Mitos mengenai hujan siang hari atau hujan panas mungkin bukan hal yang asing lagi buat masyarakat Indonesia. Mulai dari tanda kalau Wewe Gombel mau melahirkan hingga induk macan yang mau beranak. Itu hanya beberapa contoh mengenai hujan siang hari, dan tentunya banyak daerah di Indonesia ini yang punya versinya sendiri.

Nah, salah satu versi dari hujan siang hari ini adalah kemunculan sosok Kakar Tana. Bukan jadi wujud ditakuti malah berbentuk seperti wanita cantik nan jelita. Lalu bagaimana sih cerita lengkap mengenai Kakar Tana ini? Simak ulasan berikut ini.

Gadis cantik yang muncul di waktu hujan

Sosok gaib cantik bernama Kakar Tana ini memang tak biasa. Pasalnya kamu hanya akan menemuinya di waktu tertentu sehingga kesempatan melihatnya sangat kecil. Sosok satu ini hanya bisa ditemui ketika hujan pada siang hari. Namun bukan hujan seperti biasa, melainkan ketika matahari masih bersinar sembari air turun dari langit.

Ilustrasi Kakar Tana [sumber gambar]
Bisa dibilang kalau waktunya mirip seperti mitos wewe gombel atau macan beranak di daerah Jawa. Tentu bedanya mitos di Manggarai Barat ini bukannya bikin takut malah buat orang-orang pergi ke luar rumah. Alhasil banyak lelaki atau anak-anak yang sering ngintip ke kolam tempat Kakar Tana mandi meskipun mungkin hanya dapat melihat sekelebat mata.

Sosok yang tidak jahat

Hal yang menarik dari Kakar Tana ini adalah meskipun dari dunia gaib namun dirinya disebut sebagai makhluk yang tidak jahat sama sekali. Sehingga wajar saja kehadirannya sangat dinanti oleh penduduk yang berada di sekitar pemandiannya. Namun sayang waktu bertemu dengannya sangatlah singkat, ketika hujan saat matahari bersinar selesai, hilang pula sosok wanita cantik itu kembali ke alamnya.

Ilustrasi Kakar Tana [sumber gambar]
Namun orang-orang yang sempat melihat Kakar Tana merasa beruntung, kecantikannya yang sesaat itu rupanya tidak bisa dilupakan. Kakar Tana sendiri digambarkan serupa dengan perempuan berkulit putih, berwajah sangat cantik dan hanya menampakkan bagian punggung dan sekelebat wajah pada orang yang berupaya melihatnya.

Kolam khusus tempat mandi para Kakar Tana

Tidak hanya waktu yang khusus, rupanya tempat para Kakar Tana pun juga tidak di sembarang daerah. Mereka hanya ditemui di wilayah sekitar lembah Kolang. Jadi buat kamu yang berada jauh dari tempat itu atau bahkan beda pulau jangan berharap bakal ketemu dengan sosok ini meskipun sedang hujan.

Ilustrasi kolam Kakar Tana [sumber gambar]
Usut punya usut, daerah Lembah Ranggu-Kolang juga merupakan tempat yang dijaga oleh makhluk gaib, sama seperti laut selatan Jawa yang dijaga oleh Nyi Roro Kidul. Oleh sebab itu orang-orang di sana pun tidak mau berbuat aneh-aneh ketika berada di sekitar tempat itu.

Apakah sosok Kakar Tana masih ada?

Tentu sulit untuk membuktikan ada atau tidaknya makhluk satu ini kalau tidak dilihat telanjang mata. Namun demikian, bahkan di era modern seperti sekarang masih banyak yang mempercayai sosok-sosok gaib terutama Kakar Tana. Orang dulu memakai mitos ini untuk menakuti anak kecil agar tidak keluar rumah saat hujan siang hari.

Bocah bermain hujan [sumber gambar]
Ya namanya anak kecil meskipun sosok gaibnya cantik namun tetap saja bikin ngeri karena yang dihadapi adalah makhluk dari dunia lain. Tapi tentu beda lagi dengan mereka yang telah beranjak dewasa, bukannya lari malah curi kesempatan untuk mengintip Kakar Tana sedang mandi. Ya namanya sudah mulai dewasa, apalagi sosok yang dilihat cantik. Langsung tancap gas.

BACA JUGA: Sate Gagak, Pesugihan tanpa Tumbal namun Prosesnya Bisa Bikin Mati Berdiri

Jadi, kalian bakal lari kalau melihat sosok Kakar Tana atau malah mantengin curi kesempatan? Ya apa pun pilihannya pastinya ada hal yang ingin disampaikan orang tua zaman dulu di balik mitos-mitos yang ada. Misalnya untuk menjaga tempat tetap asri dan alami agar Kakar Tana betah tinggal di sana.