf telinga. Nah, kerusakan pendengaran tersebut parahnya tidak bisa diperbaiki. Akibatnya ya telinga akan mengalami tuli secara permanen selamanya. Hayo, bagi yang suka mendengarkan musik menggunakan headset harap dikurangi ya kebiasaan itu.

3. Tidak memakai jaket, bisa menyebabkan gangguan pernafasan

Mengemudi sepeda motor tanpa memakai jaket itu sudah dianggap hal yang biasa oleh orang banyak. Itu karena menurut mereka, menggunakan jaket saat berkendara membuat gerah. Padahal nih, jaket adalah salah satu benda penting yang wajib dibawa setelah helm. Karena jika pengemudi tidak memakai pelindung badan terebut, bisa-bisa mengalami gangguan pernafasan lho Sahabat Boom.

Tidak pakai jaket saat berkendara bisa menyebabkan gangguan pernafasan [Sumber Gambar]
Penyakit pernafasan yang bisa dialami adalah paru-paru basah, TBC, infeksi saluran pernafasan akut dan bronkitis. Penyakit tersebut dapat muncul jika kalian enggak pakai jaket pada saat berkendara. Walaupun menurut kita angin yang menerpa tubuh hanya sedikit saja, tapi ternyata ia bisa membawa dampak membahayakan lho untuk kesehatan. Jadi, jangan dianggap sepele ya Sahabat Boom tentang memakai jaket pada saat berkendara sepeda motor.

4. Enggak mencuci masker dan sarung tangan bisa merusak kulit

Masker dan sarung tangan memang hal yang juga wajib untuk dipakai selain helm dan jaket. Untuk masker digunakan sebagai pelindung wajah dan pernafasan agar tidak terkena debu. Kalau sarung tangan untuk melindungi dua bagian tubuh kita tersebut supaya tidak tersengat ganasnya sinar matahari. Tapi terkadang banyak orang yang enggak memperhatikan kebersihan dua benda tersebut karena sudah terlanjur malas.

Tidak jaga kebersihan masker dan sarung tangan bisa sebabkan penyakit kulit [Sumber Gambar]
Padahal, masker dan sarung tangan wajib lho untuk dijaga kebersihannya. Karena jika kita tetap membiarkannya kotor, bisa berdampak pada kulit. Ya, semacam pakaian kalau tidak dicuci beberapa hari akan bau dan bisa menyebabkan kulit kita terkena penyakit. Sehingga , untuk yang menggunakan dua benda tersebut harus rajin-rajin mencuci atau menggantinya ya.

Beberapa kebiasaan di atas walaupun sepele ternyata membuat banyak dampak buruk bagi kesehatan kita Sahabat Boom. Pasti banyak kan di antara kalian yang masih melakukan salah satu kebiasaan di atas? Jadi, mulai dari sekarang yuk hindari kebiasaan-kebiasaan yang telah disebutkan tadi. Ya walaupun terkadang kita malas untuk melakukannya, tapi itu untuk kesehatan diri sendiri juga.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Hidup Sebatang Kara, Kisah Nenek Ini Bakal Menamparmu Jika Masih Mengeluh

Mengejutkan! ‘Pancoran Solas’ di Bali Ini Dipercaya Mampu Sembuhkan Berbagai Penyakit