Ini Lho 5 Jenis Minuman Oplosan yang Sering Dikonsumsi Orang Indonesia dan Bikin Tewas

oleh Rizal
07:00 AM on May 1, 2016

Oplosan, menurut para penyukanya, minuman ini ibarat tantangan menarik. Ya, menarik, karena di balik kenikmatannya, ada sebuah harga yang harus dibayar. Bahkan kadang sampai ditebus kematian. Oplosan sendiri memang pada dasarnya adalah minuman keras, hanya saja ia dicampur dengan berbagai bahan dengan alasan khusus, misalnya untuk menambah khasiat dan rasa.

Seperti cocktail, oplosan konon memiliki semacam resep campurannya sendiri. Ada yang biasa, ada juga yang ekstrem. Kalau melihat dari kebiasaan orang-orang Indonesia, setidaknya ada lima buah jenis minuman oplosan yang cukup populer. Nikmat memang kata mereka, tapi di balik itu ada bahaya yang benar-benar mengerikan.

Baca Juga
5 Bahaya Menakutkan Mabuk Pakai Obat Batuk Dioplos Durian, Awas Klenger!
Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap

Lalu, oplosan macam apa yang disenangi banyak orang itu? Simak ulasannya berikut.

1. Sunrise, Miras Campur Minuman Berenergi

Oplosan satu ini cukup populer di kalangan penikmatnya. Konon, rasanya enak dan benar-benar berkhasiat mendongkrak energi. Cara buatnya pun sama sekali tidak susah. Cukup dengan miras dicampur dengan minuman berenergi jenis apa pun.

Miras plus minuman berenergi [Image Source]
Miras plus minuman berenergi [Image Source]
Begitu minum campuran ini, biasanya penikmatnya akan merasa hangat dan juga segar. Makanya ia dinamakan Sunrise. Meskipun katanya enak, tapi minuman ini sangatlah berbahaya. Dokter mengatakan jika Sunrise bisa menyebabkan kematian. Alasannya karena miras yang terbuat dari alkohol bertentangan sifat dengan minuman energi. Miras sifatnya menenangkan dan minuman energi bersifat stimulan. Menurut para ahli, reaksi gabungan semacam ini bisa bikin gagal jantung.

2. Susu Macan, Enak Tapi Bikin Mampus

Susu mungkin minuman yang sangat menyehatkan. Namun, manfaat itu akan hilang tak berbekas jika ia dikombinasikan dengan minuman lain yang bukan jodohnya. Misalnya, anggur, arak, atau minuman beralkohol lainnya. Ya, jika diminum bersama, minuman ini bisa menyebabkan keracunan yang berujung kematian.

Miras plus susu [Image Source]
Miras plus susu [Image Source]
Meskipun menawarkan kengerian yang nyata, tapi minuman oplosan satu ini sangat populer. Terutama di desa-desa. Bahkan ada istilahnya sendiri untuk menyebutkan minuman campuran satu ini yakni Susu Macam. Jangan pernah mencoba minuman satu ini meskipun katanya enak. Kalau tidak, mungkin ini bakal jadi minuman terakhir anda.

3. Mansion Cola, Miras Legit Plus Minuman Bersoda

Oplosan satu ini juga cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Mansion Cola pada dasarnya adalah campuran antara miras dan juga minuman bersoda. Tujuan mencampur soda sendiri adalah untuk menghilangkan rasa pahit mirasnya, serta memberikan sensasi yang berbeda.

Bir campur kola [Image Source]
Bir campur kola [Image Source]
Minuman ini tentu gampang dibuat, tapi ia juga tak kalah berbahaya. Kedua minuman ini jika dicampur konon bisa menyebabkan mual-mual sampai keracunan. Apalagi kalau kadar alkoholnya cukup tinggi. Bisa memberikan bahaya yang lebih besar lagi. Memang menurut penikmatnya, tidak ada orang mati karena meminum Mansion Cola, tapi bukan berarti minuman ini tak bahaya.

4. Campuran Miras Satu dan Lainnya

Mungkin karena tidak mampu membeli minuman keras yang harganya mahal, orang-orang pun mengakalinya dengan mencampur-campurkan miras kelas teri untuk dinikmati bersama-sama. Praktik ini sering dilakukan oleh pemilik warung yang ingin jualannya laris. Dan memang minuman oplosan macam begini cukup digemari.

Miras campur [Image Source]
Miras campur [Image Source]
Dari segi rasa memang ada semacam mix dan blend yang enak. Namun, kebanyakan para pengoplos tidak mengetahui kadar alkoholnya dan main campur tanpa pertimbangan. Alhasil, cukup banyak orang yang tewas karena minuman campuran ini. Gagal jantung adalah penyebabnya.

5. Miras Dicampur Dengan Obat-Obatan

Dari berbagai kasus kematian karena minuman oplosan, salah satunya diketahui jika peminum memakai obat-obatan sebagai bahan campuran. Bukan ekstasi atau semacamnya, namun obat-obatan yang lazim dipakai. Misalnya obat batuk, obat sakit kepala, sampai obat nyamuk.

Miras dicampur obat [Image Source]
Miras dicampur obat [Image Source]
Sensasi minum oplosan jenis ini katanya memang nikmat dan menyenangkan. Namun, sudah jelas ada bahaya di balik itu. Menurut para ahli, mencampur miras dan obat-obatan tertentu kemudian dikonsumsi bisa menyebabkan kerusakan organ yang parah. Mulai hati, sampai ginjal. Bahkan bisa juga langsung membuat penikmatnya menemui malaikat maut kalau sampai over dosis atau mencampur dengan takaran yang ngawur.

Tujuan dari ulasan ini tentu bukan untuk mengajarkan bagaimana membuat minuman oplosan. Tapi, memberitahukan jika minuman campuran macam oplosan ini bisa memberikan bahaya yang tak main-main. Sudah banyak orang yang mati gara-gara penasaran dengan minuman seperti ini. Maka ini jadi pelajaran buat kita agar tidak melakukan hal yang sama.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren!
BACA JUGA