Ini Penjelasan Ilmiah Suara Mirip Terompet Dari Langit

oleh Adys Disty
03:08 AM on Jun 3, 2015
Foto Ilustrasi via liputan6
Foto Ilustrasi via liputan6

Belakangan ini masyarakat dihebohkan dengan beredarnya rekaman suara misterius mirip terompet yang terdengar dari berbagai dunia. Meski sejumlah rekaman menunjukkan tahun yang berbeda-beda, tetap saja masih belum ada jawaban tepat mengenai asal suara seperti terompet yang terdengar dari langit.

Fenomena ini sebenarnya bukanlah hal yang aneh di Amerika dan Eropa. Sejumlah penelitan tentang suara ini sudah beberapa kali dilakukan. Komunitas peneliti bahkan telah menamai fenomena ini dengan sebutan “The Hum”. Sejumlah ilmuwan dari beragam disiplin ilmu dan organisasi mencoba menerka darimana asal suara termasuk bunyi yang dikeluarkan. Walau masih berbeda pendapat, mereka mempunyai satu kesamaan jawaban yakni suara tersebut bukan datang dari luar angkasa.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Bagi sebagian peneliti, The Hum mungkin bersumber dari gelombang suara yang dihasilkan peralatan berat. Hal ini dapat dilihat dari kasus kotaKokomo, Indiana yang merupakan kota industri. Para peneliti mencurigai sepasang kipas angin raksasa di pabrik Daimler Chrysler dan kompresor udara di pabrik milik Haynes International. Sedangkan dalam kasus Bristol, para peneliti mencurigai suara dengungan datang dari pabrik-pabrik di Avonmouth.

Ahli Geologi asal Azerbaijan Elchin Khaliov telah melakukan analisa terhadap sejumlah video dan menemukan fakta bahwa sebagian besar suara itu berasal dari spektrum yang terletak di kisaran infrasonik. Suara itu merupakan emisi akustik di frekuensi rendah dalam kisaran antara 20 Hz hingga 100 Hz yang dimodulasi oleh gelombang infrasonik ultra rendah 0,1 Hz sampai 15 Hz.Dalam ilmu geofisika, ini disebut gelombang akustik gravitasi yang terbentuk di bagian atas atmosfer khususnya pada batas atmosfer dan ionosfer.

Sedangkan dalam Journal Geophysical Research Letters, sekelompok peneliti mengaku telah berhasil memecahkannya misteri ini. Suara dengungan dihasilkan oleh benturan gelombang laut, namun bukan gelombang laut yang memecah pantai melainkan gelombang laut yang berbenturan dengan dasar samudera. Suara dengungan itu tercipta ketika dua gelombang berfrekuensi sama, namun berbeda arah bertemu lalu saling berbenturan dan menciptakan gelombang tekanan tertentu yang bergerak dengan kecepatan tinggi ke dasar samudera.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA