5 Manfaat Besar ini Bisa Didapatkan Indonesia Jika Berkawan Baik Dengan Israel

oleh Rizal
07:00 AM on Apr 29, 2016

Membicarakan hubungan antara Israel dan Indonesia itu seperti melihat dua orang kasmaran tapi malu-malu kucing. Di depan banyak orang bilang tidak, tapi di balik itu keduanya justru sangat akrab. Indonesia tak pernah punya hubungan bilateral, tapi dalam beberapa hal kita dan Israel adalah teman. Salah satu buktinya adalah kegiatan ekspor impor di tahun 2014 lalu yang nilainya sendiri mencapai $138 juta.

Wacana untuk berkawan dengan Israel sebenarnya sudah ada sejak dulu. Sayangnya, hal tersebut terganjal dalam proses realisasinya. Seperti yang kamu tahu, hampir mayoritas penduduk negeri ini menolak Israel terkait apa yang dilakukan mereka terhadap Palestina hingga hari ini. Bahkan Presiden Soekarno sendiri pernah mengecam Israel gara-gara hal itu. Sebenarnya perlu tidak sih kita bersahabat dengan Israel? Urgensinya memang tak ada, namun jika terealisasi akan banyak manfaat yang bakal didulang Indonesia.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Nah, berikut adalah beberapa hal besar dan bermanfaat yang mungkin akan terjadi jika Indonesia dan Israel berkawan baik secara resmi.

1. Bisa Bikin Militer Indonesia Makin Jemawa

Israel memang hanya negara kecil, tapi soal militer mereka benar-benar edan. Kalau dilihat dariĀ  peringkatnya berdasarkan data Global Fire Power, mereka ada di peringkat 11. Persis satu peringkat di atas Indonesia. Yang membuat militer Israel kuat salah satunya adalah alutsista mereka yang sangar dan canggih. Bahkan mereka adalah produsen untuk beberapa alutsista khusus.

Alutsista TNI buatan Israel
Alutsista TNI buatan Israel

Indonesia sendiri beberapa kali kepincut dengan alutsista Israel. Misalnya pesawat A4-Skyhawk serta senjata-senjata riffle seperti UZI. Namun, semua pembelian kita ke Israel selalu kucing-kucingan. Alasannya karena Indonesia tak punya hubungan bilateral. Bayangkan seumpama kita berkawan resmi dengan Israel, maka Indonesia dengan mudah akan bisa saling membeli dan perkuat persenjataan. Bisa jadi lantaran hal ini militer Indonesia bisa jadi lebih kuat.

2. Ekonomi Indonesia Mungkin Bisa Melesat

Indonesia dan Israel pernah beberapa kali terlibat hubungan dagang. Hal tersebut bisa jadi indikator kalau hubungan ini menguntungkan. Padahal sekali lagi, Indonesia tidak memiliki hubungan resmi dengan negara Yahudi itu. Jika tanpa legalitas saja keduanya sudah beberapa kali melakukan transaksi besar dan menguntungkan, maka bayangkan jika hubungan ini diresmikan.

Perekonomian Indonesia melesat [Image Source]
Perekonomian Indonesia melesat [Image Source]
Sangat tidak menutup kemungkinan bisnis kedua negara ini akan melesat. Khususnya Indonesia, kita akan punya pangsa pasar baru untuk memasarkan produk-produk dalam negeri. Sebaliknya, Israel juga punya tempat legal untuk melakukan hal yang sama.

3. Teknologi di Indonesia Bisa Maju Dengan Pesat

Tak dipungkiri Israel adalah negara dengan perkembangan teknologi paling edan. Negara ini produktif sekali menciptakan hal-hal sangar yang dampaknya mendunia. Waze, Intel, adalah beberapa dari banyaknya produk mereka yang dipakai miliaran orang di dunia. Tak hanya itu tentu saja, hingga saat ini mereka terus berkreasi dalam hal-hal teknologi yang mungkin kita tak pernah tahu sudah sejauh apa.

Intel, bukti majunya Israel [Image Source]
Intel, bukti majunya Israel [Image Source]
Berteman dengan Israel kita jelas akan kecipratan pintarnya mereka. Hal ini sungguh bagus untuk kemajuan IPTEK kita. Dengan bantuan Israel kita mungkin bisa melakukan hal-hal yang lebih sangar lagi di bidang teknologi. Indonesia mungkin juga bisa mengirim anak-anak muda untuk belajar di sana, lalu ketika kembali mereka akan bermanfaat besar bagi bangsa.

4. Pengaruh Indonesia Makin Mendunia

Bukan rahasia lagi kalau Israel itu pengaruhnya sangat kuat. Mereka ada di balik sistem-sistem yang mengontrol dunia. Makanya, mereka seperti seakan ditakuti walaupun negara-negara di dunia tak secara nyata menunjukkan hal tersebut. Jadi, bisa dikatakan ketika kita berteman baik dengan Israel, maka Indonesia pasti kecipratan juga pengaruhnya.

Pengaruh Indonesia makin mendunia [Image Source]
Pengaruh Indonesia makin mendunia [Image Source]
Indonesia mungkin akan lebih dihormati dan disegani lebih dari sekarang. Keputusan kita di PBB mungkin akan lebih didengarkan dan sebagainya. Bahkan mungkin gara-gara pengaruh yang besar, Tiongkok tak berani lagi usik laut China Selatan, atau mungkin Malaysia yang akan sungkan kalau cari gara-gara.

5. Kita Bisa Jadi Sahabat Baik Amerika

Entah apa yang terjadi, namun sangat terlihat kalau Amerika tunduk kepada Israel. Buktinya, AS seolah tak bergeming ketika Israel gempur Gaza. Padahal mereka biasanya berkoar-koar kalau ada masalah krisis kemanusiaan seperti itu. Tak hanya itu, AS sendiri juga bolak balik melindungi Israel dengan berbagai macam sikap solidaritas yang ditunjukkannya.

Jokowi dan Obama [Image Source]
Jokowi dan Obama [Image Source]
Berteman dengan Israel, kemungkinan besar kita akan berteman pula dengan AS. Selama ini memang sudah berteman, tapi ketika Israel masuk ke jaringan kita, AS mungkin lebih intens lagi dengan Indonesia. Bagi Indonesia sendiri hal ini bisa dibilang menguntungkan, karena diakui atau tidak, AS adalah negara hebat dan besar, serta punya pengaruh kuat di dunia.

Gus Dur pernah ingin berencana membuka hubungan bilateral. Namun hal tersebut ditentang banyak orang, terkait dengan kejahatan negara Yahudi tersebut di Palestina. Namun, terlepas dari itu, sangat besar keuntungannya bagi kita jika bisa berteman baik dengan Israel. Lima hal di atas mungkin hanya sebagian kecil yang bisa kita dapatkan. Jadi, menurutmu apakah kita memang harus membuka hubungan bilateral dengan Israel?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA