Miris, 4 Daerah di Indonesia Ini Ternyata Merupakan Pemasok Ganja Dunia

Kualitas tanaman ganja Indonesia mereka bilang yang nomor satu

oleh Arief Dian
19:00 PM on Mar 27, 2017

Fakta bahwa Indonesia menjadi pasar narkoba nomor satu di Asia tenggara memang bikin tercengang. Namun hal tersebut sebenarnya bukan satu-satunya hal buruk yang ada. Ya, kalau kamu belum tahu, Indonesia ternyata juga merupakan rumah dari beberapa kebun ganja terbesar. Benar-benar luar biasa ya.

Di beberapa tempat di Indonesia, tanaman-tanaman bahan dasar narkoba ini sebenarnya memiliki izin. Mengingat ganja tersebut juga merupakan bahan dasar obat-obatan medis seperti bius. Namun sayang, beberapa oknum menanamnya tanpa izin untuk dijual sebagai narkotika. Soal penanaman ganja, beberapa tempat di Indonesia bahkan dikenal sebagai ladang terluas dari si narkotika tersebut. Lalu, tempat-tempat mana saja di Indonesia yang diketahui pernah menjadi lahan ganja terbesar? Simak ulasannya berikut.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Aceh, kebun ganjanya seluas ratusan lapangan sepak bola

Daerah satu ini sudah sangat terkenal sebagai pemasok ganja dunia. Di Aceh kurang lebih ada 200 an hektar lahan yang tersebar di berbagai titik. Sebenarnya ganja di Aceh juga digunakan untuk pembuatan obat medis, namun sangat banyak oknum-oknum yang menyalahgunakannya dan menjualnya sebagai bahan narkotika. Di Aceh sendiri ganja juga kadang dikonsumsi sebagai makanan. Tapi jangan bayangkan kalau bakal mabuk dan sakauw seperti saat menggunakan narkotika.

Ganja Aceh [image source]
Ganja dari Aceh ini dikenal sangat mahal dan bahkan dijuluki sebagai salah satu yang terbaik. BNN sudah membatasi produksi ganja di Aceh dengan membakar ladang ganja di beberapa titik, sebagian dibiarkan untuk kebutuhan medis.

Kebun ganja di Bengkulu luar biasa luas

Pada tahun 2015, ditemukan ladang ganja di sebuah hutan lindung Bengkulu dengan luas area hingga 5,5 hektare. Satu tahun berikutnya Polisi juga menemukan 2 hektare ladang ganja di kawasan bengkulu. Ternyata bengkulu juga merupakan pemasok ganja di dunia. Meskipun kualitas ganja di Bengkulu ini merupakan yang nomor dua di Indonesia, namun tetap dianggap barang berkelas dunia.

Ganja Bengkulu [image source]
Tanah di Indonesia memang dikenal subur dan mampu menghasilkan ganja-ganja dengan kualitas terbaik. Di Bengkulu pun demikian pula. Makanya kemudian harganya juga tak kalah saing dengan ganja luar negeri. Tentu ini bukan prestasi yang harus dikagumi ya.

Di Jambi juga pernah ditemukan kebun ganja super luas

Setahun yang lalu polisi menemukan beberapa ladang ganja di beberapa titik di Kerinci Jambi. Ditemukannya ladang tersebut awalnya karena tidaksengajaan karena polisi sedang menangani kasus penculikan anak. Namun tersangka tertangkap tangan membawa sebuah ganja, akhirnya polisi menelusuri dari mana dia mendapatkan ganja-ganja tersebut.

Ganja Jambi [image source]
Ternyata di beberapa titik di Kerinci ditemukan ladang ganja. Bukan hanya di Kerinci, ladang ganja juga ditemukan di daerah Ujung Ladang, Jambi. Polisi segera memeriksanya dan melenyapkan ladang-ladang ganja ilegal itu. Polisi juga mengamankan 41 paket daun ganja yang siap kirim dari daerah tersebut.

Sumatera Utara

Tepatnya kabupaten Mandailing, ditemukan kurang lebih ada 60 hektare. Yang lebih mencengangkan ladang ganja tersebut ditemukan di dekat lapangan latihan TNI. Dengan luas ladang sebesar itu, Sumatera Utara menjadi salah satu pemasok terbesar di dunia selain Aceh.

Ganja Sumut [image source]
Masih belum diketahui sampai sekarang siapa pemilik ladang ganja tersebut. Namun kualitas dari ganja Sumatera Utara ini juga dikategorikan cukup bagus. Kemungkinan masih banyak lagi ladang ganja yang masih belum ditemukan oleh pihak kepolisian di daerah Mandailing Natal ini.

Agak dilematis memang untuk persoalan perganjaan ini. Di satu sisi ia begitu dibutuhkan di dunia medis, tapi di sisi lain eksistensi ganja malah disalahgunakan. Langkah terbaik memang adalah mengawasi. Maksudnya concern dengan ganja yang dipakai untuk medis, sedangkan yang di luar itu harus diberangus biar tidak menimbulkan hal-hal buruk. Jangan tanya berapa orang yang rusak hidupnya gara-gara benda satu ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA