in

6 Kebaikan Gus Dur yang Sudah Dilupakan Banyak Orang

Sosok Gus Dur memang akan selalu jadi bagian dari kisah negeri ini. Tak hanya karena beliau pernah menjabat sebagai presiden, tapi kiprahnya bagi Indonesia teramat besar untuk tidak dianggap. Mungkin putra pejuang nasional Wachid Hasyim ini tak lama menjabat sebagai kepala negara, tapi kiprahnya bisa dibilang spektakuler. Beberapa masih sangat membekas di hati orang-orang Indonesia hingga hari ini.

Gus Dur the one and only, ungkapan ini memang sangat beralasan karena hampir jarang kita menemui sosok yang mirip seperti beliau, terutama dalam tindak tanduk dan pemikiran. Presiden yang meninggalkan istana dengan hanya berpakaian seadanya plus celana pendek itu, memang layak untuk dijadikan panutan.

Kembali ke masa-masa saat beliau masih hidup, tercatat ada begitu banyak jasa-jasanya bagi bangsa ini. Sayangnya, sebagian orang mungkin sudah melupakannya sejak lama. Jangan jadi bangsa pelupa dan ingatlah jika sosok satu ini pernah melakukan banyak hal-hal besar seperti ini.

1. Gus Dur Bapak Tionghoa Indonesia

Dulu, semasa orde baru, orang-orang keturunan China selalu mengalami diskriminasi. Apa-apa selalu disalahkan, mulai barang mahal sampai panen yang gagal. Bahkan soal nama, dulu orang-orang China dilarang menggunakan nama aslinya dan beralih menggunakan nama yang lebih Indonesia. Perlakuan ini tentu saja menyakitkan mereka. Padahal, orang-orang China dulu juga berjuang demi kemerdekaan bangsa ini.

Bagi orang Tionghoa Gus Dur bagaikan seorang dewa [Image Source]
Bagi orang Tionghoa Gus Dur bagaikan seorang dewa [Image Source]
Lengsernya pemerintah lama dan munculnya sosok Gus Dur membawa perubahan besar bagi orang-orang China. Ya, lewat tangannya, Gus Dur mampu mengubah stigma yang kadung lekat dengan masyarakat Tiongkok. Di eranya, orang-orang China pun seakan lepas dari kekangan. Mereka boleh menggunakan nama asli, beribadah di klenteng, bahkan Imlek pun dijadikan hari libur nasional. Makanya hingga hari ini orang-orang China sangat menghormati Gus Dur, bahkan Gus Dur sendiri sampai diberi julukan Bapak Tionghoa Indonesia.

2. Gus Dur Pernah Bikin Kita Libur Sebulan

Mungkin sudah banyak yang lupa kalau pada masanya dulu, Gus Dur melakukan hal-hal fantastis yang tak dilakukan presiden-presiden setelahnya. Salah satunya adalah menetapkan libur sebulan penuh di bulan Ramadhan. Masih ingat?

Gus Dur pernah meliburkan anak-anak sekolah selama sebulan penuh saat Ramadhan [Image Source]
Gus Dur pernah meliburkan anak-anak sekolah selama sebulan penuh saat Ramadhan [Image Source]
Anak-anak wajahnya sangat sumringah kala itu. Bagaimana tidak, semua sekolah menetapkan libur satu bulan saat Ramadhan. Kamu yang mungkin mengalaminya tentu merasakan kenangan Ramadhan paling tak bisa dilupakan saat itu. Sayangnya, begitu beliau turun jabatan, maka anak-anak jadi kurang antusias dalam menyambut Ramadhan. Melayang sudah libur sebulan seperti sebelum-sebelumnya.

3. Gus Dur Beberapa Kali Selamatkan TKI dari Kematian

Kembali ke tahun 1999 lalu, Gus Dur membuat torehan luar biasa yang menjadikannya contoh bagaimana seorang pemimpin negara menyelamatkan warganya. Saat itu tengah marak kasus TKW Saudi Arabia bernama Siti Zaenab yang akan dihukum mati gara-gara diduga membunuh. Gus Dur sebagai kepala negara pun melakukan sejumlah aksi yang membuat namanya makin dikenang.

