4 Jasa Indonesia Pada Masjid Al Aqsa, Bukti Negara Kita Tidak Hanya “Bisu” Melihat Ketidakadilan

Tidak peduli apapuan keadaanya, Indonesia akan selalu ada bagi mereka yang membutuhkan

oleh Arief Dian
15:00 PM on Jul 26, 2017

Penembakan dan bentrokan yang terjadi di masjid Al Aqsa kemarin, membuat mata dunia kembali tertuju pada konflik Palestina dan Israel. Akibatnya beberapa negara mengecam keras apa yang dilakukan tentara Israel itu, termasuk Indonesia. Tidak ingin hanya diam, Indonesia siap membantu penyelesaian konflik baik secara moril maupun materil demi kedamaian di sana.

Sedikit menengok ke belakang, ternyata ini bukan kali pertama  Indonesia membantu warga Palestina di komplek Al Aqsha.  Mulai dari mengirim pasukan perdamaian hingga memberikan bantuan uang pernah Indonesia lakukan. Bisa dibilang Indonesia akan selalu ada kalau Palestina membutuhkan. Lalu jasa apa saja yang pernah dilakukan negara kita itu? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

Ada kayu dan ukiran orang Indonesia di masjid al Aqsa

Siapa sangka sejak dibakarnya beberapa bagian dari masjid al Aqsa pada tahun 60-an dulu ada campur tangan orang Indonesia dalam membangunnya kembali. Usut punya usut beberapa pengrajin Jepara sengaja dibawa ke masjid al Aqsa itu untuk membuat replika mimbar yang mirip dengan yang pernah di hancurkan.  Dengan keadaan konflik yang mencekam, kira-kira dibutuhkan waktu hampir empat tahun untuk merampungkan replika mimbar tersebut.

Mimbar al aqsa [image source]
Ternyata kelima warga Indonesia itu tidak sendirian, pasalnya beberapa negara muslim juga mengirimkan orangnya untuk membantu merenovasi kembali masjid bersejarah yang ada di Palestina itu. Meskipun sangat mendebarkan karena pernah ditangkap oleh pihak Israel, warga Indonesa dan kawan-kawan ini merasa bangga karena bisa membantu saudara muslim di sana.

Indonesia akan desak Dewan Keamanan PBB agar lebih tegas

Semenjak berita penembakan dan kerusuhan di masjid Al Aqsa, sepertinya hal itu juga membuat geram Indonesia. Adanya ketidakadilan tersebut membuat pemerintah harus melakukan tindakan. Salah satunya, para pejabat akan mengusulkan pengiriman pasukan perdamaian Indonesia ke Al Aqsa.

Presiden Jokowi [image source]
Selain itu, berdasarkan pidato presiden di salah satu universitas terkemuka Yogyakarta beberapa waktu lalu, Indonesia akan mendesak PBB untuk lebih tegas masalah ini. Pasalnya lembaga dunia itu seolah diam dan tidak peduli dengan konflik yang berkecamuk di Palestina itu. Indonesia mengutuk apa yang dilakukan oleh tentara Israel.

Indonesia memberikan buka puasa selama sebulan

Siapa sangka karena jasa Indonesia pula Ramadhan yang lalu warga Palestina bisa berbuka dengan nyaman di Masjid Al Aqsa. Diketahui ternyata negara kita ini menyumbang lebih dari Rp 2 Miliar untuk digunakan untuk buka puasa dan acara sosial lainnya di Palestina.

Buka Bersama al aqsa [image source]
Usut punya usut, warga Palestina dilarang berbuka di Masjid  Al Aqsha saat bulan Ramadhan oleh pihak Israel. Beruntung pada tahun ini larangan untuk berbuka di masjid itu dicabut, sehingga Indonesia bisa memberikan sumbangannya pada warga Palestina. Sudah bertahun-tahun menunggu, kini niatan membantu warga Palestina benar-benar terealisasikan.

Indonesia pernah kirimkan pasukan perdamaian

Saat konflik tahun 2014 lalu berkecamuk kembali  antara Palestina dan Israel, Indonesia tidak mau diam melihat hal itu. Salah satu upayanya adalah mengirimkan 1900 pasukan perdamaian yang siap menjaga ketegangan agar tidak semakin memanas. Salah tugas dari pasukan perdamaian ini adalah melindungi beberapa situs penting seperti masjid Al-Aqsa.

Tentara perdaimaian [image source]
Hal itu mungkin bisa terjadi lagi saat ini, mengingat sudah banyak usulan dari berbagai pihak untuk mengirimkan bantuannya pada Palestina. Bukan hanya itu, tidak menutup kemungkinan Indonesia akan mengirim kembali beberapa relawannya untuk membantu para warga Palestina yang terluka akibat bentrokan di Israel beberapa waktu yang lalu.

Keadaan yang terjadi di Al Aqsa memang sangat miris. Untuk itu Indonesia akan melakukan tindakan nyata dengan mengirimkan segala bantuan yang dibutuhkan. Indonesia akan berupaya terus hingga paling tidak Palestina mendapatkan kedamaiannya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA