Bumi sudah semakin tua, ada banyak sekali kejadian yang terjadi di dalamnya yang tak lain akibat dari keserakahan dan kelalaian manusia. Kebakaran hutan adalah salah satunya. Sepanjang tahun 2019 ini, ada banyak sekali hutan yang habis dilalap oleh si jago merah di berbagai belahan dunia.

Kebakaran hutan ini adalah salah satu dari masalah serius loh, Sahabat Boombastis. Karena, kita sebagai para penghuni planet Bumi memerlukan oksigen bersih –yang tentunya dihasilkan oleh pohon-pohon yang ada di hutan. Namun, ulah tangan kita sendiri justru membuat hutan-hutan tersebut habis dimakan api.

Kebakaran Hutan Amazon

Kebakaran Hutan Amazon [sumber gambar]
Amazon adalah hutan hujan terbesar dunia yang ada di Brasil. Namun, dalam kurun waktu sebulan terakhir ini, kobaran api melalap habis jutaan hektar pohon di hutan tersebut. Padahal, faktanya Amazon adalah pemasok 20% oksigen dunia. Bagaimana jadinya kalau hal ini dibiarkan berlarut-larut? Kebakaran ini jelas menimbulkan banyak kerugian. Kualitas udara menurun karena terjadi polusi besar-besaran, berbagai jenis spesies hewan pun turut menjadi korbannya.

Kebakaran yang melanda Hutan di Russia

Penampakan kebakaran hutan [sumber gambar]
Nah, sebelum berita tentang Amazon, hutan di Rusia sudah terbakar lebih dulu di bulan Juli lalu. Si jago merah melalap habis kurang lebih 30.000 kilometer wilayah Siberia dan Timur Jauh Rusia yang berakibat pada kabut asap menyelimuti sebagian wilayah kota besar di wilayah tersebut. Kebakaran ini dengan sangat jelas bahkan bisa dilihat dari ruang angkasa. Setelah melalui perdebatan cukup panjang, Presiden Rusia telah menginstruksikan militer untuk bergabung dengan petugas pemadam kebakaran setempat, sementara pemerintah berjanji untuk mengalokasikan enam miliar rubel (sekitar 1,3 triliun rupiah) untuk mengatasi kebakaran hutan, seperti dilansir dari id.rbth.com.

Kebakaran Hutan di Kalimantan

Kebakaran di Kalimantan [sumber gambar]
Tak hanya Amazon dan Rusia saja, negara kita tercinta pun sedang mengalami masalah serupa. Kamu tentu pernah melihat video bagaimana warga setempat yang ada di Kalimantan berusaha memadamkan api yang merambat terus menerus memakan hutan dan gambut tanah yang katanya akan menjadi Ibu Kota ini. Upaya pemadaman kebakaran ini pun memakan waktu berminggu bahkan berbulan-bulan, karena lahan yang terbakar jumlahnya juga berpuluh-puluh hektar, sedangkan hujan juga tak kunjung turun. Melansir dari beberapa laman berita, ada oknum yang sengaja melakukan pembakaran hutan di area tersebut. Duh, kok ada ya yang tega sengaja merusak alam, gitu itu untungnya apa sih?

BACA JUGA: Susah Bernafas Akibat Kebakaran Hutan, Warga Riau Ini Malah Mengadu ke Menantu SBY

Hutan adalah bagian dari hidup kita. Kalau hutan sudah rusak, ditebang sevara liar, atau mungkin dibakar, maka kita juga tidak akan bisa bertahan lama di atas planet ini. Ingat ya, Sahabat, kita masih punya anak cucu yang kelak akan menikmati semua warisan alam yang kita tinggalkan. Kalau semua sudah dibabat habis dan dirusak, apa yang bisa mereka kembangkan dan peroleh?