7 Fakta Mencengangkan Tentang Kiprah Jerman di Perang Dunia I

oleh Rizal
15:00 PM on Dec 23, 2015

Berkaca dari masa lalu Jerman, mungkin kita takkan menyangka jika negara ini begitu jumawa saat ini. Padahal negara ini dua kali kalah dalam perang terbesar sepanjang sejarah, Perang Dunia I dan II. Membahas kiprah Jerman di Perang Dunia II, mungkin kita sudah familiar. Apalagi ada kejadian ikonik di mana Hitler akhirnya bunuh diri di bunker terakhirnya itu. Lalu bagaimana dengan kiprah mereka di Perang Dunia I? Tak kalah gregetnya, hanya saja tidak banyak orang yang begitu memperhatikan Jerman di momen ini.

Ada banyak kejadian ikonik dan bikin buluk kuduk berdiri di masa perang yang menewaskan jutaan orang ini. Jerman, mereka juga tak kalah spartannya dengan melakukan hal-hal mencengangkan demi kemenangan dan pengakuan kehebatan.

Baca Juga
Bukan Anak Artis, 6 Bocah Ini Mendadak Tenar di Sosial Media Sepanjang Tahun 2017
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela

Nah, berikut adalah deretan hal-hal fenomenal yang dilakukan oleh negaranya Angela Merkel itu saat terjadi Perang Dunia I.

1. Jerman Pengguna Pertama Flamethrower

Seperti namanya, senjata ini mampu melontarkan api dengan jarak tertentu. Dulu, di Perang Dunia I, Jerman lah yang pertama kali menggunakan senjata ini. implementasinya bisa untuk apa pun. Entah menghanguskan tentara musuh atau mungkin membakar tempat-tempat persembunyian mereka.

Senjata mematikan ini pertama kali dipakai oleh Jerman di Perang Dunia I [Image Source]
Senjata mematikan ini pertama kali dipakai oleh Jerman di Perang Dunia I [Image Source]
Senjata ini jelas sangat mematikan. Penggunaannya di zaman sekarang juga sangat diawasi betul. Ngerinya, di Amerika, flamethrower ternyata dijual bebas dan setiap orang bisa memilikinya di rumah.

2. Taktik Schrecklichkeit Jerman yang Keji

Salah satu momen terpenting di Perang Dunia I adalah saat Jerman melakukan invasi terhadap Belgia. Negara ini memang berhasil melakukan invasi tersebut, walaupun dalam upayanya Jerman sering melakukan taktik kotor. Salah satunya adalah Schrecklichkeit.

Taktik mengerikan ini digunakan sebagai antisipasi warga Belgia agar tidak melakukan pemberontakan [Image Source]
Taktik mengerikan ini digunakan sebagai antisipasi warga Belgia agar tidak melakukan pemberontakan [Image Source]
Siasat yang susah dibaca itu intinya adalah menyebarkan ketakutan kepada warga Belgia. Tujuannya agar mereka tidak akan berani melakukan pemberontakan. Sayangnya, gara-gara siasat ini Jerman harus mengotori tangannya dengan membunuh sekitar 150an penduduk sipil yang tak berdosa.

3. Jerman Punya Senjata Gila Bernama Big Bertha

Jerman merupakan salah satu peserta Perang Dunia I yang sudah mengimplementasikan senjata-senjata maut. Salah satunya adalah Big Bertha. Senjata ini berbentuk Howitzer atau semacam meriam yang ukurannya tidak main-main. Bahkan konon, Big Bertha punya bobot hampir 48 ton.

Senjata seberat 48 ton ini jadi yang paling ditakuti musuh-musuh Jerman [Image Source]
Senjata seberat 48 ton ini jadi yang paling ditakuti musuh-musuh Jerman [Image Source]
Butuh sekitar 200 orang tentara untuk menyusun meriam ini dalam waktu enam jam. Memang menyusahkan, namun seimbang dengan kemampuan yang dihasilkan. Ya, Big Bertha ini mampu melesatkan peluru meriam sejauh 15 kilometer. Dalam Perang Dunia I setidaknya Jerman punya 13 buah senjata ini.

