5 Hal Ini Harus Dilakukan Indonesia Kalau Perang Dunia III Benar-Benar Pecah

oleh Rizal
07:00 AM on Oct 19, 2016

Rumor soal bakal pecahnya Perang Dunia III belakangan makin sering jadi pembicaraan. Rusia dan Amerika, dua negara ini diduga mulai membuat percikan-percikan kecil yang dikhawatirkan bakal menjadi sesuatu besar. Belum lagi soal keterlibatan mereka di konflik-konflik yang ada sekarang.

Perang Dunia III, tentu kita tak pernah berharap ini akan benar terjadi. Tapi, sayangnya, kemungkinan ke arah sana itu ada. Apalagi kedua negara adidaya itu seakan sudah mempersiapkan segalanya. Yang jadi pertanyaan selanjutnya bagi kita seumpama kengerian itu benar akan terjadi adalah, Indonesia harus bagaimana? Apa yang harus kita lakukan jika benar-benar terjadi Perang Dunia III?

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Akan sangat konyol kalau Indonesia mengambil langkah ekstrem dengan berpartisipasi dan mendukung salah satu pihak. Alih-alih melakukan itu, ini lho hal-hal yang harus kita lakukan jika konflik hebat itu terjadi.

Pemerintah Harus Segera Siapkan Wajib Militer

Indonesia mungkin tidak ikut berpartisipasi dalam Perang Dunia III, tapi hal tersebut bukan jadi alasan untuk nggak memperkuat pertahanan sendiri. Semua bisa terjadi dalam perang dunia, apalagi kalau berkaca pada konflik serupa puluhan tahun lalu.

Ilustrasi wajib militer [Image Source]
Ilustrasi wajib militer [Image Source]
Ada banyak cara yang bisa dilakukan Indonesia untuk memperkuat militernya. Salah satunya dengan mengadakan wamil alias wajib militer. Indonesia butuh semua orang penduduknya untuk menjaga negeri yang luas ini. Bukan hanya 400 ribu tentaranya saja. Wajib militer ini kalau sukses akan mampu menyumbang pertahanan kita sampai puluhan juta pasukan.

Alihkan Sementara Dana untuk Militer

Perang Dunia III bukan agenda ecek-ecek yang boleh ditanggapi dengan remeh. Bagi kita yang tak terlibat di dalamnya, perlu juga untuk semakin menguatkan ranah militer untuk berjaga-jaga akan kemungkinan terburuk. Selain dengan wamil tadi, cara lainnya adalah dengan mengalokasikan semua dana untuk militer.

Alihkan dana untuk alutsisa [Image Source]
Alihkan dana untuk alutsisa [Image Source]
Kita butuh menguatkan sisi militer negeri ini. Biar kejadian buruk di masa penjajahan nggak terulang kembali. Dengan suntikan dana yang besar kita jelas bisa melakukan hal itu. Dananya sendiri bisa dimanfaatkan untuk membeli alutsista atau membiayai produksi peralatan perang dalam negeri.

Bertahan dan Tidak Memilih Salah Satu Pihak

Ya, sikap terbaik dalam konflik global tersebut adalah diam dan bertahan. Hal ini akan membuat kita berada di pihak tengah-tengah. Jadi, kemungkinan diserangnya akan kecil bahkan tidak sama sekali. Sikap seperti ini juga pernah kita tonjolkan dalam konflik Soviet-AS pasca Perang Dunia II dulu.

Bertahan dan tidak memihak [Image Source]
Bertahan dan tidak memihak [Image Source]
Kita memang tidak perlu menunjukkan sikap condong ke salah satu pihak. Pasalnya, hal tersebut akan berakibat fatal bagi Indonesia. Contoh gampangnya adalah seumpama Indonesia lebih condong ke Rusia, maka AS bisa menganggap kita sebagai kroni musuhnya. Dalam hal ini, itu bisa jadi lampu hijau bagi Paman Sam untuk sekalian pula menyerang Indonesia. Tetap netral dan tengah-tengah dalam sebuah konflik yang bukan urusan kita adalah jalan terbaik.

Segera Mungkin Selamatkan Aset Luar Negeri Kita

Begitu tahu akan muncul perang, langkah terbaik selanjutnya yang harus dilakukan Indonesia adalah tarik semua aset luar negeri. Perang takkan lagi memandang yang bukan haknya, dan sangat mungkin milik Indonesia di luar sana akan diklaim. Kalau sudah terjadi, kita pun takkan bisa berbuat apa-apa.

Selamatkan aset di luar negeri [Image Source]
Selamatkan aset di luar negeri [Image Source]
Ketika perang terjadi maka selamatkan diri sendiri adalah yang terpenting. Salah satunya ya termasuk kekayaan luar negeri. Dengan kembalinya aset luar negeri, hal tersebut setidaknya bisa membuat Indonesia lebih tenang dan fokus.

Jangan Tergoda Gelitikan

Meskipun secara garis besar Perang Dunia hanya menghadapkan Rusia dan AS, tapi pada kenyataannya kejadian ini pasti akan melibatkan banyak negara. Atas nama persahabatan, blok, dan sekutu, Perang Dunia III pasti bakal diikuti banyak negara. Entah itu oleh Korut, Tiongkok, Israel, bahkan negara-negara Timur Tengah. Di masa ini, kedua belah pihak mungkin akan melakukan serangan rayuan kepada negara-negara tengah untuk berpihak. Dalam hal ini, Indonesia juga pasti jadi targetnya.

Jangan tergoda ajakan [Image Source]
Jangan tergoda ajakan [Image Source]
Ketika sedang dirayu seperti ini, sikap terbaik tentu tidak luluh dan kemudian ikut. Alih-alih melakukan itu, Indonesia harus tegas soal sikap netralnya. Masuk dalam salah satu pihak otomatis menjadikan Indonesia kontestan. Kalau hal tersebut terjadi, Indonesia pasti Berantakan.

Perang Dunia III, semoga ini hanya gertak sambal saja alias jangan pernah sampai terjadi. Dan seumpama memang harus pecah, maka Indonesia harus menentukan sikapnya. Seperti ulasan di atas, tak hanya dengan memilih netral, tapi juga memperkuat pertahanan militer karena perang takkan pernah bisa diduga.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA