Melalui Tulisan, Jurnalis-Jurnalis Wanita Hebat Ini Berjuang untuk Kemerdekaan Indonesia

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Oct 25, 2016

Kemerdekaan tidak didapatkan dengan mudah. Semua masyarakat Indonesia di masa lalu bertarung habis-habisan untuk membela negeri ini tanpa pamrih. Mereka bergerak di garis depan dengan menyerbu sektor vital Belanda, bergerilya, hingga perang terbuka yang membuat banyak korban berguguran.

Selain menggunakan tubuh sebagai alat untuk berjuang, kemerdekaan Indonesia juga diraih dengan pikiran dan tulisan. Melalui semangat yang tiada habisnya, para pejuang wanita ini mengungkapkan pikirannya melalui tulisan dan berharap mampu memengaruhi siapa saja yang akan membacanya. Berikut jurnalis-jurnalis wanita zaman Belanda yang dikenal gigih memperjuangkan Indonesia melalui tulisannya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. S.K. Trimurti

S.K. Trimuti yang lahir di Solo pada tahun 1912 adalah seorang jurnalis wanita yang sangat andal. Istri dari Sayuti Melik ini dikenal sangat kritis dalam setiap tulisannya. Apa yang dia ungkapkan melalui kata-kata selalu bisa membuat Belanda berang dan akhirnya berusaha mencari tahu siapa penulis dengan nama samaran Trimuti atau Karma.

Sk Trimurti dan Sayuti Melik [image source]
Sk Trimurti dan Sayuti Melik [image source]
S.K. Trimurti pernah dipenjara lantaran menyebarkan pamflet anti-kolonial. Dia akhirnya dijebloskan ke dalam penjara selama sembilan bulan. Keluar dari penjara, S.K. Trimurti justru semakin gigih dalam menyuarakan perjuangannya. Apa yang dilakukan oleh S.K. Trimurti membuat Bung Karno kagum dan akhirnya dianugerahi jabatan sebagai menteri.

2. Rasuna Said

Sejak kecil, Rasuna Said sudah mendapatkan pendidikan dasar yang baik. Dia dididik menjadi seorang yang hebat meski dirinya seorang wanita. Setelah lulus dari sekolah, Rasuna Said pernah menjadi seorang guru pada madrasah sebelum akhirnya keluar dan memutuskan untuk terjun ke dunia politik melalui Sarekat Islam dan PERMI di Bukittinggi.

Rasuna Said [image source]
Rasuna Said [image source]
Selain terjun di dunia politik, Rasuna Said juga pernah memimpin sebuah koran. Dia menjadi ujung tombak penyebar nilai nasionalisme di kawasan Sumatra Barat dari ide-ide yang dia miliki. Melalui koran yang dia pimpin, Rasuna Said berusaha membangkitkan perjuangan terhadap penjajah yang masih rendah di daerahnya. Dia juga kerap melakukan orasi kebangsaan yang membuatnya dijuluki singa podium.

 3. Roehana Koeddoes

Nama Roehana Koeddoes mungkin jarang dikenal banyak orang di Indonesia. Namun kiprahnya dalam dunia jurnalistik masa penjajahan Belanda sangatlah tinggi. Dia mendirikan surat kabar Perempuan Bergerak dan Cahaya Sumatra. Melalui pemikirannya yang cerdas, Roehana berusaha menanamkan nasionalisme masyarakat di kawasan Sumatra.

Roehana Koeddoes [image source]
Roehana Koeddoes [image source]
Oh ya, Roehana adalah kakak tiri dari Soetan Sjahrir yang merupakan Perdana Menteri Indonesia pertama. Dia juga bibi dari penyair kenamaan Chairil Anwar yang menjadi legenda di Indonesia. Roehana hidup sezaman dengan Kartini di mana wanita selalu direndahkan derajatnya. Melalui semangatnya yang tinggi, Roehana juga mendirikan sekolah untuk wanita pribumi yang kurang beruntung.

4. Herawati Diah

Siapa saja yang sedang bergelut dalam dunia jurnalistik pasti kenal dengan pasangan duet maut B.M. Diah dan Herawati Diah. Dua punggawa jurnalis ini menyuarakan kemerdekaan Indonesia di masa lalu. Melalui tulisan dwi bahasanya, dua insan ini berusaha membangkitkan semangat perjuangan agar tidak terus ditekan oleh Belanda.

Herawati Diah [image source]
Herawati Diah [image source]
Herawati Diah adalah jurnalis wanita pertama yang lulus dari kampus di Amerika. Bisa dibilang, dia adalah jurnalis terdidik yang menggunakan ilmunya untuk perjuangan Indonesia. Selama masa penjajahan, jurnalis yang ada di Indonesia rata-rata belajar secara otodidak atau belajar ke Belanda. Herawati Diah  tidak demikian, dia lebih memilih mengubah haluan daripada ke Eropa dan belajar di negeri musuh.

Inilah wanita-wanita tangguh yang menggunakan tulisannya sebagai senjata untuk melawan penjajah Belanda. Melalui isi pikirannya, jurnalis wanita ini berusaha menyebarkan nasionalisme sekaligus menekan Belanda dengan caranya sendiri.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA