Melihat 8 Benda Ini Lagi, Kamu Pasti Kangen Bangku Sekolahan Bahkan Cinta Monyet Saat Itu

Mana benda yang paling memorable buat kamu?

oleh Aini Boom
09:00 AM on Jul 28, 2017

“Tiada masa paling indah, masa-masa di sekolah. Tiada kisah paling indah, kisah kasih di sekolah”. Kutipan lagu di atas memang benar adanya, di masa sekolah jaman dulu memang tak banyak hal yang harus dipikirkan. Karenanya untuk menemu kebahagiaan dan keceriaan bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana yang menyenangkan.

Saat galau, anak sekolah jaman dulu tinggal beli es krim seribuan depan sekolah, hilang dah kesedihannya. Kalau naksir cewek, tinggal kirim salam kelar masalah. Nembak cewek pun diam-diam lewat surat, saat ditolak pun nggak perlu stress karena si cewek kagak bakal cerita ke teman-temannya karena malu. Terlebih  anak jaman dulu nggak alay seperti anak jaman sekarang yang dikit-dikit upload atau curhat di medsos. Nah untuk mengenang masa sekolah yang indah itu, berikut ini benda-benda yang bakalan melempar kamu sejenak ke masa itu.

Baca Juga
Nostalgia 5 Permainan dari Tumbuhan yang Bikin ‘Kid Zaman Old’ Sampai Lupa Waktu
10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya

Buku diary, Saksi Bisu Perasaanmu Sama Kakak Atau Adik Kelas

Menulis diary [image: source]
Jaman dulu belum ada tren curhat, kebanyakan perasaan suka pada orang lain disimpan rapat-rapat. Jadi yang tahu kamu suka atau disukai orang lain paling cuma teman klop kemana-mana saja. Selain itu media sosial belum ada seperti sekarang. Alhasil, buku diary adalah tempat mencurahkan segala perasaan. Anak sekolah jaman dulu kebanyakan menuliskan perasaannya di buku ini. Karenanya, saat melihat buku diary rasa-rasanya kamu bakalan teringat saksi bisu perasaanmu dulu.

Kapur Tulis Warna-Warni, Alat Corat-Coret Favorit Murid Jaman Dulu

Kapur tulis warna-warni [image: source]
Jaman dulu, guru menulis di papan kayu menggunakan kapur tulis. Dalam beberapa kesempatan, guru-guru akan membawa kapur tulis warna-warni dan entah kenapa murid-murid selalu tertarik dengan benda ini. Maka di saat jam istirahat tiba, diam-diam siswa akan meminjam kapur tulis dan membuat gambar-gambar di meja atau bangku. Melakukan hal ini saja rasanya sudah sangat membahagiakan.

Menulis Inisial Nama Kita dan Gebetan di Dinding, Prasasti Cinta Ala Anak 90-an

Inisial gebetan [image: source]
Kalau anak SD jaman sekarang sudah berani chatting dan saling panggil mamah papah, anak jaman dulu berbeda. Meski katakanlah itu cinta sepihak atau cinta terpendam, atau sama-sama suka, tetap saja tidak akan berani bertemu secara langsung. Paling mereka main kode-kodean dengan membuat nama tulisan inisial berdua di dalam simbol hati di dinding, buku tulis, dan tempat lainnya. Meski sederhana, prasasti cinta jaman sekolah dulu sungguh unik.

Ucapan Ulang Tahun So Sweet dari Teman Sekelas

Ucapan ulang tahun

Momen ulang tahun teman di masa kekinian diwarnai dengan bullying seperti dilempar telur, terigu, dan dikerjai dengan cara lain. Berbeda dengan jaman dulu, saat kita ulang tahun maka teman-teman akan memberikan hadiah beserta ucapan yang kalau dibaca berasa terharu dan ingin nangis. Ada doa-doa indah, penghiburan, dan banyak lagi. Persahabatan jaman dulu memang nggak ada duanya dah.

Coklat Sederhana untuk Mengungkapkan Perasaan

coklat [image: source]
Kalau saat ini, anak-anak terlihat bertindak beberapa kali lebih dewasa dari usia aslinya. Contoh yang baru-baru ini heboh saat anak SMP merayakan anniversary pacaran dengan cake, coklat dan bunga mahal. Ada juga yang melakukan foto ala-ala pre wedding di usia yang masih belasan tahun. Jaman dulu, memberikan coklat payung ke gebetan sudah sangat keren banget.

Tas Hangout Cewek Populer Jaman Sekolah Dulu 

tas hello kitty

Kalau anak sekolahan jaman sekarang sejak kecil sudah mulai mengenal merk dan barang mahal. Kalau jaman dulu, anak-anak nggak terlalu mentingin hal begituan. Benda-benda sederhana asal sama kayak punya teman aja udah seneng banget. Salah satunya tas hello kitty legendaris ini, kala itu harganya cum 12 ribu hingga 15 ribuan. Hampir kebanyakan anak 90-an bangga memakai tas ini.

Contekan Jaman Dulu Masih Manual, Guru Mudah Mendapatinya

Contekan [image: source]
Jaman sekarang, cara mencontek murid semakin canggih. Ingat kasus SBMPTN dimana siswa berlaku curang dengan membawa pulpen kamera yang terhubung internet dan tersambung orang di luar. Cara-cara seperti ini sempat mengelabui pengawas dan tentu juga guru. Berbeda dengan contekan jaman dulu yang dibuat di kertas yang tidak sepicik teknik jaman sekarang. Guru pun mudah mengetahuinya karena gerak-gerik murid yang mencurigakan. Murid jaman dulu lebih mudah takut jika berbuat salah, berbeda dengan jaman sekarang yang umumnya sering melimpahkan kesalahan pada guru.

Puisi dan Surat Cinta Tanpa Nama

Surat cinta [image: source]
Berbeda dengan anak jaman sekarang yang nggak malu koar-koar suka sama teman sekolah di medsos. Anak jaman dulu paling banter cuma kirim surat dan puisi. Itupun tanpa nama. Tapi ajaibnya, beberapa malah bisa menemukan siapa pengirim surat dengan insting kuat. Kemudian, perasaan semacam ini disimpan hingga dewasa dan diungkapkan secara resmi pada saatnya. Meski terdengar mustahil, ada beberapa yang justru berakhir bahagia lho. Keren bukan?

Masa sekolah jaman dulu yang dihiasi persahabatan dan cerita suka-sukaan kala itu pasti bakalan kembali terkenang dengan delapan benda-benda di atas. Memang beda banget ya jaman dulu dan sekarang. Kalau menurut kamu, gimana?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA