in

4 Hal Mengerikan yang Akan Terjadi Bila di Indonesia Turun Salju

Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang hanya bisa merasakan musim hujan dan kemarau. Banyak orang Indonesia yang pasti sempat merasa iri dengan negara lain yang memiliki empat musim. Iri ingin juga menikmati indahnya musim semi atau membuat boneka salju saat musim dingin. Berbicara mengenai musim salju pernahkah kamu membayangkan apa yang terjadi bila negara kita turun salju?

Hal itu sebenarnya bukan tidak mungkin untuk terjadi. Jangankan salju, beberapa waktu yang lalu banyak daerah di Indonesia yang dihujani oleh es batu dari langit. Salju cukup mungkin terjadi di Indonesia, seperti ketika di Timur Tengah juga merasakan hal yang sama. Tapi, alih-alih menyenangkan, munculnya salju di negara kita malah bisa dibilang buruk. Ya, jelas ini adalah semacam hal yang tidak wajar dan biasanya sesuatu yang tak semestinya adalah tanda bahwa sedang terjadi hal buruk.

Lalu, apa saja akibat yang bakal terjadi kalau di Indonesia turun salju? Simak ulasannya berikut.

Umur bumi sudah tak lama lagi

Isu mengenai global warming atau pemanasan global yang semakin parah sudah bukan rahasia lagi. Hampir setiap hari para ilmuwan memberikan informasi mengenai es di kutub yang mencair atau perubahan iklim yang ekstrim di beberapa tempat di dunia. Dan bila sampai ada kejadian bahwa sejumlah negara tropis termasuk Indonesia mengalami fenomena hujan salju tentu saja itu bisa mengindikasikan kasus pemanasan global sudah sangat parah.

Ilustrasi global warming [image source]
Perubahan musim yang dialami oleh negara-negara di dunia itu salah satunya merupakan efek dari rotasi dan revolusi bumi serta kondisi bumi. Sekarang coba pikirkan ketika negara tropis seperti Indonesia kedatangan salju kira-kira apa yang telah terjadi di permukaan bumi. Tentu itu adalah salah satu bukti bahwa umur planet ini semakin pendek saja dan kemungkinan hal buruk lainnya akan terjadi semakin besar termasuk datangnya kiamat.

Beberapa daerah Indonesia akan kekurangan air

Meskipun Indonesia merupakan negara kepulauan, tapi masih ada beberapa daerahnya yang tidak memiliki banyak alternatif sumber air. Misalnya di beberapa daerah timur masih ada lokasi yang mengandalkan satu sumur air untuk persediaan masyarakat satu desa. Bayangkan apa yang terjadi bila musim dingin datang?

Ilustrasi sungai beku [image source]
Sumur-sumur atau sumber air satu-satunya tersebut seketika akan membeku. Jika hal itu terjadi kemana masyarakat dapat mencari persediaan air selanjutnya? Masalah ketersediaan air di daerah ini kemudian dapat menjadi hal yang besar. Belum lagi bila musim dingin tadi berlangsung dalam waktu yang lama. Siapa yang bisa diandalkan untuk memberikan mereka air?

Banyak masyarakat menderita hipotermia

Orang Indonesia selama ini sudah sangat terbiasa dengan cuaca sedikit panas sehingga persediaan pakaian hangat yang dimiliki pastinya juga terbatas. Saat salju turun, temperatur cuaca seketika akan turun drastis, banyak masyarakat kita yang tidak bisa menghangatkan dirinya dengan baik hingga akhirnya menderita hipotermia.

Ilustrasi hipotermia [image source]
Para penderita hipotermia sepertinya akan lebih banyak berasal dari mereka para pengemis ataupun gelandangan yang membeli baju untuk sehari-hari saja tidak mampu apalagi menyediakan baju untuk musim dingin? Kalau pun mereka mendapat pemberian baju, tempat tinggal yang ‘minimalis’ juga akan sulit menghalau hawa dingin dari luar rumah. Bila tidak cepat ditangani penderita hipotermia akan mengalami kematian.

Perekonomian negara melemah

Bagi mayoritas orang Indonesia musim dingin dan salju adalah hal yang baru dan banyak masyarakat yang belum tahu bagaimana cara menghadapinya. Bila lingkungan di luar rumah tidak mampu mereka lalui, itu tentunya akan berdampak pada perekonomian negara. Bayangkan bila banyak orang ragu berangkat menuju tempat kerja mereka karena khawatir hal buruk terjadi.

Perekonomian melemah [image source]
Tentu saja beberapa pusat perekonomian negara akan lumpuh sampai sang pegawai sudah siap kembali bekerja. Tidak hanya di sektor besar, kegiatan jual beli di pasar-pasar juga akan berhenti karena bahan makanan yang dijual kualitasnya dan kuantitas akan menurun. Nelayan mana yang sanggup melaut bila lautnya beku, dan petani mana yang bisa panen bila lahannya tertutup salju?

Ternyata salju tak hanya dapat memberikan keceriaan seperti yang biasa dilihat di tayangan televisi, tetapi malah bisa menyebabkan bencana untuk negara kita. Bagaimanapun juga kita harus tetap waspada terhadap setiap perubahan yang ada di dunia ini baik itu dari segi fenomena alam maupun fenomena sosial.

Written by Faradina

Leave a Reply

Menguak Potret Kebejatan Pompeii Hingga Tuhan Mengakhiri Peradaban Mereka

Mengintip Keindahan Shincheng, Atlantis dari Timur yang Bikin Tercengang