Kabar duka datang dari dunia hiburan dengan meninggalnya Eko DJ. Komedian yang namanya melambung berkat sinetron Jinny oh Jinny tersebut berpulang pada usia yang ke-65. Diketahui, Eko memang sudah sekian lama menderita penyakit komplikasi.

Setelah bertahun-tahun melawan sakit yang dideritanya, Eko pun berpulang pada hari Senin, 27 Maret pukul 23.00. Kepergian pelawak senior tersebut sontak meninggalkan duka yang mendalam bagi teman-teman sesama pelawak. Tak heran, pemeran Pak Baroto ini memang dikenal sebagai figur yang baik di mata para rekan. Apa saja kebaikan tersebut? Berikut ini adalah lima kelakuan Eko DJ yang dinilai sangat menginspirasi.

Komedian berhati lembut

Raut kesedihan terlihat di wajah Wendi Cagur saat mendengar kabar kepulangan salah satu seniornya. Menurut Wendi, Eko DJ bukan hanya sebatas penghibur sejati. Pria kelahiran Malang tersebut juga dikenal memiliki hati yang sangat lembut.

Wendi Cagur saat mengenang kebaikan almarhum [image source]
Meski tergolong pelawak yang namanya tersohor lebih dulu, namun Eko tetap sosok yang perhatian pada para juniornya. Wendi mengaku banyak belajar Eko, terlebih Eko tak pelit dengan ilmu yang dimilikinya.

Dermawan dan suka menolong

Kesedihan juga menyelimuti hati Tarzan, salah satu sahabat Eko DJ di Srimulat. Tarzan pun mengenang kebaikan-kebaikan Eko semasa hidup. Ia mengungkapkan jika pemeran Pak Baroto tersebut merupakan sosok yang sangat dermawan. Meski perannya dalam Jinny oh Jinny sangat menyebalkan, namun figur Eko di luar situasi syuting sangatlah baik.

Kebersamaan Tarzan dan Eko DJ semasa hidup [image source]
Saat masih sehat, Eko dikenal kerap membantu sesama. Dia juga tak segan langsung terjun ke lokasi musibah, seperti saat dia mengunjungi para korban tsunami kecil Situ Gintung. Bahkan, dalam kondisinya yang sedang sakit, Eko masih suka menolong teman lain yang sakit. Tarzan juga mengatakan jika selama ini Eko tidak pernah mengeluhkan sakitnya.

Giat bekerja meski dalam kondisi sakit

Eko DJ memang diketahui menderita berbagai macam penyakit yang membuatnya tidak lagi tergabung di dunia hiburan. Meski demikian, Eko tidak mau berdiam diri di rumah. Meski tengah sakit keras, namun ia begitu semangat membuka usaha sederhana di kediamannya. Selama sakit, Eko dan keluarganya bergotong royong untuk berjualan bakso dan mie ayam.

Postingan Eko DJ di instagram sedang mempromosikan dagangan [image source]
Mantan personil Srimulat tersebut juga tak malu mempromosikan dagangan di akun instagram pribadinya. Tak hanya bakso dan mie ayam, Eko DJ dan keluarga juga menyediakan jasa catering untuk acara pernikahan, ulang tahun, syukuran dan lain sebagainya. Kerja keras tersebut juga demi keperluan berobat. Diketahui jika Eko juga harus rutin menjalani cuci darah seminggu sekali akibat penyakit gagal ginjal yang dideritanya.

Santun dan menganggap para junior adik sendiri

Indro Warkop mengaku sangat berduka atas wafatnya komedian Eko DJ yang juga merupakan seniornya. Sama seperti pengakuan para sahabat yang lain, Indro juga mengetahui pasti jika Eko merupakan sosok yang sangat pengertian pada sesama.

Kebersamaan Eko dan Indro seperti saudara [image source]
Namun, yang membuat pria asli Malang  tersebut begitu istimewa di mata Indro adalah karena Eko selalu menganggap para juniornya seperti adik sendiri. Meski lebih senior, Eko dikenalnya sangat santun pada para rekan yang lebih muda. Eko kerap memberi embel-embel panggilan ‘dek’ bagi para juniornya. Meski jarang bertemu, namun Indro mengaku memiliki ikatan emosional yang sangat dekat dengan seniornya tersebut.

Tidak sombong

Kebaikan Eko DJ yang lain juga dikenang oleh komedian Ery Makmur. Pelawak yang namanya melambung berkat sitkom ‘Awas Ada Sule’ tersebut mengungkapkan kesedihan atas meninggalnya sosok yang sudah dianggap sebagai ‘pakde’.  Pria subur yang kerap disapa Makmur tersebut mengaku jika ia mendapat banyak pengalaman dan juga ilmu berharga selama bersama.

Eko DJ bersama Ery Makmur [image source]
Sebagai junior, Ery selalu merasa jika Eko merupakan pribadi yang selalu mengayomi junior. Menurut Ery, sosok pemeran bos bagi Bagus dan Jaka tersebut adalah orang yang bersahaja dan tidak pernah memandang senioritas. Pernyataan duka tersebut ditulis Ery sebagai caption yang diunggahnya di instragram. Dalam foto hitam putih tersebut, terlihat foto dirinya yang tengah bersama Eko DJ tersenyum bersama.

Itulah lima kebaikan Eko DJ yang dikenang oleh para rekan-rekannya. Dengan segala kebaikan tersebut, tak heran jika banyak yang merasa kehilangan atas kepergiannya. Semoga Pak Baroto mendapat tempat yang terbaik di sisi-Nya. Segenap kebaikan yang pernah dilakukan juga semoga menjadi inspirasi bagi junior dan para penggemar.