Presiden Joko Widodo Pilih Budi Gunawan Jadi Kapolri

oleh Alfry
08:51 AM on Jan 12, 2015

Presiden Joko Widodo menunjuk Komisaris Jenderal (Komjen) Budi Gunawan sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang baru. Budi Gunawan ditunjuk untuk menggantikan Jenderal Sutarman yang akan memasuki masa pensiun.

Budi Gunawan merupakan salah satu perwira lulusan terbaik Akpol 83 yang memperoleh penghargaan Adhi Makayasa. Budi Gunawan selalu berkesempatan menduduki sejumlah jabatan penting di Polri. Saat masih berpangkat Komisaris Besar (Kombes), dia pun menjadi ajudan Presiden Megawati Soekarno Putri.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Presiden Joko Widodo Pilih Budi Gunawan Jadi Kapolri
Presiden Joko Widodo Pilih Budi Gunawan Jadi Kapolri

Budi Gunawan juga tercatat sebagai Jenderal termuda di Polri ketika dipromosikan naik pangkat bintang satu atau Brigadir Jenderal dengan jabatan Kepala Biro Pembinaan Karyawan (Binkar) Mabes Polri.

Namun, pro dan kontra mengiringi langkahnya kali ini sebagai orang nomor satu di Polri. Direktur Advokasi Pusat Studi Anti Korupsi Universitas Gadjah Mada, Oce Madril menyesalkan keputusan Presiden Joko Widodo mencalonkan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

Dia berharap Jokowi mempertimbangkan kembali keputusan tersebut karena Budi Gunawan pernah terindikasi memiliki rekening gendut. “Pencalonan BG cukup kontroversial karena yang bersangkutan masih memiliki persoalan dari sisi integritas,” ujarnya.

Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian Komisaris Jenderal Budi Gunawan digadang-gadang Presiden Joko Widodo sebagai calon Kapolri. Ajudan Presiden pada era pemerintahan Megawati Soekarnoputri tersebut akan mengisi kursi yang saat ini diduduki oleh Jenderal Sutarman yang akan memasuki masa pensiun pada Oktober 2015.

Sosok Budi Gunawan menuai polemik setelah namanya masuk dalam daftar perwira tinggi Mabes Polri yang memiliki rekening gendut. Dia diketahui memiliki rekening senilai Rp 54 miliar dan melakukan transaksi di luar profilnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA