Inilah Bahayanya Makan Tiga Kali Sehari

oleh Ayu
13:15 PM on Mar 11, 2015

Indonesia adalah negara yang penduduknya paling sering makan tiga kali sehari. Kita juga terbiasa mengonsumsi nasi putih di setiap jam makan. Namun, sehatkah kebiasan makan ini?

Ternyata studi ilmiah menunjukkan adanya beberapa dampak membahayakan dari kebiasaan makan tiga kali sehari yang biasa kita lakukan. Di antaranya adalah kemungkinan obesitas yang tinggi dan serangan penyakit berat seperti diabetes maupun stroke. Dilansir dari Dailymail, justru kebiasaan makan yang lebih dianjurkan adalah dengan menyelipkan kebiasaan berpuasa dan mengatur kembali pola makan yang kita miliki.

Baca Juga
5 Fakta Gedung BEI, Bangunan Megah yang Kemewahannya Bukan Hanya Hisapan Jempol
5 Fakta Sri Wahyuni Manalip, Si Bupati Cantik Asal Talaud yang Terancam ‘Lepas Seragam’

Kebiasaan makan tiga kali sehari mempercepat resiko obesitas dan penyakit berat via Asiantown

Sebuah jurnal Cell Metabolism menjabarkan bahwa uji coba makan setiap 8-9 jam sekali bisa membantu menurunkan berat badan. Uji coba ini dilakukan pada seekor tikus yang mengalami obesitas. Sementara itu, University of Southern California menjelaskan bahwa kebiasaan puasa 2-4 hari per enam bulan bisa membantu meningkatkan imunitas dan metabolisme lebih baik. Hal ini karena tubuh mengalihkan sistem tubuh menjadi sistem bertahan hidup yang membuat kekebalan tubuh meningkat

Makan sebanyak 3 kali sehari sebenarnya bisa tidak membahayakan, asalkan kita benar-benar menakar dan mengetahui apa yang kita makan. Bahkan sebenarnya, kita lebih disarankan makan 6 kali sehari. Yakni 3 kali makan utama dan 3 kali makan kudapan.

Namun, memang sebaiknya tidak semua sesi makan utama menggunakan nasi putih, karena bisa meningkatkan resiko obesitas dan diabetes. Variasi makan karbo dengan nasi merah, jagung, ubi atau sumber karbohidrat lain lebih disarankan. Jeda antara jam makan dan konsumsi makanan satu dengan yang lainnya juga sebaikya diperhatikan.

Bayangkan kalau Anda baru saja makan burger sejam lalu dan kini akan memasukkan nasi gudeg ke dalam perut. Anda akan cepat kekenyangan, mengantuk dan pencernaan akan terbebani habis-habisan. Saat pencernaan bekerja keras, biasanya tubuh akan menurunkan power dan hal ini bisa membuat kita mudah terserang penyakit atau virus.

Meski makan tiga kali sehari sudah menjadi kebiasaan, tak semua yang biasa itu menyehatkan. Jadi evaluasi lagi pola makan kita dan tak ada salahnya menjalankan puasa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kita miliki.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia 4 Surga Dunia yang Tersembunyi di Indonesia Ini Bakal Bikin Negara Tetangga Sirik! 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 4 Fakta Caddy, Wanita Cantik di Lapangan Golf yang Buat Dengkul Para Pria Lemes Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 5 Kata yang Punya Arti Beda Jika Kamu Ucapkan di Medan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya
BACA JUGA