Fakta di Balik Terbunuhnya Kartunis Nabi Muhammad

oleh Evi Rizana
13:30 PM on Jan 9, 2015

Sejumlah pria tak dikenal melakukan serangan terhadap kantor redaksi majalah Charlie Hebdo di kota Prancis, hari Rabu kemarin. Dalam serangan tersebut, terdapat empat korban yang meninggal di antaranya adalah sejumlah kartunis dan editor senior serta dua orang petugas kepolisian.

Disebutkan sejumlah nama yang menjadi korban meninggal dunia dalam serangan tersebut antara lain Jean Cabut (Cabu), Charb, Wolinksi, dan Tignous. Sementara itu, Chabu dan Charb merupakan kartunis comic strip ‘Nabi Muhammad’.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

Diduga serangan tersebut terkait dengan comic strip Nabi Muhammad. Salah satu comic strip Charb yang berjudul  La Vie de Mahomet atau The Life of Mohammed memicu kehebohan karena dianggap menghina umat islam di seluruh dunia. Namun, dugaan bahwa serangan tersebut memiliki tujuan lain kemudian juga bermunculan.

1. Ancaman Kematian

Dugaan bahwa serangan tersebut terkait dengan comic strip Nabi Muhammad semakin besar ketika beberapa saksi mendegar bahwa pelaku bersenjata berteriak menyebut nama sang nabi. Pelaku bersenjata berteriak, “Kami telah membalas Nabi Muhammad,” dan “Allah Maha Besar” dalam bahasa arab, seperti dilansir dari BBC News Europe.

Fakta di Balik Terbunuhnya Kartunis Nabi Muhammad (Ancaman Kematian)
Fakta di Balik Terbunuhnya Kartunis Nabi Muhammad (Ancaman Kematian)

Mengetahui penyerangan mematikan tersebut, Bernard Cazeneuve selaku Menteri Dalam Negeri Perancis turut angkat bicara. Dia mengatakan Paris saat ini telah ditempatkan pada siaga tertinggi. Begitu pula dengan sang editor yang telah menerima ancaman di masa lalu.

2. Editor Dalam Perlindungan Kepolisian

Adanya ancaman sering kali membuat korban hidup tidak tenang. Takut sewaktu – waktu ancaman tersebut datang dan merenggut nyawa. Seperti yang dialami salah satu editor Charlie Hebdo, Stephane Charbonnier telah menerima ancaman di masa lalu. Ancaman tersebut membuatnya hidup dalam perlindungan pihak kepolisian.

Fakta di Balik Terbunuhnya Kartunis Nabi Muhammad (Editor dalam perlindungan kepolisian)
Fakta di Balik Terbunuhnya Kartunis Nabi Muhammad (Editor dalam perlindungan kepolisian)

Selain nama Stephane Charbonnier atau yang sering dikenal dengan Charb, 3 nama editor dan kartunis lain juga menjadi korban meninggal dunia antara lain Cabu, Tignous, Wolinski serta contributor majalah Charlie Hebdo dan ekonom Prancis, Bernard Maris. Serangan yang menyebabkan korban meninggal dunia tersebut terjadi saat majalah Charlie Hebdo sedang melakukan rapat editorial.

3. Kecaman Global

Dalam situs Charlie Hebdo yang offline selama terjadi penyerangan terdapat sebuah gambar tunggal “Je suis Charlie” atau Saya Charlie pada sebuah background warna hitam. Gambar tersebut mengacu pada hashtag yang tren di Twitter  untuk solidaritas dengan para korban.

Fakta di Balik Terbunuhnya Kartunis Nabi Muhammad (Kecaman Global)
Fakta di Balik Terbunuhnya Kartunis Nabi Muhammad (Kecaman Global)

Tak urung, Presiden Hollande juga angkat bicara. “Kami terancam karena kami merupakan negara dengan kebebasan,” ungkapnya pada wartawan di lokasi kejadian sambil menyerukan persatuan nasional.

4. Serangan Yang Terkutuk

Tak hanya Perancis saja yang merasa muak dengan serangan mengerikan tersebut. Negara lain pun turut mengutuk atas kekejian para pelaku penyerangan di majalah Charlie Hebdo yang menelan korban jiwa. Seperti Persiden AS, Barrack Obama yang menawarkan bantuan untuk membawa teroris ke pengadilan.

Fakta di Balik Terbunuhnya Kartunis Nabi Muhammad (Serangan Yang Terkutuk)
Fakta di Balik Terbunuhnya Kartunis Nabi Muhammad (Serangan Yang Terkutuk)

Begitu pula dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan dalam tweet: “Pembunuhan di Paris memuakkan. Kami berdiri dengan orang-orang Perancis dalam perang melawan teror dan membela kebebasan pers..”

5. Masih Dalam Investigasi

Pelaku penyerangan dengan menggunakan senjata tersebut pada awalnya diduga terdapat dua orang. Namun, Menteri Dalam Negeri Perancis, Bernard Cazeneuve menyatakan bahwa pelaku bersenjata terdiri dari tiga orang.

Fakta di Balik Terbunuhnya Kartunis Nabi Muhammad (Masih Dalam Investigasi)
Fakta di Balik Terbunuhnya Kartunis Nabi Muhammad (Masih Dalam Investigasi)

Sementara itu, redaksi majalah Charlie Hebdo meminta Pemerintah Perancis agar segera mengungkap penyerangan yang terjadi. Pihak kepolisian setempat masih melakukan investigasi untuk menemukan tiga orang bersenjata yang menjadi pelaku serangan tersebut. Setelah melakukan serangan, ketiga orang bersenjata kemudian lari dengan menggunakan mobil.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri
BACA JUGA