Apa sih hantu paling populer yang sering kamu dengar keberadaannya? Pocong? Kuntilanak? Atau mungkin Gendoruwo? Nama-nama di atas sudah sangat sering sekali kita dengar, bahkan mereka menjadi makhluk yang paling friendly karena sering menampakkan diri kepada manusia, yakan guise?

Namun, siapa sangka kalau selama ini pengetahuan kita seputar dunia perdemitan masih sangat dangkal. Sebenarnya ada banyak sekali jenis makhluk tak kasat mata yang tak kita ketahui, misalnya Pocong KW. Berdasarkan penjelasan Om Hao dari tim Kisah Tanah Jawa, berikut inilah jenis hantu yang mungkin enggak akan kita duga kalau mereka memang ada.

Pocong KW, KW berapa nih?

Pocong yang tampak muka [sumber gambar]
Ternyata yang selama ini sering kita temui adalah Pocong KW. Pocong ini hanya menakut-nakuti manusia saja. Pocong yang sebenarnya adalah pocong original, di mana pocong jenis ini biasanya dari qorin orang yang sudah meninggal. Muka pocong original biasanya akan tertutup penuh oleh kain kafan. Berbeda dengan pocong KW yang menunjukkan rupa mereka.

Pocong Merah

Pocong merah [sumber gambar]
Sesuai dengan namanya, Pocong Merah adalah jenis hantu pocong yang kain kafannya berwarna merah. Menurut tim Kisah Tanah Jawa, warna merah itu datang dari rembesan darah –karena bisa jadi mereka merupakan korban kecelakaan. Penampakan pocong ini tak lain dan tak bukan untuk meminta didoakan kepada orang yang ia kenal. Atau bisa jadi juga karena saat penguburan, seseorang lupa melepaskan tali pocongnya, sehingga ia datang untuk meminta dilepaskan talinya.

Kuntilanak Merah

Selain pocong merah, ada juga Kuntilanak Merah. Atribut yang digunakan adalah baju yang berwarna serba merah. Nah, jenis kuntilanak satu ini dikenal sering menyebarkan terror karena dirinya menampakkan diri agar ditakuti oleh orang yang melihat. Adapun hal yang bisa menjadi penanda kedatangannya adalah bau amis yang sangat menyengat, lalu diiringi lengkingan suara tertawa yang sangat keras. Hati-hati aja deh ya~~

Kuntilanak Durmo

Ilustrasi Kuntilanak [sumber gambar]
Jenis yang terakhir adalah Kuntilanak Durmo. Konon, kuntilanak ini akan datang saat seseorang melantunkan tembang lingsir wengi atau durmo saat mereka sedang bercermin. Bahayanya lagi, bagi mereka yang diberikan wangsit, kuntilanak ini bisa mengabulkan permintaan orang tersebut. Dengan syarat, si kuntilanak akan meminta tumbal kepada yang bersangkutan. Ngeri banget enggak sih?

BACA JUGA: 5 Mitos Seputar Tali Pocong yang Bisa Bikin Bulu Kuduk Berdiri

Karena kita hanya punya dua mata, tentu kita memang tidak akan mampu mengetahui segala macam makhluk yang ada di sekitar kita. Namun, kita bisa hidup berdampingan dengan damai saat tidak saling mengganggu satu sama lain. Ya, kalau ada di antara kalian yang masih diperlihatkan, itu tandanya emang sudah hoki dari sananya ya. Hehe.