in

Kampung ‘Mati’ Palasari, Mencekam Tak Ada Listrik dan Hanya Ada Warga Tinggal Seorang Diri

Cerita mistis tentang perkampungan di kawasan pegunungan, selalu menarik minat siapa saja. Biarpun terkesan seram, justru hal-hal seperti ini yang dicari. Termasuk Kampung Palasari yang terletak di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Sebuah permukiman warga yang indah di siang hari, namun berubah sebaliknya saat langit bersaput warna hitam.

Namun, Kampung Palasari menjadi sepi bukan karena suasananya di malam hari. Ada alasan mengapa warga berbondong-bondong memilih meninggalkan rumah mereka di sana. Beberapa YouTuber datang ke sana dan mencoba merekam Kampung Palasari.

Pagi yang asri, ditemani tumbuhan hijau di sana-sini.

Akses jalan Kampung Palasari. [sumber gambar}
YouTuber Alman Maulana memperlihatkan indahnya Kampung Palasari di pagi dan siang hari. Seperti daerah perkampungan yang jauh dari kota, kampung ini merupakan permukiman yang indah dengan pepohonan rindang dan tumbuhan hijau di mana-mana. Rata-rata hunian terlihat asri dan kental dengan nuansa Sunda. Udara yang segar, khas hawa pegunungan, pasti membuat siapa saja betah untuk datang dan berlama-lama di sini.

Kampung Palasari yang sepi karena hanya satu warga yang tinggal di sini

Sesaat setelah sampai di tujuan, Alman menyapa seorang penduduk desa yang membuka warung di pinggir jalan. Pak Udin, begitu nama bapak yang ditemui, menceritakan alasan mengapa Kampung Palasari kini sepi. Menurutnya, akses jalan menuju kampung itu berbatu dan kurang layak ditembus kendaraan biasa.

YouTuber Alman Mulyana berbincang dengan Pak Supena. [sumber gambar]
Selain itu masyarakat juga merasa jauh dari sarana pendidikan, sehingga anak-anak harus menempuh perjalanan jauh menuju sekolah. Pak Udin juga mengatakan bahwa kini tersisa satu warga di Kampung Palasari bernama Abah Supena.

Malam jadi mencekam di Kampung Palasari

Suasana malam di Kampung Palasari. [sumber gambar]
Sayangnya, ketika sore menyapa dan malam mulai datang, Kampung Palasari menjadi tempat yang kurang enak untuk disinggahi. YouTuber wekajournal memperlihatkan sudut-sudut kampung yang gelap gulita, tanpa adanya penerangan. Apakah ini merupakan sesuatu yang wajar? Atau ada hal misterius lain yang membuat penduduknya takut untuk menyalakan lampu?

Pernah mengalami tanah longsor di tahun 2015

Pak Supena berbagi cerita tentang Kampung Palasari. [sumber gambar]
Ditemani temaram dari lampu kamera, wekajournal mencoba menggali informasi dari Pak Supena. Ia bercerita bahwa di tahun 2015 lalu, Kampung Palasari pernah mengalami tanah longsor. Bisa jadi, ini alasan mengapa warga meninggalkan kampung mereka yang rawan bencana untuk tinggal di tempat yang lebih aman.

Puluhan tahun tak teraliri listrik, tak ada jawaban dari pemerintah

Alasan lain mengapa warga Palasari berbondong-bondong pindah ke perkampungan lain, ternyata karena tidak adanya listrik. Padahal warga sudah puluhan tahun menunggu adanya nyala lampu di perkampungan mereka. Karena kekurangan ini, anak-anak muda tak bisa belajar.

Salah satu sudut Kampung Palasari yang gelap tanpa penerangan. [sumber gambar]
Lewat artikel tanggal 22 April 2013, Tribunnews menulis bahwa para tetua di Kampung Palasari sudah sering mengajukan proposal untuk aliran listrik di daerah mereka. Sayangnya, permintaan itu tak pernah sekali pun disanggupi pemerintah. Bahkan hingga YouTuber Alman Maulana datang dan menyingkap sudut-sudut kampung ini, belum ada tanda-tanda kehadiran listrik.

BACA JUGA: Penampakan Rumah yang Terbengkalai Selama Puluhan Tahun di Sidoarjo, Perabotan Masih Lengkap

Kini terkuak mengapa warga Kampung Palasari rela meninggalkan rumah mereka. Selain jauh dari sarana dan prasarana pemerintah, ketiadaan listrik dan rawan bencana juga jadi alasan mengapa kini hanya tinggal Pak Supena seorang diri mendiami Kampung Palasari.

Written by Bayu Yulianto

Gara-Gara Salah Paham, Mie Gacoan Yogyakarta Diserbu Ribuan Driver Ojek Online dalam Semalam

Gemes Banget! 9 Potret Jan Ethes yang Sabet Medali Emas dalam Pertandingan Taekwondo