Siti Zaenab, TKW yang diselamatkan Gus Dur dari hukuman mati Arab Saudi [Image Source]
Siti Zaenab, TKW yang diselamatkan Gus Dur dari hukuman mati Arab Saudi [Image Source]
Tak hanya menyurati raja Arab, Gus Dur juga langsung melakukan diplomasi tingkat tinggi dengan sang raja. Hanya berselang beberapa jam kemudian, keluarga Siti Zaenab lega luar biasa, karena Gus Dur mengatakan jika pemerintah Arab tidak jadi melakukan eksekusi. Tak hanya ini, Gus Dur juga pernah menyelesaikan masalah lain yang hampir sama. Kali ini menimpa seorang TKI Malaysia bernama Adi Asnawi.

Cara Gus Dur menyelamatkan Asnawi tak tanggung-tanggung, beliau langsung terbang menemui sang perdana menteri Malaysia kala itu, Abdullah Ahmad Badawi. Lewat lobby ini, pria bernama Abdurahman Wahid ini pun berhasil menyelamatkan Asnawi dari hukuman gantung.

4. Gus Dur Pernah Menampung Puluhan TKI yang Dideportasi

Gus Dur dikenal sebagai pribadi yang tak banyak omong dan langsung bertindak. Tak hanya saat menyelamatkan dua orang TKI tadi, beliau juga pernah menampung banyak sekali TKI yang jadi korban deportasi pemerintah Malaysia.

Gu Dur pernah menampung puluhan TKI karena pemerintah tak mau melakukannya [Image Source]
Gu Dur pernah menampung puluhan TKI karena pemerintah tak mau melakukannya [Image Source]
Sekitar 80an orang tidur di rumah Gus Dur, padahal mereka harusnya dilayani oleh kementerian. Usut punya usut, ternyata 80 orang ini tidak memiliki dokumen resmi sehingga tak digubris pihak berwenang. Gus Dur juga melobi masalah ini dengan perdana menteri Malaysia kala itu. Bahkan biaya akomodasinya ditanggung oleh beliau sendiri.

5. Dirikan Serikat Buruh di Masa Mencekam

Gus Dur diketahui konsisten membela kaum buruh tak hanya ketika menjabat sebagai presiden saja, tapi juga setelahnya. Namun, siapa sangka sikap pembelaannya terhadap buruh tersebut ternyata sudah dilakukannya jauh sebelum beliau mulai dikenal.

Gus Dur bela kaum buruh bahkan sebelum beliau menjadi presiden [Image Source]
Gus Dur bela kaum buruh bahkan sebelum beliau menjadi presiden [Image Source]
Dulu pada masa orde baru, Gus Dur bersama Muchtar Pakpahan mendirikan sebuah serikat buruh bernama Serikat Buruh Sejahtera Indonesia. Seperti yang kita tahu, di masa orde baru berbuat hal-hal yang demikian itu risikonya besar. Namun, Gus Dur rela menanggung semua dampaknya agar kaum buruh tidak termarjinalkan.

6. Gus Dur Membuat Peraturan yang Pro Buruh

Sebelum beliau diangkat, undang-undang yang mengatur buruh sama sekali tidak menguntungkan para pekerja ini. Hanya eksploitasi tanpa apresiasi sebagai balas saja. Begitu Gus Dur naik, beliau langsung merapatkan hal ini dan kemudian terciptalah undang-undang terbaru yang pro buruh.

Gus Dur bikin undang-undang yang pro buruh [Image Source]
Gus Dur bikin undang-undang yang pro buruh [Image Source]
Beliau berhasil menerbitkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 150 tahun 2000. Inti dari peraturan ini adalah kewajiban perusahaan memberikan pesangon kepada buruh begitu masa kerja mereka berakhir. Hal ini pun disambut suka cita oleh buruh.

Inilah deretan kebaikan Gus Dur yang mungkin sudah dilupakan banyak orang. Padahal tanpanya, mungkin Indonesia tak seperti sekarang ini. Orang-orang China masih mengalami diskriminasi, buruh tidak terangkat dan sebagainya. Wacana menjadikan beliau pahlawan nasional yang akhir-akhir ini digaungkan adalah hal yang tepat, karena jasa-jasanya yang besar. The one and only, memang jadi julukan yang sangat pantas untuknya.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Alasan Vampir Versi China Lebih Serem dari Versi Eropa

5 Percobaan Psikologi Paling Mengerikan ini Sangat Tak Beretika