in

Ipda Nadya Ayu, Baru Usia Kepala Dua namun Sudah Jadi Kapolsek Wanita Termuda di Indonesia

Punya jabatan yang tinggi tentunya impian semua orang, namun tak mudah untuk mencapainya. Dibutuhkan kerja keras yang luar biasa dan tak bisa dilakukan secara instan. Alhasil kadang untuk mencapai posisi yang diinginkan butuh bertahun-tahun lamanya. Meski sabar dan pantang menyerah untuk meraihnya.

Ipda Nadya Ayu Nurlia, mungkin salah satu orang yang berhasil punya jabatan tinggi di usia muda. Bagaimana tidak meski usianya baru kepala dua namun ternyata dia menjabat sebagai Kapolsek di Batang Gansal, Riau. Lalu bagaimana ceritanya? Biar gak penasaran simak ulasan berikut ini.

Menjadi kapolsek wanita termuda

Untuk menjabat sebagai kapolsek di suatu daerah, tentunya bukanlah hal yang mudah dan kadang butuh waktu yang lama. Namun ternyata jabatan tersebut bisa diraih juga oleh usia muda. Ya, Ipda Nadya Ayu telah membuktikannya dengan menjadi Kapolsek wanita termuda di Indonesia.

Ipda Nadya Ayu [sumber gambar]
Bagaimana tidak, pasalnya perempuan yang satu ini ternyata kelahiran tahun 1998 yang artinya masih berusia 23 tahun.  Ipda Nadya Ayu sendiri lulus dari akpol tahun 2020 dan menyandang gelar sarjana terapan kepolisian (S.Tr.K). Ya, meskipun masih muda, namun ternyata karena kerja kerasnya akhirnya Ipda Nadya bisa diangkat sebagai Kapolsek seperti sekarang ini.

Pernah menjadi seorang paskibra

Usut punya usut, perempuan yang satu ini ternyata dulu juga merupakan paskibraka. Hal itu terjadi tepatnya pada tahun 2014 dimana dirinya dipilih untuk mengibarkan sang saka merah putih di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Di saat itu pula dirinya kepikiran mengenai karir masa depannya.

Kapolsek wanita termuda [sumber gambar]
Nah, karena sudah pernah menjadi seorang paskibra, Nadya Ayu ingin menjadi seorang TNI atau polisi saja. Namun memang mungkin sudah jalannya, Nadya Ayu akhirnya memilih untuk menempuh tes dan pendidikan sebagai seorang polisi. Lantaran tak ada dari keluarganya yang merupakan polisi, Nadya Ayu akhirnya berjuang keras untuk bisa lolos dalam tesnya. Hingga akhirnya bisa seperti sekarang, menjadi polisi yang mengayomi.

Punya anggota yang lebih tua

Lantaran menjadi seorang kapolsek di usia muda, wajar kalau Ipda Nadya Ayu punya anggota yang usianya lebih tua dari dirinya. Dan benar, dilansir dari laman Suara, bahkan ada anggotanya yang umurnya sebaya dengan kakeknya.

Aktif di medsos [sumber gambar]
Namun dirinya mengaku harus pandai dalam memposisikan diri, selama saling menghormati maka perbedaan usia sejatinya bukanlah sebuah masalah. Kapolsek muda yang satu ini ternyata juga aktif di dunia maya, melalui akun instagramnya Ipda Nadya Ayu sering memposting foto tentang dirinya. Entah itu postingan pribadi hingga kegiatan yang sehari-hari mengenai tugasnya sebagai Kapolsek.

Harus menghadapi kasus yang serius

Menjabat sebagai Kapolsek tentunya juga harus ikut turun ketika kejadian yang genting terjadi. Pun demikian dengan Ipda Nadya Ayu yang baru menjabat dua minggu namun harus berhadapan dengan kasus pembunuhan. Adanya pelaporan penemuan mayat harus membuat dirinya turun tangan dan segera mencari pelakunya. 

Turun ke lapangan [sumber gambar]
Tak selang lama, pelaku pembunuhan tersebut pun ditangkap yang sempat bersembunyi di perumahan Divisi I PT PAL. Selain kasus pembunuhan, Ipda Nadya Ayu ternyata juga sempat mengungkap kasus narkoba yang terjadi di Batang Gansal pada 28 Agustus lalu. Hal ini membuktikan kalau jabatan yang tinggi maka makin besar pula tanggung jawab yang harus diselesaikan.

BACA JUGA: 10 Potret Briptu Ika Wulandari, Polwan Pemberantas Narkoba yang Bikin Hati Klepek-Klepek

Ipda Nadya Ayu mungkin jadi salah satu inspirasi untuk mewujudkan impian di usia muda. Selama ada tekad dan usaha yang keras, maka semuanya bisa tercapai juga. Dan jangan lupa untuk selalu menyelipkan doa.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Kenalan dengan Teuku Ryan Tunangan Ria Ricis, yang Nggak Cuma Ganteng tapi Juga Kaya Raya

Mertua Tendang Calon Menantu Saat Akad Nikah, Diduga karena Pengantin Pria Telat 6 Jam