Di tengah asik-asiknya berlibur dan niatnya cari udara segar, pasti kamu pernah tuh ketiban zonk momen kena asap rokok dari orang di sekitarmu. Sebel banget ya pastinya, maunya refresh malah harus hirup asap tak sedap plus nggak sehat. Memang susah sih nyari tempat liburan bebas rokok, sebab tempat seperti ini memang fasilitas publik yang semua orang bisa masuk.

Tapi di daerah Jakarta yang kental image kota metropolitan yang ramai sesak, ternyata ada lho kawasan bebas rokok. Kalau nggak percaya kamu bisa datang langsung ke satu-satunya kampung bebas rokok di Jakarta, Kampung Penas. Bukan hanya bebas rokok, kampung ini juga termasuk satu dari sekian kampung warna-warni yang hits di Indonesia.

Kampung Kumuh yang Menjelma Kawasan Paling Sehat se-Jakarta

Kampung Penas [image: source]
Kalau tahun lalu, yang namanya Kampung Penas dikenal masyarakat sebagai kawasan kumuh. Sampah berserakan di mana-mana, air sungai di sekitarnya juga berwarna hitam pekat bercampur berupa-rupa ampas pembuangan. Kalau kamu lewat, pasti dah pengen lari sekenceng-kencengnya biar nggak sampai tercium bau busuk yang bikin sesak dada. Bukan cuma itu masalahnya, kebiasaan merokok berjamaah yang dilakoni warga juga membuat kawasan ini tidak ramah terhadap kesehatan.

Kampung Penas [image: source]
Namun bak berputar 180 derajat, tujuh bulan terakhir Kampung yang berada di Jalan Penas bantaran Kali Ciliwung ini telah berlabel kampung sehat layak huni. Rupanya, kasus penyakit paru-paru yang diderita sekitar 20 KK di daerah ini membuat warga melek. Alhasil, mereka bersepakat mewujudkan kampung sehat bebas asap rokok. Meski sudah bersepakat, tidak 100% warga yang berhenti merokok. Ada lah ya yang masih bermain kucing-kucingan. Karena itu, warga membuat tim yang terdiri dari anak-anak dan ibu-ibu untuk menjadi polisi anti rokok. Karena itu, perlahan para perokok mulai malu dan pergi kampung lain untuk merokok.

Penuh Mural Indah Berisi Larangan dan Himbauan Agar Berhenti Merokok

Kampung Penas [image: source]
Daya tarik Kampung Penas selain kawasan bebas rokok adalah adanya tulisan-tulisan cantik warna-warni di tembok dan beberapa sudut kampung. Sambil jalan-jalan, kamu bisa banget berfoto di beberapa tulisan keren dengan himbauan positif untuk berhenti merokok. Kamu yang punya pacar ngerokok, bisa banget tuh diajak jalan-jalan ke sini. Siapa tahu sambil ngadem di kawasan sejuk tanpa polusi doi jadi terinspirasi buat berhenti ngerokok. Namanya juga usaha, boleh dong dicoba.

Menikmati Kampung Warna-Warni Tanpa Asap Rokok

Kampung Penas [image: source]
Kalau kamu cuma tahu kampung warna-warni di Malang dan Semarang, boleh tuh main ke Kampung Penas ini. Di sini, kamu bakal disuguhi indahnya warna-warni bangunan sederhana dan udara sehat yang bebas rokok. Banyak juga spot-spot instagrammable buat kamu yang doyan foto. Nggak hanya bisa menghasilkan foto keren, pesan-pesan yang ada pun mengedukasi lho.

Transformasi Kampung Penas dari kampung kumuh hingga menjadi kampung sehat bebas asap rokok menjadi optimisme tersendiri bagi masyarakat. Kini, kampung ini tidak hanya ramah kesehatan tapi juga enak di pandang mata. Cocok banget nih buat kamu yang ingin jalan-jalan santai menghirup udara sehat bebas polusi.