Tindak pidana korupsi terbukti sangat merugikan negara. Tak hanya mencuri uang rakyat, para koruptor tersebut juga terbukti mencederai amanah dari masyarakat yang memilihnya sebagai wakil pemerintahan. Maka dari itu, keberadaan anggota KPK diperlukan untuk mencegah para koruptor merajalela lebih jauh lagi. Salah satunya adalah Abraham Samad. Berkat kepemimpinannya di lembaga tersebut, banyak koruptor menjerit ketakutan karena ketahuan menilep uang rakyat.

Selain menggulung tersangka korupsi, Abraham Samad juga tak segan mengungkap bukti kejahatan mereka. Karena aksi ‘bersih-bersih’ yang kerap dilakukannya, keberadaan Abraham Samad sangat dibenci oleh para koruptor. Baik yang kelas kakap maupun teri. Sayang, ia pun harus meletakkan jabatannya sebagai ketua KPK karena tersandung sebuah kasus. Namanya tenggelam untuk beberapa saat. Seperti apa kabar terbaru dirinya saat ini? Simak ulasan berikut

Ikut mencalonkan diri sebagai capres 2019

Bakal calonkan diri menjadi presiden 2019 [sumber gambar]
Setelah terjungkal dari kursi kepemiminan KPK, Abraham Samad sempat tak terlihat gaungnya di arena politik. Namun secara mengejutkan, ia dikabarkan telah mencalonkan diri untuk menjadi capres 2019 mendatang. Sebagai pemanasan manuver politiknya, ia sempat bertemu dengan sejumlah petinggi partai. Abraham Samad juga telah dilirik sejumlah partai politik sebagai kendaraannya kelak. “Ada beberapa (partai) tapi tidak perlu disampaikan,” kata Abraham Samad di Kawasan Cikini Jakarta Pusat beberapa waktu lalu seperti yang dilansir dari merdeka.com

Sempat mengajukan diri sebagai cawapres pada 2014

Hampir jadi wakil Presiden 2014 [sumber gambar]
Pada ajang pilpres pada 2014 lalu, nama Abraham Samad masuk bursa sebagai kandidat calon wakil presiden. Saat itu, ia masih menjabat sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Abraham Samad sama-sama dilirik oleh kubu Jokowi dan Prabowo untuk mendampingi mereka memenangkan pemilihan presiden. Awalnya ia menolak, namun akhirnya menyatakan minatnya maju sebagai cawapres. Namun sayang, saat itu baik Jokowi dan Prabowo telah memilih wakilnya masing-masing.

Miliki relawan yang mendukungnya menjadi Presiden 2019

Didukung sejumlah relawan [sumber gambar]
Langkah Abraham Samad yang akan mencalonkan diri menjadi presiden di 2019 mendatang, rupanya mendapat dukungan dari sekelompok anak muda. Mereka menamakan diri sebagai relawan Koalisi Rakyat Berdaulat Untuk Abraham Samad (KITA AS). Gerakan pemuda ini merupakan bentuk kepedulian mereka terhadap isu korupsi di Indonesia. Dimana figur Abraham Samad sebagai hakim untuk para koruptor, dijadikan sebagai inspirasi untuk mendirikan komunitas relawan tersebut.

Menjadi pembicara seminar

Kerap mengisi acara-acara seminar [sumber gambar]
Selepas dari kesibukannya sebagai mantan ketua KPK, Abraham Samad diketahui mengisi seminar di sejumlah kampus. Dalam seminar yang bertajuk ‘Spirit of Indonesia’, ia hadir sebagai pembicara. Dalam pertemuan itu, Abraham Samad memotivasi anak-anak muda Indonesia agar berkontribusi dalam membangun negeri. Dalam sesi seminarnya, ia juga menekankan tentang pentingnya pendidikan karakter untuk membangun kualitas manusia Indonesia di masa depan.

Keputusan Abraham Samad yang akan mencalonkan diri sebagai Presiden 2019 mendatang, patut diapresiasi. Berbekal pengalaman sebagai advokat dan mantan ketua KPK, sosoknya diharapkan bisa menindak para koruptor secara tegas jika berhasil naik ke kursi kepresidenan. Doa’ain yang terbaik aja deh Sahabat Boombastis.