4. Jerman Tarik Meksiko untuk Ikut Perang Dunia I

Memiliki sekutu adalah cara terbaik untuk bisa menang. Jerman tahu bagaimana cara agar mereka memiliki bala bantuan ini. Salah satunya adalah melakukan provokasi seperti yang mereka lakukan kepada Meksiko. Pada tahun 1917, pemerintah Jerman mengirim semacam telegram kepada Meksiko. Isinya adalah mengundang mereka untuk jadi sekutu. Sebagai imbalannya, Jerman berjanji akan membantu Meksiko merebut kembali Texas, New Mexico dan Arizona dari tangan Amerika.

Telegram Jerman yang berhasil diretas oleh Inggris [Image Source]
Telegram Jerman yang berhasil diretas oleh Inggris [Image Source]
Apes untuk Jerman, telegram ini berhasil di-hack oleh Inggris yang kemudian menyimpan pesan tersebut selama hampir sebulan. Pemerintah Inggris kala itu mengatakan akan menunjukkan telegram ini kepada Amerika. Tujuannya agar negara Paman Sam mau menjadi sekutu negeri Ratu Elizabeth itu.

5. Prestasi Angkatan Laut Jerman yang Bombastis

Selama Perang Dunia I tentu banyak hal-hal gila yang terjadi. Mulai jatuhnya korban yang tiap hari mencapai 6 ribu orang itu, sampai deretan kehancuran yang diderita dan dilakukan oleh salah satu negara kontestan. Bagi Jerman sendiri, Perang Dunia adalah masa terbaik angkatan laut mereka.

U Boats kapal ini sudah menenggelamkan ribuan kapal perang musuh Jerman [Image Source]
U Boats kapal ini sudah menenggelamkan ribuan kapal perang musuh Jerman [Image Source]
Ya, kala itu kapal perang mereka yang bernama U-Boats, berhasil menenggelamkan ribuan kapal musuh. Jumlah yang tercatat sebanyak 6.596 buah dengan jumlah U-Boats yang hanya sekitar 274 saja.

6. Kejatuhan Jerman Diikuti 3 Kekaisaran Terbesar Dunia

Jerman mungkin jumawa pada fase tertentu. Namun, pada akhirnya mereka justru dilumat oleh negara-negara musuh. Hingga akhirnya mereka pun jatuh dan jadi pihak yang paling banyak menelan kekalahan.

Kejatuhan Jerman juga diikuti oleh kekaisaran besar lainnya [Image Source]
Kejatuhan Jerman juga diikuti oleh kekaisaran besar lainnya [Image Source]
Tak hanya Jerman, ketika itu Austro-Hungarian dan kekaisaran Rusia juga mengalami kejatuhan. Kekaisaran Ottoman yang perkasa juga takluk karena Turki juga berada di pihak yang kalah.

7. Hutang Jerman Hampir Sebanyak 96 Ribu Ton Emas

Kekuatan Jerman yang mengerikan itu ternyata tak lain karena sebab hutang. Ya, mereka konon memiliki banyak sekali hutang untuk pembiayaan perang. Bahkan konon jumlahnya mencapai 96 ribu ton emas yang jika dikonversikan mungkin miliaran dolar.

Hutang Jerman di Perang Dunia I hampir 96 ribu ton [Image Source]
Hutang Jerman di Perang Dunia I hampir 96 ribu ton [Image Source]
Apesnya, karena berada di pihak yang kalah, mereka pun makin merugi. Pemerintah Jerman dituntut untuk melakukan pelunasan hutang. Kondisi Jerman pun seperti hidup segan mati tak mau. Stabilitas negara kacau, ekonomi carut marut dan keadaan sosial yang tak karuan. Bahkan gara-gara perang ini, hanya 1 dari 3 wanita Jerman yang bisa memiliki suami saat itu.

Meskipun terpuruk, namun pada akhirnya Jerman bangkit gara-gara sosok sosialis nyentrik yang fenomenal itu. Ya, Adolf Hitler. Lewat tangannya, Jerman menjadi gila lagi dan merupakan ancaman besar bagi musuh-musuhnya. Sayangnya, prestasi Jerman di Perang Dunia II juga mengecewakan. Awalnya seperti jumawa, pada akhirnya Jerman lagi-lagi mengalami kekalahan pahit.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya
BACA JUGA