5 Hal Gila ini Bisa Terjadi Kalau Indra Pembaumu Hilang

oleh Adi Nugroho
16:00 PM on Jan 23, 2016

Salah satu panca indera yang sering kali dilupakan adalah indera pembau. Hal ini terjadi karena banyak orang merasa tak begitu membutuhkan indera pembau sebanyak membutuhkan indra penglihatan dan pendengar. Padahal, indera pembau juga merupakan bagian yang penting dalam hidup hingga jika kehilangan hal ini akan membuat kita jadi kesusahan.

Berikut lima hal gila yang akan terjadi jika indra penciuman hilang. Mungkin awalnya sih bisa biasa saja, namun lama-lama kamu bisa menderita. Coba deh simak.

Baca Juga
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya

1. Bermasalah dengan Orang Sekitar

Salah satu gangguan yang menyebabkan seseorang tidak bisa merasakan bau adalah anosmia. Gangguan ini benar-benar mematikan sense merasakan bau dan membuatmu tak merasa terganggu meski berada di dekat tumpukan sampah. Gangguan anosmia lambat laun akan mulai menjadi masalah jika diketahui oleh orang di sekitar, terutama teman-teman yang ada di lingkungan sekolah atau kampus.

Bermasalah dengan orang lain akibat kentut [image source]
Bermasalah dengan orang lain akibat kentut [image source]
Tanpa merasa kasihan, mereka pasti akan membuat guyonan seperti ini: kalau aku kentut di depan di depan mukamu nggak akan bau kan? Hal-hal seperti ini akan menjadi masalah. Bahkan ada yang berlanjut pada tindakan bully. Gangguan seperti ini bukan untuk ditertawakan atau dibuat lelucon.

2. Bermasalah dengan Sanitasi Tubuh

Bau badan adalah salah satu indikator yang bisa menunjukkan apakah seseorang memiliki sanitasi baik atau tidak. Bau badan yang menyengat adalah hal yang tidak menyenangkan bagi seorang penderita anosmia. Pasalnya mereka tidak akan bisa membaui badan mereka yang bau meski orang lain sudah mulai terganggu.

Bermasalah dengan bau tubuh [image source]
Bermasalah dengan bau tubuh [image source]
Orang dengan gangguan anosmia biasanya suka “parno” dengan bau tubuhnya. Mereka akan rajin mandi atau menyemprotkan banyak pewangi pada tubuhnya. Hal ini dilakukan agar bau badan yang menyengat tidak mengganggu orang lain yang ada di sekitarnya. Jika sampai bau badan tetap ada, maka ia akan dianggap tidak mandi atau memiliki pola hidup yang sangat jorok hingga bau badannya terus menguar.

3. Makanan Menjadi Sesuatu yang Mengerikan

Seseorang yang mengalami anosmia akan kehilangan 75% kemampuannya untuk merasakan makanan. Coba bayangkan kamu sedang memakan apel yang manis namun mendadak rasanya tawar seperti mengunyah styrofoam. Atau sedang minum es jus mangga yang asam manis namun hanya terasa seperti air tawar yang kental. Mengerikan sekali bukan?

Makan junk food juga terasa hambar [image source]
Makan junk food juga terasa hambar [image source]
Kamu mungkin pernah merasakan gangguan ini saat flu. Biasanya orang yang sedang flu dan indra pembaunya tak berfungsi dengan baik, apa saja yang dimakan jadi tidak enak. Akhirnya kamu memilih tidak makan dan banyak minum air. Seorang dengan gangguan ini sejak lahir atau karena operasi di hidung mengalaminya seumur hidup. Makanan adalah hal yang penting karena merupakan sumber energi. Jika seseorang tidak makan karena tidak bisa merasakan rasa, maka ia bisa jadi seseorang yang sangat kurus dan mengalami malnutrisi.

4. Tidak Bisa Merasakan Adanya Bahaya

Indera pembau adalah indera yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui hal-hal yang tak diketahui mata dan telinga. Biasanya berupa partikel gas yang tak memiliki warna. Seseorang yang tidak bisa merasakan bau bisa mengamati bahaya misal ada saluran gas yang bocor dan akan meledak dengan mengerikan jika terkena satu percikan api. Orang yang tidak bisa membaui sesuatu akan menganggap jika bau aneh sama halnya udara yang ia hidup.

kalau ada LPG bocor enggak tahu [image source]
kalau ada LPG bocor enggak tahu [image source]
Selain itu, seorang yang tidak bisa merasakan bau tidak akan tahu apakah makanan yang akan dimakan masih bagus. Kadang makanan menimbulkan bau yang tidak sedap meski secara penampakan tidak berubah. Selain itu mereka juga tidak bisa membedakan mana rasa makanan yang masih bagus atau makanan yang sudah basi. Jika hal ini terjadi kamu bisa terkena gangguan perut setiap hari.

5. Bisa Mengalami Depresi

Hal paling mengerikan dan gila yang bisa dirasakan seseorang saat tidak bisa membaui sesuatu adalah depresi. Situasi depresi bisa dialami oleh seseorang yang mendadak kehilangan indera pembau padahal sebelumnya tidak pernah ada gangguan. Bagi orang yang mengalami gangguan ini akibat anosmia sejak kecil mungkin sudah terbiasa dan bisa menyesuaikan diri dengan keadaannya.

Bisa Mengalami Depresi [image source]
Bisa Mengalami Depresi [image source]
Seorang yang kehilangan indera pembaunya akan merasa jika hidupnya telah berubah dengan sangat drastis. Urusan makan yang jadi tidak mengenakkan, masalah sanitasi tubuh, hingga olokan orang lain bisa membuat mereka berpikir terlalu keras. Akibatnya, depresi akan terjadi secara perlahan-lahan. Sesuatu yang awalnya hanya berurusan dengan bau mendadak jadi sangat kompleks kan?

Inilah lima hal gila yang bisa terjadi jika kamu kehilangan indera pembau. Mengerikan sekali bukan? Sekarang kita tahu jika semua panca indera di tubuh sangat berharga. Kekurangan satu indera saja bisa membuat kita semua mengalami gangguan pada hidup.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA