Kastil adalah bangunan besar yang selalu memiliki benteng tebal dari tumpukan batu di bawahnya. Bangunan ini biasanya dibangun oleh orang yang memiliki darah ningrat sebagai bagian dari simbol kekuasaan yang agung. Kastil banyak sekali dibangun di Eropa saat abad pertengahan. Raja atau bangsawan biasanya akan mendesain kastil sekuat mungkin namun juga masih memiliki cita rasa seni yang tinggi.

Artikel Lainnya
Cerita Robot Gedek, Psikopat yang Sempat Bikin Bocah Enggak Pingin Lahir ke Dunia
Kalah Sengketa dan Jadi Milik Malaysia, Begini Keadaan Pulau Sipadan dan Ligitan Sekarang

Baca Juga : 5 Bangunan Menakjubkan yang Didirikan Atas Obsesi Para Miliuner Eksentrik

Dewasa ini, kastil-kastil megah nan indah banyak yang telah hancur. Sebagian besar karena perang atau ditinggalkan pemiliknya. Namun, sebagian di antaranya masih terawat dengan rapi hingga sekarang, bahkan diperbaiki dan menjadi tempat wisata. Berikut tujuh kastil paling mengah dan menakjubkan itu! Monggo!

1. Kastil Hohenschwangau – Jerman

Kastil Hohenschwangau adalah sebuah kastil yang terletak di sebuah desa kecil di Jerman bernama Hohenschwangau. Kastil ini juga memiliki nama Schloss Hohenschwangau yang memiliki arti High Swan Country Palace. Bangunan megah nan indah ini dibangun oleh seorang raja bernama Maximilian II dari Bavaria. Ia membangunnya untuk tempat hidup putra mahkotanya bernama Raja Ludwig II yang juga dari Bavaria.

Kastil Hohenschwangau – Jerman [image source]
Kastil Hohenschwangau – Jerman [image source]
Ketika perang dunia I dan II, bangunan kastil terkena serangan hingga banyak bagiannya yang mengalami kerusakan. Namun akhirnya diperbaiki seperti aslinya dan menjadi tempat wisata andalan. Setiap tahun ada sekitar 300.000 turis manca negara yang datang ke kastil megah ini. Mereka datang untuk menikmati keindahan dan juga suasananya yang sangat tenang dan asri.  Orang-orang yang datang ke kastil ini harus menggunakan jasa pemandu lokal atau tidak diperkenankan masuk ke dalam.

2. Kastil Howard – Inggris

Kastil Howard adalah kastil yang terletak di North Yorkshire, Inggris. Bangunan ini bukanlah milik seorang raja yang memiliki banyak kekuasaan. Kastil ini justru hanya miliki seorang keluarga Howard yang diwariskan secara turun-temurun selama 300 tahun. Keluarga Howard membangun kastil ini di atas bekas kastil militer Inggris yang tak terpakai lagi.

Kastil Howard – Inggris [image source]
Kastil Howard – Inggris [image source]
Kastil Howard adalah ikon wisata di daerah Yorkshire. Banyak orang dari berbagai negara datang tiap tahunnya. Bahkan, saking tenarnya, beberapa acara TV pernah dibuat di bangunan kastil yang pertama kali dikonstruksi tahun 1699. Sedikit info saja buat anda, kastil ini dibangun selama 100 tahun dari awal hingga akhir dan megah seperti sekarang. Hebat!

3. Kastil Malbork – Polandia

Kastil Malbork adalah kastil yang terletak di daerah Malbork, Polandia. Dibangun selama berpuluh-puluh tahun hingga selesai pada 1406. Seorang Knights dari Teutonic membangunnya atas perintah orang-orang di gereja Katolik Roma. Kastil Malbork dikenal sebagai kastil paling besar di seluruh dunia yang masih utuh hingga sekarang.

Kastil Malbork – Polandia [image source]
Kastil Malbork – Polandia [image source]
Jika anda mengamati bangunan kastil, sebagian besar benteng yang mengelilinginya terbuat dari batu bata. Warna merah bata menjadi ciri khas bangunan yang menjadi Situs Warisan Budaya Dunia dari UNESCO ini. Jika anda penggemar sejarah, seluruh bangunan dari kastil memiliki kisah panjang yang akan membuat anda takjub. Enam ratus tahun berdiri bukanlah waktu yang sedikit untuk sebuah bangunan mampu bertahan, bukan?

