Berbelanja online sepertinya sudah menjadi trend di masyarakat. Tinggal duduk-duduk santai sambil main gadget, tahu-tahu barang sudah sampai di rumah. Saking enaknya berbelanja online, bahkan bisa ada yang sampai kecanduan loh. Toh selain praktis, barang bisa dikirim ke seluruh Indonesia. Wajarkan kalau  masyarakat sampai beralih dari transaksi biasa ke versi online.

Sayangnya dalam transaksi online, kita selalu terbebani biaya ongkos kirim yang kadang lebih mahal dari barang yang kita beli. Maunya untung, eh malah buntung. Tapi ada beberapa cara agar kamu bisa dapat gratis ongkos kirim ini. Asalkan kamu lihai ongkos gratis bisa di tangan. Simak ulasan berikut agar kamu tahu trik-triknya.

Pastikan ada promo free ongkir dan masih berlaku

Promo [image source]
Cara pertama untuk mendapatkan ongkir adalah dengan mengecek promo. Ya, kadang si online shop tak hanya menyediakan promo untuk barang tapi juga ongkir. Biasanya bebas biaya kirim berlaku untuk barang-barang tertentu dengan waktu yang khusus pula. Kita bisa pantau hal ini sekalian ketika memilih barang-barang yang akan dibeli.

Pastikan harga

Cek harga [image source]
Hal ini juga penting, karena beberapa online shop sengaja meninggikan harga dari harga biasa. Jadi intinya bukan free ongkir, namun biaya kirimnya yang sudah di masukan pada harga jual barang. Misalnya saja sang penjual memprediksikan ongkos kirim terjauh dari cakupan konsumen adalah kota J dengan ongkir misal Rp. 50.000. Maka semua harga barang dinaikkan Rp. 50.000. Jadi perbandingkan harga barang dengan harga di Online Shop lain.

Beli sesuai harga minimum free ongkir

Minimun jumlah pembelian [image source]
Beberapa Online Shop memberlakukan harga minimum untuk mendapatkan fitur free ongkir ini. Jadi misalkan saja minimum ongkir dari Online Shop A adalah Rp. 80 ribu, maka pastikan kamu berbelanja dengan harga minimum tersebut. Selanjutnya, bandingkan dengan Online-Online shop yang lain. Kalau ada yang lebih murah lagi dengan barang yang sama tentu kita bisa memilih versi satunya.

Kota mana saja yang dapat free ongkir

Free ongkir [image source]
Kamu juga harus detail pada masalah ini, pasalnya tidak semua Online Shop memberlakukan ongkir ke seluruh Indonesia. Mungkin hanya beberapa kota yang dapat free ongkir. Misalnya kamu di Jakarta dan memesan Online shop yang di Surabaya. Karena sudah tergiur dengan promo free ongkirnya, kamu langsung saja keburu pesan barangnya. Eh, ternyata kota Jakarta tidak kebagian free ongkir, jadinya malah kamu yang harus membayar biaya ongkirnya. Mau hemat malah kantong tidak selamat.

Gunakan jasa teman atau saudara

Jasa kerabat atau kenalan [image source]
Maksudnya, kalau kamu berada di kota yang tidak dapat free ongkir, minta saja bantuan teman atau saudaramu yang ada di kota-kota tersebut. Kamu bayar barangnya, nanti biar di kirim ke alamat kenalan kamu. Jadi kapan-kapan, suruh saja kenalanmu itu main ke kotamu. Free ongkir dapat silahturahmi dipererat.

Awas dengan ketentuan khusus

syarat ketentuan [image source]
Beberapa Online shop memberlakukan ketentuan khusus, misalnya online shop A hanya untuk produk gadget saja yang mendapat free ongkir. Kamu harus awas dengan ini, beli saja produk-produk yang free ongkir tersebut agar lebih hemat. Selain itu ada juga free ongkir yang terbatas nominal, misalnya sebuah online shop memberikan free ongkir maksimal Rp. 100 ribu. Karena kota ongkis kirim ke kotamu lebih dari Rp. 120 ribu, maka kamu harus tetap membayar Rp 20 ribu biaya kirim. Kalau mau benar-benar gratis, ya perhatian ketentuan-ketentuan semacam ini.

Berpikir dan bertindak cerdas dalam berbelanja agar untung bisa didapat. Di zaman yang serba Online ini, banyak penjual menggunakan trik, kita juga harus cerdas dalam menyiasatinya. Biar barang ditangan, uang tidak banyak yang melayang.