Setelah sekian lama tak terdengar kiprahnya, Ronaldo Assis de Moreira atau dikenal sebagai Ronaldinho dikabarkan tengah tersandung masalah serius. Pemain yang pernah memperkuat Barcelona itu ditahan kepolisian Paraguay atas pelanggaran penggunaan paspor palsu saat masuk ke negara tersebut.

Sebelum terjerat kasus, Ronaldinho sempat mengalami serangkaian peristiwa yang berliku dalam hidupnya. Mulai dari ketenaran yang sempat dirasakannya sebagai pemain top dunia pada saat itu, hingga mengalami kesulitan keuangan dan menanggung hutang. Ia pun dikabarkan sempat mengalami kebangkrutan. Terutama karena gaya hidupnya yang wah.

Gaya hidup mewah sang megabintang lapangan hijau

Gaya Ronaldinho saat asyik berpesta [sumber gambar]
Semasa masih aktif sebagai pemain klub-klub papan atas, Ronaldinho dikenal sebagai figur yang doyan menghambur-hamburkan uang. Demi gaya hidup, ia kerap berfoya-foya lewat pesta, membeli mobil-mobil mahal seperti satu unit Buggati Veyron, dua unit Ferarri 48s, Mercedez Benz E Class, dan Hummer H2. Belum lagi properti mewah miliknya yang tersebar di berbagai tempat. Ronaldinho memang benar-benar bergelimang kemewahan pada saat itu.

Mengalami kesulitan keuangan yang membuat dirinya terjerat hutang

Ronalndinho sempat alami kesulitan keuangan [sumber gambar]
Besar pasak daripada tiang. Ungkapan tersebut mungkin cocok disematkan pada Ronaldinho saat tanda-tanda kebangkrutan mulai menghampiri dirinya. Kala itu, ia karirnya terganggu karena tak lagi membela klub-klub besar. Mirisnya lagi, tim kecil yang dibelanya juga tak melanjutkan kontrak karena gajinya dianggap terlalu besar. Hal ini diperparah dengan pemutusan kontrak kerja dari merek besar yang dulu memakai jasanya. Utangnya pun menggunung hingga sebesar 1,75 juta poundsterling (sekitar Rp32,7 miliar).

Masa kejayaan yang kini tinggal kenangan

Masa jaya Ronaldinho saat masih membela Barcelona [sumber gambar]
Untuk melunasi itu semua, Ronaldinho terpaksa menggadaikan beberapa aset miliknya yang tersisa. Padahal, ia dulu digaji 100 ribu poundsterling (sekitar Rp 1,8 miliar) per minggu saat masih membela Flamengo. Saat memperkuat Barcelona, pemain kelahiran 21 Maret 1980 itu mendapat gaji 9 juta euro atau 6,1 juta pound (hampir Rp 115 miliar per tahun). Kini, uang-uang itu seakan tak berbicara banyak saat Ronaldinho mengalami kesusahan.

Ditahan oleh kepolisian Paraguay karena kasus paspor palsu

Ronaldinho saat digelandang oleh kepolisian Paraguay [sumber gambar]
Setelah sekian lama tak terlihat, Ronaldiho kembali menjadi sorotan lantaran dirinya ditangkap polisi atas penggunaan paspor palsu saat berkunjung ke Paraguay. Selain ancaman terkena hukuman penjara, ia yang tertangkap bersama Roberto Assis sang kakak juga ditempatkan di sel tahanan untuk penjahat tingkat tinggi seperti pengedar narkoba. Meski tengah menghadapi kasus, Ronaldinho tak kehilangan senyumnya yang khas.

BACA JUGA: Disebut Akan Jatuh Miskin, Ada Apakah dengan Ronaldinho Sang Penyihir Lapangan?

Kasus penangkapan berujung penahanan pada Ronaldinho ternyata mengusik hati Lionel Messi. Bintang asal Argentina itu diketahui bakal membantu dengan menyediakan pengacara dan kesediaan membayar 4 juta (sekitar Rp 64,785 miliar) agar Ronaldinho bisa dibebaskan dari penjara. Wah, salut ya Sahabat Boombastis.