Inilah Para Jenderal Wanita TNI/POLRI Terhebat yang Membanggakan Negara

oleh Adi Nugroho
07:09 AM on Aug 29, 2016

Di mana pun tempatnya, militer selalu didominasi oleh pria. Hadirnya wanita di dunia militer seperti tidak berpengaruh banyak. Hal ini terjadi karena jumlah wanita yang sedikit dan jarang sekali dari mereka yang menduduki jabatan tinggi semisal Jenderal. Selama ini, jabatan tinggi tersebut selalu didominasi oleh pria sehingga wanita butuh kerja ekstra keras untuk bisa menuju posisi itu.

Meski dikenal sangat sulit hingga bisa dikatakan sangat mustahil, ada wanita yang mampu menduduki posisi Jenderal. Dengan semangat pantang menyerah yang tinggi, mereka mampu menggenggam posisi itu dan menunjukkan pada masyarakat bahwa mereka bisa. Berikut beberapa wanita hebat di Indonesia yang akhirnya berhasil menjadi seorang Jenderal di lingkungan TNI/POLRI.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

1. Christina Maria Rantetana – TNI AL

Lahir di Toraja pada tahun 1955, Christina Maria Rantetana merupakan seorang prajurit TNI AL yang sangat hebat. Kariernya terus melejit dari tahun ke tahun hingga akhirnya hayatnya tiba 31 Juli 2016 lalu. Semasa hidup, beliau merupakan Jenderal Bintang Dua pertama di TNI AL Indonesia dan juga ASEAN.

Christina Maria Rantetana [image source]
Christina Maria Rantetana [image source]
Kedudukan tinggi yang dimiliki oleh Christina tidak serta-merta datang begitu saja. Dia berjuang dari bawah dengan kekuatan dan kecerdasannya sendiri sehingga diberi mandat mengikuti Sekolah Staf dan Komando di Royal Australian Naval Staff Course, Australia. Pendidikan S2 di Universitas New Orleans, Amerika, dan menjadi staf ahli Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Bidang Ideologi.

2. Jeanne Mandagi – POLRI

Saat masih muda, Jeanner Mandagi pernah berjanji pada dirinya sendiri. Sebagai seorang wanita dia ingin bisa berkarier di dunia kepolisian dan membuktikan kepada semua orang bahwa wanita bisa melakukan apa saja yang dilakukan oleh pria, termasuk menjadi seorang Jenderal yang berpangkat tinggi di ranah POLRI.

Jeanne Mandagi [image source]
Jeanne Mandagi [image source]
Untuk mendapatkan gelar yang sangat tinggi itu, Jeanne harus bekerja keras seperti halnya polisi pria lainnya. Namun, berbekal kecerdasannya yang di atas rata-rata, wibawa yang besar, serta dedikasi yang tinggi untuk POLRI, dia diangkat jadi Jenderal Bintang Satu. Saat ini Jeanne telah pensiun dari POLRI, namun kemampuannya yang hebat tetap dibutuhkan oleh POLRI dan lembaga lain seperti BNN.

3. Basaria Panjaitan – POLRI

Selain Jeanne Mandagi, POLRI juga masih memiliki satu jenderal wanita terhebat di Indonesia. Dia adalah Basaria Panjaitan yang lahir di Pematangsiantar pada tahun 1957. Saat ini, Basaria Panjaitan memang sudah pensiun dari POLRI dan menjadi purnawirawan. Namun, kemampuannya dalam dunia penegakan hukum agaknya masih dibutuhkan oleh negeri ini.

Basaria Panjaitan [image source]
Basaria Panjaitan [image source]
Pada tahun 2015 silam, meski hanya selama 4 bulan saja, Basaria pernah menjadi Staf Ahli Sosial Politik dari POLRI. Tidak berselang lama, Basaria yang menjadi Jenderal Bintang Dua pertama dari POLRI ini juga menjadi komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia. Kariernya yang mulus tanpa ada cela membuat Basaria Putri dipercaya untuk menjadi pemberantas koruptor yang sudah banyak menggerogoti negeri ini.

4. A.A.A. Putu Oka Dewi Iriani – TNI AD

Lingkungan TNI AD juga memiliki seorang jenderal wanita yang menempati banyak posisi strategis. Dari jenderal-jenderal wanita itu ada seorang wanita bernama A.A.A. Putu Oka Dewi Iriani yang lahir di Bali pada tahun 1958. Selama bertugas di TNI AD, beliau sempat menjadi seorang Wakil kepala Pengadilan Militer Utama yang biasanya hanya berisi para jenderal pria saja.

A.A.A. Putu Oka Dewi Iriani [image source]
A.A.A. Putu Oka Dewi Iriani [image source]
Karier dari A.A.A. Putu Oka Dewi Iriani terus menanjak saat dia mulai mengabdi di Bali. Dari sana, jenderal yang sudah purna tugas ini mulai dipercaya untuk menduduki tugas strategis. Dia dianggap mampu menjalankan tugas berat karena memiliki pendidikan tinggi dan dedikasi yang tiada habisnya untuk negeri ini.

Inilah jenderal wanita terhebat yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Berkaca dari apa yang mereka raih, seorang wanita sebenarnya bisa menjadi apa saja. Selama mau berusaha dengan kuat, apa saja bisa diraih meski itu kelihatan tidak mungkin. Salute!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri
BACA JUGA