Indonesia memiliki kawasan industri yang cukup banyak dan tersebar di hampir semua wilayah. Biasanya, kawasan industri selalu memiliki UMK atau Upah Minimum Kabupaten/Kota yang sangat tinggi, meski wilayahnya tak melulu kota yang besar. Gaji yang melimpah dan biaya hidup yang mungkin agak murah membuat banyak orang mengincar pekerjaan di kawasan industri ini entah bekerja sebagai buruh pabrik atau berada di dalam kantornya.

Baca Juga : Inilah 5 Manusia Terkaya Sepanjang Masa yang Bikin Bill Gates Tidak Ada Apa-Apanya

Kawasan-kawasan industri yang akan anda baca ini sebagian besar berada di Pulau Jawa. Beberapa daerah di Kalimantan dan Sumatra mungkin juga memiliki kawasan industri yang cukup bagus. Namun gaji yang diberikan masih kalau jauh dengan mereka yang ada di Pulau Jawa. Mari kita simak bersama-sama kawasan industri mana sajakah itu.

1. Kawasan Industri Karawang – Jawa Barat

Kawasan Industri Karawang memiliki banyak sekali pabrik dan juga perusahaan. Secara keseluruhan ada sekitar 78 perusahaan yang bergerak dalam berbagai bidang produksi. Namun sebagian besar bergerak dalam bidang otomotif seperti pabrik motor dan perusahaan lain yang rata-rata berasal dari Jepang. Kawasan ini surga bagi pencari kerja yang ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji super fantastis.

Kawasan Industri Kerawang [image source]
Kawasan Industri Kerawang [image source]
Kawasan ini masuk ke dalam UMK Karawang yang per bulan harus membayar Rp3.330.505,00. Gaji ini jauh lebih banyak daripada mereka yang bekerja di Jakarta. Tidak mengherankan jika banyak orang dari Jakarta atau kota-kota besar lain di Indonesia memilih untuk mendapatkan pekerjaan di kawasan industri seluas ribuan hektare ini.

2. Kawasan Industri Bekasi – Jawa Barat

Selanjutnya ada kawasan industri Bekasi yang juga memiliki banyak sekali perusahaan berdiri di sana. Kawasan ini paling dekat dengan Jakarta hingga industri yang berkembang di sana berjalan dengan sangat baik. Setidaknya ada 75 perusahaan yang berdiri dan menjalankan produksinya di sini. Total ada ratusan ribu lapangan pekerjaan yang bisa terserap dari penduduk sekitar atau orang yang datang dari wilayah yang jauh.

Kawasan Industri Bekasi [image source]
Kawasan Industri Bekasi [image source]
Gaji yang diberikan di daerah ini berkisar Rp3.327.160,00 untuk kawasan kota dan Rp3.261.375,00 untuk wilayah kabupaten. Dengan UMK yang sebesar ini, tak mengherankan jika kawasan ini selalu diincar oleh banyak sekali orang di Indonesia. Bahkan UMK di atas berada di atas dari yang ada di Jakarta.

3. Kawasan Industri Pulogadung – Jakarta

Pada tahun 2016 ini, Jakarta menetapkan UMK mereka menjadi Rp3.100.000,00. Upah ini terbilang rendah dari tuntutan para buruh yang meminta gaji hingga Rp4.200.000,00. Kawasan industri di Pulogadung termasuk kawasan industri yang cukup vital. Di sini terdapat kurang lebih 40 perusahaan yang rata-rata bergerak dalam bidang farmasi, pangan, dan otomotif.

Kawasan Industri Pulogadung [image source]
Kawasan Industri Pulogadung [image source]
Meski memiliki gaji yang cukup besar dan diminati banyak orang. Kawasan ini memiliki biaya hidup yang cukup besar. Jadi bisa dibilang apa yang didapat terkadang tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Meski memiliki biaya hidup paling tinggi, kawasan ini tetaplah diminati banyak orang. Jakarta adalah mimpi bagi banyak orang yang ingin sukses meski akhirnya sering kandas.

4. Kawasan Industri Surabaya – Jawa Timur

Kali ini kita beralih ke bagian Timur dari Pulau Jawa. Kawasan industri yang berada di Surabaya cukup banyak diminati oleh pekerja yang berasal dari pelosok Jawa Timur. Mereka ingin mencari peruntungan di kota yang memberikan gaji UMR sebesar Rp3.045.000,00 atau selisih Rp55.000,00 saja daripada Jakarta. Keadaan ini membuat banyak orang urung ke Jakarta dan memilih Surabaya yang secara biaya hidup jauh lebih murah.

Kawasan industri Surabaya [image source]
Kawasan industri Surabaya [image source]
Kawasan industri di tempat ini memiliki puluhan perusahaan yang sebagian bergerak dalam bidang garmen, makanan, hingga alat-alat elektronik. Jika anda menginginkan tempat kerja yang cukup bagus dan biaya hidup murah, anda yang berada di kawasan Jawa Timur disarankan untuk mencari pekerjaan di sini.

5. Kawasan Industri Pasuruan – Jawa Timur

Kawasan industri Pasuruan yang terletak di Jawa Timur memiliki luas 518 hektare. Saat ini terdapat 119 perusahaan dan menyerap 23.000 pekerja dari berbagai daerah di Jawa Timur hingga nasional. Kawasan industri di Pasuruan banyak bergerak dalam bidang makanan dan minuman. Namun ada juga perusahaan otomotif yang beroperasi di sini.

Kawasan Industri Pasuruhan [image source]
Kawasan Industri Pasuruhan [image source]
Gaji yang kemungkinan akan didapatkan jika bekerja di kawasan ini adalah Rp3.037.500,00. Sesuai dengan UMR dari daerah Pasuruan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur. Meski berdekatan dengan Kota Malang, kawasan ini justru memiliki upah minimum yang sangat besar, bahkan selisih nyaris Rp1.000.000,00

Baca Juga : 4 Bukti Indonesia Pernah Menjadi Negara Maju dan Terkaya pada Zaman Kuno

Inilah lima kawasan Industri bergaji besar yang ada di Indonesia. Dari lima kawasan industri di atas mana saja yang ingin anda coba untuk masuki. Yuk, share biar banyak orang tahu tempat mana saja di Indonesia yang memiliki gaji sangat besar.