Katana, bagi penggemar hal-hal yang berbau senjata apalagi pedang, nama satu ini tentu bukanlah sesuatu yang asing lagi. Ya, seperti yang kamu ketahui, Katana merupakan pedang khas Jepang yang disebut-sebut sangat mematikan. Bahkan sering pula orang menyebutnya sebagai pedang terbaik yang pernah diciptakan.

Berlebihan kah menyebut Katana sebagai pedang terbaik? Sekilas mungkin iya, namun kalau kita melihat fakta-faktanya, ternyata cukup pantas melabeli senjata ini seperti itu. Katana adalah pedang yang berbeda dari kebanyakan senjata terhunus lainnya. Ia memiliki banyak kelebihan entah dari bahan, proses pembuatan, dan lain sebagainya.

Pedang longsword khas Eropa katanya juga luar biasa, tapi ketika diadu dengan Katana ternyata tidak ada apa-apanya. Ini jadi bukti kehebatan pedang khas Jepang itu. Dan lebih jauh soal Katana, berikut beberapa alasan kenapa pedang satu itu sangat luar biasa.

Katana Terbuat dari Bahan Pilihan

Bahan khusus pembuat Katana [Image Source]
Bahan khusus pembuat Katana [Image Source]
Hebat tidaknya sebuah pedang selalu tergantung dari bahan utama yang dipakai. Semakin berkualitas, maka pedang yang dihasilkan juga mumpuni. Dalam pembuatannya, Katana diketahui dibikin dari sebuah logam besi bernama Tamahagane. Logam ini dikenal akan ciri khasnya yang liat tapi sangat keras. Hal ini kemudian membuat Katana juga memiliki sifat yang sama.

Katana Dibuat Sangat Lama dan Detail

Proses pembuatan Katana sangat lama [Image Source]
Proses pembuatan Katana sangat lama [Image Source]
Alasan kenapa Katana luar biasa juga lantaran proses pembuatannya yang sangat lama. Tidak bisa dihitung hari, kadang sampai berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Hal ini dikarenakan proses penempaan besinya yang begitu lama lalu dilanjut dengan tahapan-tahapan lain yang juga menyita banyak waktu. Untuk detail pun demikian. Setiap inci dari ujung ke ujung diperiksa dengan seksama sehingga hanya akan menghasilkan Katana terbaik.

Katana Sangat Mumpuni untuk Serangan Cepat

Katana sempurna untuk serangan cepat [Image Source]
Katana sempurna untuk serangan cepat [Image Source]
Pedang yang dibikin dengan sempurna biasanya bakal memengaruhi kemampuan alias ability-nya. Hal ini begitu terlihat dari Katana. Lantaran ia dibikin dengan proses yang begitu rupa, pedang ini pun akhirnya memiliki kemampuan sangar. Ada banyak kelebihan yang dimiliki Katana. Beberapa di antaranya adalah ketajaman yang luar biasa serta speed alias kecepatan. Tak seperti longsword Eropa yang lamban, Katana bisa dipakai untuk menyerang dengan cepat. Bahkan ketika dibuka dari sarungnya, Katana sudah bisa untuk membunuh.

Kemampuan Memotong Katana yang Luar Biasa

Kemampuan memotong Katana [Image Source]
Kemampuan memotong Katana [Image Source]
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Katana tak hanya punya kemampuan berupa kecepatan tapi juga ketajaman. Hal ini dikarenakan pedang ini memiliki sisi tajam dengan sudut yang pas dan sempurna. Sehingga memotong jadi lebih mudah. Katana pernah dicoba untuk memotong baju kulit yang tebal dan hasilnya bisa terbelah sempurna. Dengan ujian yang sama, Longsword Eropa hanya bisa menyobek sedikit saja baju tersebut.

Bisa Dikombinasikan dengan Berbagai Macam Ilmu Bela Diri

Bisa dikombinasikan dengan banyak jenis bela diri [Image Source]
Bisa dikombinasikan dengan banyak jenis bela diri [Image Source]
Katana bisa sangat luar biasa juga lantaran ia mampu dikombinasikan dengan berbagai macam gerakan bela diri. Misalnya saja Kendo, Aikido, Ninjutsu, Kenjutsu, Battojutsu, Iaijutsu, dan lain sebagainya. Ketika dikombinasikan dengan gerakan bela diri macam ini, potensi Katana makin meledak. Ia semakin mematikan.

Tak diragukan lagi jika Katana memang pedang terbaik di dunia. Sayangnya, pamor mentereng ini tercoreng oleh sejarah penggunaan Katana di masa lalu. Diketahui pedang satu ini sudah membantai begitu banyak manusia. Tak hanya di zaman Jepang kuno, tapi juga pada masa penjajahan Tiongkok. Bahkan mungkin Katana juga pernah menebas leher-leher para pejuang kita.