in

Hati-hati! Kamera Pengintai Jenis Baru Mulai ‘Hantui’ Toilet Umum dan Kamar Ganti

Entah ada-ada saja memang kelakuan culas dari orang-orang tak bertanggungjawab, khususnya si otak mesum alias omes. Ya, akhir-akhir ini ada sebuah teknologi keluaran baru yang dimanfaatkan untuk memuaskan hasrat si oknum-oknum tadi. Adalah sebuah korek api yang ternyata merupakan kamera pengintai.

Dilansir dari akun twitter @sopieahmd, ia menceritakan pengalaman dari istri temannya. Jadi, pada awalnya istri temannya berada di toilet sebuah mall. Ketika itu, ia melihat ada korek api berada dalam toilet. Mulanya dirinya tak peduli akan hal tersebut, namun akhirnya ia curiga juga dengan korek api yang tiba-tiba ada di kamar mandi, apalagi toilet khusus perempuan.

Ternyata eh ternyata, setelah ditelusuri lebih dalam, korek tersebut adalah kamera pengintai. Setelah dibongkar, alat pemantik abal-abal itu berisi lengkap dengan memory card. Dan untungnya, di dalam kartu memori tersebut ada foto si pelaku. Wah, sebentar lagi bakal ada yang mendekam di penjara nih.

Tampilan kamera pengintai korek [Sumber Gambar]
Kejadian yang diunggah oleh pria asal Malaysia itu pun mendapat banyak komentar dari para netizen. Beragam komentar mereka lontarkan mulai dari mengutuk sang pelaku hingga candaan-candaan ringan. Ya tapi tetap, semua warganet sangat membenci perlakuan si tersangka karena sudah sangat kelewatan. Ada juga nih yang memperlihatkan jika korek ini banyak dijual di toko online dengan harga terjangkau.

Komentar netizen tentang kamera pengintai [Sumber Gambar]
Padahal kalau di Indonesia, hal ini sudah tergolong ke dalam illegal interception dan itu sesuai dengan Pasal 31 Ayat (2) Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Isinya adalah sebagai berikut

“Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atas transmisi Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang tidak bersifat publik dari, ke, dan di dalam suatu Komputer dan/atau Sistem Elektronik tertentu milik Orang lain, baik yang tidak menyebabkan perubahan apa pun maupun yang menyebabkan adanya perubahan, penghilangan, dan/atau penghentian Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang sedang ditransmisikan.”

Matikan lampu untuk mengecek ada kamera pengintai atau tidak [Sumber Gambar]
Bagi siapa saja yang melanggar Pasal 31 Ayat (2) UU ITE bisa dipidana penjara paling lama 10 tahun. Lalu bisa juga denda maksimal Rp800 juta sebagaimana tertera di Pasal 47 UU ITE. Tapi, hukuman lain juga menunggu lho Sahabat Boombastis. Sebab, pelaku perekaman diam-diam seperti ini bisa digugat secara perdata berdasarkan Pasal 26 UU ITE. Di mana pada pasal tersebut mengatur tentang hak setiap orang untuk mengajukan gugatan perdata apabila merasa hak pribadinya telah dirugikan.

BACA JUGA : Hati-Hati Diawasi! 4 Barang Sepele Ini Ternyata Bisa Jadi Kamera Pengintai

Maka dari itu, sebaiknya jangan coba-coba deh untuk melakukan hal curang satu itu. Memang sih kalian bisa dapat enaknya, tapi itu hanya berlangsung sementara. Sebab kalian bisa terkena banyak sanksi dari pasal berlapis layaknya rainbow cake. Lalu untuk Sahabat Boombastis yang sedang menggunakan kamar ganti atau toilet umum, sebaiknya jangan lupa untuk memeriksa kondisi di sana. Dengan cara mematikan lampu terlebih dulu, kalau ada yang menyala, berarti ada kamera pengintai rahasia di sana. Jadi, tetap waspada ya di manapun berada…

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Antilia, Rumah Supermahal Dunia Bernilai Rp 19 Triliun yang Berdiri di Lingkungan Kumuh

Mbah Mijan Bilang Reino Barack Telah Melamar Syahrini, Lantas Bagaimana Nasib Luna Maya?