5 Kelakuan Internet Troll Paling Keterlaluan

oleh Tetalogi
07:00 AM on Aug 2, 2016

Seperti manusia pada umumnya, netizen juga banyak sekali jenisnya. Ada yang memang tidak terlalu banyak tingkah dan biasa-biasa saja, tapi juga tidak sedikit yang usil dan bahkan terlalu kejam dengan keisengannya.

Para netizen yang suka mengganggu ini sering disebut dengan internet troll. Lewat media internet, mereka akan mengganggu dan berbuat semaunya kepada setiap sasarannya. Tapi, berikut inilah beberapa yang paling keterlaluan.

Baca Juga
5 Bahaya Menakutkan Mabuk Pakai Obat Batuk Dioplos Durian, Awas Klenger!
Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap

1. Mengganggu Pasangan yang Baru Kehilangan Anaknya Karena Diculik

Tahun 2007, seorang gadis berusia 3 tahun bernama Madeleine tiba-tiba menghilang diculik. Gerry dan Kate McCann, orang tua gadis tersebut menerima banyak pesan ancaman di media sosial yang menuduh bahwa mereka terlibat dalam penculikannya.

Brenda Leyland [Image Source]
Brenda Leyland [Image Source]
Salah satu pengguna Twitter, Brenda Leyland mengirimkan tweet tuduhan pada keduanya setidaknya sampai 400 kali dalam waktu 10 bulan. Pada tahun 2014, seorang reporter dari SkyNews menanyakan hal ini pada Leyland. Mereka bertanya mengapa dirinya mengirimkan pesan tweet seperti itu dan memberi tahu bahwa Scotland Yard sedang melakukan investigasi tentang masalah ini. Beberapa hari kemudian, Leyland bunuh diri.

2. Mengancam Mereka yang Tidak Percaya Tuhan

David Mabus diketahui pada tahun 1990 mengirimkan email ancaman ke beberapa ilmuwan dan atheis ternama. Pada tahun 2011, Mabus membuat ratusan akun Twitter dan mengganggu siapa saja yang meragukan keberadaan Tuhan.

Dennis Markuze [Image Source]
Dennis Markuze [Image Source]
Investigasi polisi akhirnya berhasil membuka identitas sesungguhnya dari internet troll tersebut sebagai Dennis Markuze, seorang pria dengan sejarah penyakit mental. Dalam penangkapan, Markuze mengancam polisi yang menangkapnya dan mengatakan bahwa hal yang sama akan terjadi pada mereka seperti apa yang terjadi dengan menara kembar atau WTC.

3. Menganggu Para Pedagang Kecil di Situs Jual Beli

Charles Fitch dari Michigan, Amerika Serikat menjalankan channel YouTube dengan nama Ebayisajoke. Di sana ia mengungkapkan teorinya bahwa perusahaan e-commerce tersebut hanyalah tipuan. Sasarannya adalah pebisnis kecil yang memanfaatkan situs ini. Ia ikut menawar dalam lelang di e-bay dan memberikan review buruk pada bisnis mereka.

Charles Fitch [Image Source]
Charles Fitch [Image Source]
Ia bahkan mengedit gambar dari penjual, membuat gambar tersebut seolah-olah berada di situasi yang mencurigakan, dan menyebarkan gambarnya secara online. Ketika Fitch berhasil dilacak oleh penyidik pada tahun 2013, ia menyangkal telah berbuat salah dan beralasan melakukan hal tersebut hanya untuk membongkar para penipu.

4. Menganggu Seorang Wanita Sampai Depresi

Lebih dikenal dengan nama weev, Andrew Auernheimer mulai dikenal karena sering melakukan trolling yang bersifat rasis dan seksis serta juga melakukan hacking. Tahun 2007, Weev kembali melakukan trolling kejam seperti ini yang menghancurkan karir seorang game developer besar, Kathy Sierra.

Andrew Auernheimer [Image Source]
Andrew Auernheimer [Image Source]
Ia memposting alamatnya secara online berikut nomor asuransinya dan menyebarkan rumor palsu bahwa ia adalah mantan pekerja seks. Akibatnya, Sierra menerima banyak ancaman mati dan membuatnya harus membatalkan banyak rencana dan berhenti memakai media sosial selama hampir 6 tahun.

5. Mengadu Domba Netizen Sampai Membuat Ide Terorisme

Joshua Goldberg dari Florida dikenal membuat banyak akun dalam forum diskusi dengan banyak nama yang berbeda. Dalam diskusi tersebut, ia akan mengambil posisi yang sangat ekstrim dan mengambil kedua posisi. Ia mendorong argumen-argumen panas terutama tentang topik seperti ras, gender, atau agama yang sangat berpotensi menyinggung orang lain.

Joshua Goldberg [Image Source]
Joshua Goldberg [Image Source]
Persona onlinenya yang paling kontroversial adalah sebagai seorang radikal Islam yang menyebarkan kebencian anti negara Barat. Tahun 015, Goldberg ditangkap karena menggunakan persona ini untuk mencoba memunculkan terorisme karena ia dituduh memberikan saran pada ekstrimis untuk memasang bom di monumen 9/11 di Kansas.

Tidak jelas apa sebenarnya yang ada di pikiran seseorang yang memutuskan untuk mengganggu orang-orang yang bahkan tidak dikenalnya di dunia maya. Tapi yang harus kamu ingat, siapapun yang berada di dunia maya sebenarnya sangat bisa dilacak dengan mudah. Jadi, berhati-hatilah dengan apa yang kamu katakan di dunia maya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren!
BACA JUGA