in

Punya Banyak Jet Pribadi, Mengenal Haji Isam Si Crazy Rich Borneo yang Terjerat Kasus Suap

Punya perusahaan besar dan kekayaan melimpah, tentunya jadi impian banyak orang. Namun demikian, ada saja godaan yang membuatnya jadi tidak berkah. Misalnya saja korupsi hingga kasus penyuapan, yang bikin pelakunya malah kena lebih banyak masalah.

Nah, akhirnya-akhir ini banyak muncul kasus serupa, di mana pengusaha kaya terjerat kasus tipikor (tindak pidana korupsi). Yang paling baru, kasus dari Haji Isam salah satu Crazy Rich Borneo, yang akhirnya harus digeledah KPK. Lalu, seberapa kaya dia dan kenapa bisa digeledah? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Haji Isam dengan kasus yang menjeratnya

Sosok pengusaha sukses bernama Samsudin Andi Arsyad alias Haji Isam sedang ramai diperbicarakan orang. Hal ini karena dirinya terjerat kasus dugaan suap yang menyeret nama sekaligus perusahaannya. Ya, dugaan tipikor ini terjadi saat seorang saksi membeberkan kejadian dan barang bukti kepada KPK.

Digeledah KPK [sumber gambar]
Diketahui kalau Haji Isam pernah bertemu dengan tim pemeriksa pajak DJP, dengan konsultan pajak Agus Susetyo dan melakukan kongkalikong mengenai pajak yang dibayarkan oleh perusahaannya. Akhirnya Haji Isam hanya membayarkan pajak sebesar Rp10 miliar saja, sesuai dengan kesepakatan kedua pihak itu. Karena kejadian ini juga yang membuat Haji Isam harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Dari mana harta Haji Isam berasal?

Usut punya usut, pengusaha yang satu ini ternyata disebut sebagai Crazy Rich Borneo. Ya, hal itu tidak terlepas dari banyaknya harta dan perusahaan yang dia miliki. Dilansir dari laman Detik, dia punya banyak perusahaan dan semua berada dalam satu bendera bernama Jhonlin Group.

Jet dan heli pribadi [sumber gambar]

Berbagai macam usaha dia geluti, mulai dari penyewaan jet pribadi, batu bara, properti, dan lain sebagainya.Tidak ada keterangan total kekayaan dari pengusaha yang satu ini, namun dilansir dari laman Detik, penghasilan perbulannya mencapai Rp40 miliar. Dengan angka sebanyak itu, jadi wajar saja kalau Haji Isam jadi salah satu orang paling kaya di Borneo.

Usahanya berasal dari nol

Ada kisah yang menarik dari Haji Isam ini, pasalnya ternyata dirinya bukan berasal dari keluarga pengusaha. Bisa dibilang dirinya meraih posisinya saat ini dari nol. Ya, dulunya Haji Isam menggeluti berbagai profesi, mulai dari pekerja kayu, buruh angkut, hingga tukang ojek. Namun sayang profesi tersebut sama sekali belum mampu mengangkat keadaan ekonominya.

Mulai dari nol [sumbar gambar]
Hingga akhirnya,ia bekerja di sebuah perusahaan batu bara milik seorang pebisnis keturunan Tionghoa. Dari sanalah, ia banyak belajar dan ketika keluar mencoba mendirikan perusahaan batu baranya sendiri. Usaha tersebut lumayan berhasil dan akhirnya perusahaannya beranak-pinak, bahkan merambah ke bidang lainnya, semisal penyewaan jet pribadi.

Kehidupan pribadi Haji Isam yang lumayan unik

Siapa sangka, kalau pengusaha yang satu ini sempat bikin geger Indonesia? Ya, hal itu terjadi saat lamaran anaknya yang ternyata sangat mewah. Dilansir dari laman Detik, dalam acara itu banyak artis papan atas Indonesia yang diundang untuk mengisi acara, bahkan pembawa acaranya pun dijemput dengan jet pribadinya.

Dekat dengan artis [sumber gambar]
Jadi wajar banyak orang heboh dengan kejadian itu. Selain itu, Haji Isam juga dulu sempat dekat dengan beberapa artis ternama, seperti Syahrini bahkan Yuni Shara. Namun kabar itu hanya sebatas kedekatan saja dan kini jadi berita usang yang telah berlalu. Tapi hal itu tidak menampik fakta kalau dengan kekayaannya Haji Isam bisa dekat dengan orang ternama.

BACA JUGA:

Namun sayang, kini Haji Isam harus mempertanggungjawabkan perbuatannya karena terjerat dalam kasus tipikor. Kembali lagi, harta memang hal yang penting dicari dalam hidup, namun jangan sampai menggunakan cara baik sehingga jadi berkah buat hidup kita.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Pertama Sejak Ditangkap, Kepolisian Inggris Rilis Wajah Babak Belur Reynhard Sinaga

Rumah Tua Pernah Jadi Tempat Aborsi, “Tak Kasat Mata” Sering Terlihat dan Bikin Warga Ngeri