4. Kastil Neuschwanstein – Jerman

Satu lagi kastil dari Jerman yang bisa membuat anda takjub dan kagum. Dibangun pada tahun 1869, kastil ini digunakan Raja Ludwig II dari Bavaria untuk mengasingkan diri. Namun sebelum bangunan ini selesai, ia telah meninggal dunia hingga akhirnya dibuka untuk tempat wisata sejak awal tahun 1900-an.

Kastil Neuschwanstein – Jerman [image source]
Kastil Neuschwanstein – Jerman [image source]
Kastil Neuschwanstein terletak di atas puncak perbukitan terjal. Sekelilingnya banyak sekali pohon hijau menjulang hingga terlihat sangat mengagumkan. Sejak dibuka pertama hingga sekarang, sudah ada sekitar 61 juta pengunjung dari seluruh dunia. Rata-rata ada sekitar 6.000 datang perhari ketika musim panas tiba. Tertarik datang ke kastil ini?

5. Château de Chambord – Prancis

Château de Chambord adalah sebuah kastil yang dibangun pertama kali sekitar abad ke-16 masehi. Raja Francis I membangunnya untuk tempat penginapan saat ia melakukan perburuan di hutan. Kastil ini terletak di Lembah Loire dan tak pernah selesai dibangun hingga berganti raja dan juga kekuasaan.

Château de Chambord – Prancis [image source]
Château de Chambord – Prancis [image source]
Saat revolusi Prancis terjadi tahun 1792, sebagian besar isi bangunan dijarah dan dijual. Namun pada tahun 1800-an bangunan ini kembali diperbaiki seperti sedia kala, bahkan diselesaikan hingga menjadi kastil yang utuh. Pada tahun 2007, kastil ini akhirnya dibuka untuk umum. Dan selama 8 tahun ini sudah ada sekitar 700.000 pengunjung dari Prancis dan seluruh dunia.

6. Kastil Osaka – Jepang

Kastil Osaka adalah sebuah kastil yang menjadi ikon pariwisata Jepang hingga saat ini. Terletak di perfektur Osaka, kastil ini memiliki sejarah yang sangat panjang. Dibangun oleh Toyotomi Hideyoshi tahun 1583, kastil ini telah membantu penyatuan masyarakat Jepang. Pada tahun 1868, kastil ini hancur tak bersisa hingga akhirnya diperbaiki lagi awal tahun 1900-an.

Kastil Osaka – Jepang [image source]
Kastil Osaka – Jepang [image source]
Saat terjadi perang dunia ke-II di Jepang, kastil ini lagi-lagi hancur. Bahkan diperkirakan 90% bangunan tak bisa digunakan lagi. Sebanyak 382 orang meninggal saat serangan bom menggempur bangunan bersejarah ini. Namun Jepang bukanlah negara yang suka menyerah, pada tahun 1995 kastil ini direnovasi lagi hingga saat ini bisa dinikmati keindahannya. Saat ke Jepang jangan lupa datang ke kastil bersejarah ini, ya!

7. Kastil Hohenwerfen – Austria

Kastil Hohenwerfen adalah sebuah kastil yang dibangun pada tahun 1075 oleh Archbishop Gebhard of Salzburg. Bangunan megah ini terletak di lembah Salzach dan dikelilingi oleh pegunungan Berchtesgarden. Dulunya, bangunan ini digunakan untuk penjara orang-orang yang dianggap pendosa oleh penguasa. Namun perlahan-lahan beralih fungsi menjadi tempat pertahanan.

Kastil Hohenwerfen – Austria [image source]
Kastil Hohenwerfen – Austria [image source]
Pada tahun 1931, kastil ini pernah terbakar hingga nyaris seluruh isinya habis. Namun tahun 1938 dilakukan perbaikan besar-besaran hingga nampak seperti aslinya. Setelah perang dunia ke-II berakhir, kastil ini digunakan untuk tempat latihan perang bagi tentara-tentara muda di Austria. Hingga era modern sekarang kastil Hohenwerfen digunakan sebagai tempat wisata sejarah yang menarik banyak sekali wisatawan untuk datang.

Baca Juga : 7 Bangunan Bekas Pabrik Mainan Paling Menyeramkan, Berani Mampir?

Perhatikan lagi tujuh gambar di atas. Indah sekali bukan penampakan kastil megah itu? Sayangnya, Indonesia tak memiliki kastil seindah itu, mungkin ada tapi cuma berupa benteng-bentang yang kondisinya sudah mengenaskan. Well, dari tujuh kastil di atas, mana yang ingin anda kunjungi?