in

Lebih Hemat, Hal Ini Bakal Dirasakan Rakyat Indonesia Jika Tak Lagi Gunakan Listrik PLN

Keberadaan listrik memang menjadi kebutuhan utama setelah makanan, terutama di daerah perkotaan. Selain memudahkan segala aktivitas, listrik juga memberikan banyak manfaat, khususnya bagi masyarakat di Indonesia. Namun sayang, harganya yang semakin mahal dari hari ke hari membuat pasokan listrik hanya bisa dinikmati oleh sebagian dari mereka yang mampu membayar.

Seiring dengan ditemukannya sejumlah teknologi baru, ada beberapa solusi yang diprediksi bakal menggantikan tenaga listrik konvensional. Selain bakal menghemat kas negara hingga miliaran rupiah, energi alternatif ini tergolong ramah lingkungan dengan sumber daya tak terbatas. Jika digunakan, bakal ada perubahan besar pada masyarakat yang menanti di depan mata. Seperti apa peristiwa spektakuler itu? Simak ulasan berikut.

Rakyat tak lagi dipusingkan dengan tarif listrik yang terus naik

Tak ada lagi cerita harga listrik melonjak naik [sumber gambar]
Pembangkit listrik alternatif berupa tenaga matahari atau solar system, bisa menjadi solusi yang tepat untuk menggantikan energi konvensional milik PLN. Selain lebih hemat lingkungan, tenaga surya ini juga bisa menekan biaya pemakaian, terutama bagi rakyat kecil yang berkantong tipis. Iklim Nusantara yang termasuk sebagai wilayah tropis, dapat memasok banyak energi tanpa takut kehabisan. Biayanya yang murah, bakal membuat semua lapisan masyarakat bisa merasakan enaknya aliran listrik.

Tak ada lagi cerita pemborosan di industri listrik

Pmborosan listrik hanya tinggal cerita lama [sumber gambar]
Seperti yang diketahui, Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK telah menemukan pemborosan pembangkit lsitrik senilai Rp 1,6 Triliun pada PLN. Bukan apa-apa. Jika seandainya masyarakat Indonesia menggunakan energi alternatif terbarukan, pasti uang sejumlah itu tak bakal hangus menjadi listrik yang belum tentu dinikmati semua orang. Miris ya ges. Negara sekaya ini ternyata belum cukup mampu memberikan penerangan pada rakyatnya, terutama mereka yang terkungkung kemiskinan.

Mendapatkan listrik gratis setiap saat

Listrik tenaga surya bisa jadi alternatif energi murah [sumber gambar]
Hal seru lainnya jika tak lagi menggunakan listrik PLN adalah, masyarakat Indonesia bakal mendapatkan pasokan listrik gratis yang tak terbatas. Asal ada cukup sinar matahari dan tak ada kerusakan pada alat, tenaga setrum bisa dinikmati sepanjang hari tanpa takut tagihan membengkak. Karena bersumber dari sinar matahari yang alami, pembangkit listrik tenaga surya ini tergolong sebagai energi terbarukan yang ramah lingkungan. Kayaknya PLN bakal ada saingan nih.

Tak ada lagi drama korupsi pembangkit listrik

Salah satu tersangka korupsi pembangkit listrik Pemprov papua [sumber gambar]
Lagi-lagi korupsi ya ges. Tindakan amoral yang seolah tak ada habisnya terjadi di negara tercinta ini, terbukti membuat rakyat semakin sengsara. Banyaknya kasus korupsi yang dilakukan pada industri kelistrikan, tentu membuat kita ingin melakukan sesuatu ya. Hal ini bakal terjadi jika masyarakat Indonesia teah menggunakan energi listrik terbarukan tanpa melibatkan PLN di dalamnya. Alhasil, seluruh dana-dana tersebut bisa digunakan untuk kepentingan rakyat. Bukan untuk mengenyangkan para pejabat. Hingga tak ada lagi berita korupsi di industri tersebut.

Setara dengan negara-negara maju

Indonesia bakal setara dengan negara-negara maju dunia [sumber gambar]
Seperti Jepang dan Australia, Indonesia bakal bersanding dengan negara-negara maju bila semua lapisan masyarakatnya bisa teraliri listrik sepenuhnya. Entah kaya atau miskin, semua bisa merasakan hal tersebut. Tentunya, hal ini berdampak pada nilai gengsi Indonesia di mata dunia. Dimana dulu dianggap sebagai negeri kaya dengan penduduk yang kurang sejahtera, menjelma menjadi negara maju dengan tingkat kemakmuran masyarakat yang merata. Semua berkat listrik yang dapat dinikmati oleh siapa saja tanpa pandang bulu. Menarik ya ges.

Meski belum sepenuhnya terwujud, cepat atau lambat hal ini akan terjadi di masa depan. Seiring dengan menipisnya sumber daya tak terbarukan, membuat kita harus melirik energi alternatif yang bisa diperbarui setiap saat. Harapanya, mudah-mudahan cepat terjadi.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Pilih Jadi Pemain Dunia, Pesepakbola Korea Utara Harus Merasakan Hal Tidak Menyenangkan Ini

Chatting Kocak Penipu Kena Tipu Balik Pakai Struk Palsu Dijamin Bikin Ngakak Sampai Sakit Perut