in

Heboh Jenazah Kiai di Blitar Tak Hancur Selama 31 Tahun, Begini Sosoknya Selama Masih Hidup

Ada banyak sekali kisah orang sholih yang meninggal, tapi saat berpuluh tahun kemudian kuburannya dibongkar, ternyata jasadnya masih utuh. Mereka ini kebanyakan para ulama, penghafal quran, ataupun orang yang selama hidupnya adalah pribadi yang terkenal baik.

Nah, seperti kisah yang sudah-sudah, kali ini Boombastis.com akan kembali membahas berita viral seorang kiai yang masih utuh jasadnya setelah 31 tahun meninggal dunia. Adalah Kiai Anwar Sudibyo asal Blitar, seorang ulama NU yang terkenal pada masanya. Jasadnya ditemukan dalam keadaan utuh, kira-kira dulu bagaimana ya semasa kehidupannya? Simak terus ulasan berikut ya!

Pembongkaran makam untuk dipindah ke makam keluarga

Jenazah Kiai Anwar Sudibyo [Sumber gambar]
Berita ini pertama kali diposting oleh akun Facebook Santri Ndalem. Ia menuliskan bahwa saat pembongkaran, jasad sang kiai masih utuh sebanyak 90%. Padahal, hal tersebut rasanya agak mustahil mengingat sang kiai sudah meninggal selama kurang lebih 31 tahun yang lalu. Pembongkaran makam tersebut tak lain untuk memindahkan jasad dari pemakaman umum ke pemakaman keluarga. Akhirnya, jasad sang kiai dipindahkan ke makam yang berlokasi di Masjid Tambakan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Merupakan tokoh ulama  Nahdhatul Ulama (NU)

Proses pembongkaran makam [Sumber gambar]
Akun Santri Ndalem yang mengunggah foto beserta cerita tersebut menceritakan bahwa utuh di sini jari kaki sampai kepala sedikitpun tidak ada yang lepas, masih seperti orang yang baru meninggal. Kain kafan yang dikenakan juga utuh, tidak sobek sedikitpun, hanya memang kotor karena usianya sudah puluhan tahun (meninggal 1988). Hingga sekarang, postingan yang diunggah pada 16 Maret ini sudah disukai oleh ribuan orang, dibagikan lebih dari 400 kali.

Sosok Kiai Anwar di mata masyarakat selama masih hidup

Sosok baik selama hidupnya [Sumber gambar]
Melihat jasadnya yang masih utuh, pasti ada yang spesial dari dirinya semasa hidup. Nah, berdasarkan penuturan masyarakat, warga sekitar mengenal Kiai Anwar sebagai ulama yang bersikap baik terhadap masyarakat selama hidupnya. Beliau selalu berusaha mendatangi undangan warga yang sedang ada hajatan walaupun sangat sibuk. Kiai Anwar juga mengajar ilmu agama dari desa ke desa hingga ke daerah-daerah terpencil di Blitar. Dalam arti kata, ia tak hanya membangun hubungan baik dengan Sang Pencipta saja, tetapi juga punya hubungan sosial yang baik.

BACA JUGA: Jasad Orang-orang Ini Ditemukan Utuh Meski Sudah Puluhan Tahun Terkubur di Tanah

Kejadian seperti ini bukanlah yang pertama kalinya terjadi, Sahabat. Sudah banyak sekali kisah yang Boombastis rangkum mengenai orang-orang baik yang jasadnya dengan izin Allah masih utuh dan tidak membusuk sedikitpun. Mereka semua adalah manusia-manusia istimewa yang selama hidupnya pasti orang yang punya hubungan baik dengan Tuhan dan juga makhluk hidup lain.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Buruh Pabrik sampai Pemulung, Beginilah Masa Lalu Penuh Perjuangan 5 Pesepakbola Top

Meski Belum Juara, Tapi Beginilah Hebatnya Geliat Sepak Bola Madura yang Sangar Abis