Makan banyak alias Mukbang adalah satu dari banyak konten yang sering dibuat oleh para YouTuber. Mukbang ini biasanya memperlihatkan seseorang yang makan sangat banyak, entah itu seafood, mie, nasi padang, ramen, serta makanan lain. Di Indonesia sendiri ada beberapa YouTuber Mukbang yang terkenal, seperti Tan Boi Kun, Ken & Grat, serta Ria SW.

Nah, terkait dengan mukbang sendiri, baru-baru ini publik digemparkan dengan video mukbang YouTuber asal Vietnam yang diduga disiksa karena ada beberapa tanda di dalam video-videonya. Netizen mengatakan bahwa YouTuber bernama Kate Yup ini juga mengirim sinyal melalui videonya karena ia dipaksa untuk melakukan mukbang tersebut dan mungkin juga disiksa. Seperti apa sih kira-kira? Yuk, kita breakdown!

Kate Yup mulai terjun ke dunia YouTube sejak Maret 2018

Kanal YouTube Kate Yup ini termasuk masih baru. Ia memulai video mukbangnya pada 11 Maret 2018. Meskipun disebut sebagai orang Vietnam, lokasi yang tertera di channelnya adalah United State. Sejauh ini, socialblade mencatat bahwa kanalnya sudah mengupload 26 video dengan 217 ribu subscriber.

Berbeda dari video-video mukbang biasanya yang menunjukkan wajah di YouTuber, Kate Yup tak pernah menampakkan wajahnya di dalam video yang ia unggah. Ia hanya memperlihatkan hidung ke bawah saja. Aneh enggak sih?

Video viral yang diunggah pada 21 Juni

Nah, yang menggemparkan adalah sebuah video yang ia unggah pada 21 Juni 2019 lalu. Setelah viral di Vietnam, video ini juga banyak ditonton oleh orang Indonesia. Mereka mengatakan bahwa banyak hal aneh yang ada di video itu. Bahkan, ada yang sampai membuat thread di Twitter terkait hal ini. Dalam bahasan Nessie Judge yang merangkum komen-komen dari netizen, ia mengatakan bahwa Kate tampak seperti tidak makan dalam waktu yang lama, di tangan dan bibir Kate juga ada memar.

Di samping itu, dalam tulisan di videonya, ia menyelipkan kata SOS yang berarti kode meminta pertolongan internasional. Tak hanya itu, di menit ke 5:36 tangannya seperti mengetuk, yang kemudian dipercaya netizen sebagai sandi morse.

Kejadian serupa yang pernah terjadi

Masih dalam bahasan Nessie Judge, ia mengatakan bahwa hal serupa juga pernah terjadi pada tahun 2016 lalu. Seorang YouTuber bernama Marina Joyce. Di mana dalam beberapa videonya ia memperlihatkan tubuhnya yang lebam, di dalam kamar juga tampak seperti ada kerangkeng. Marine Joyce juga mengirimkan beberapa kode di videonya yang membuat orang berasumsi bahwa ia butuh bantuan.

Hal ini membuat semua orang mempopulerkan hashtag #SaveMarinaJoyce. Namun, dari terstimoni teman-temannya, Marina sama sekali tidak mendapat siksaan dari siapapun, melainkan ia kecanduan narkoba. Kejadian yang pernah membuat orang gempar tersebut hanya semacam sensasi untuk mendapatkan lebih banyak subscriber. Apakah Kate Yup juga hanya cari sensasi?

Pengakuan Kate Yup di channelnya

Nah, setelah viral, Kate Yup meninggalkan pinned komen di kanalnya, yang tak lain adalah komentar dirinya sendiri. Ia mengatakan bahwa dirinya baik-baik saja. Adapun ketukan tangan di mangkok bukanlah sandi morse, memar yang ada di lengan dan tangannya juga bukan karena ia disiksa melainkan karena alergi terhadap matahari yang disebut sebagai herpes labialis.

Pinned by Kate Yup [sumber gambar]
Nah, yang membuat netizen tak sepenuhnya percaya adalah tulisan tersebut ia copas dari akun redditnya, dan ia menggunakan kata ‘she’ untuk menyebut dirinya sendiri, bukan ‘I’. itu sama saja seperti tulisan tersebut ditulis oleh orang lain, bukan Kate?

BACA JUGA: Black Dahlia, Kasus Pembunuhan Berumur 70 Tahun yang Hingga Kini Belum Terpecahkan

Bagaimana, apakah kalian juga cukup bingung dengan kasus ini? Sampai sekarang masih belum ada berita lanjutan. Kalau kalian mengetahui sesuatu lebih banyak tentang kasus Kate Yup ini, silakan tinggalkan komentar di kolom komen ya!