in

Mengintip Perbandingan Militer Antara Indonesia dan Arab Saudi, Mana yang Lebih Hebat?

Berbicara soal kekayaan dan kemakmuran, memang harus kita akui kalau Arab Saudi lebih hebat dari Indonesia. Hal ini bisa kita lihat dari berbagai hal, mulai dari taraf hidup masyarakat sana yang elit, sampai fenomena kedatangan Raja Salman ke Indonesia yang luar biasa mewah persiapannya. Arab benar-benar menunjukkan kelasnya sebagai negara kaya.

Indonesia mungkin boleh kalah saing dengan Arab Saudi untuk urusan kemakmuran, tapi dalam hal militer tunggu dulu. Kamu mungkin tidak percaya, tapi faktanya, kita ternyata menang peringkat dari negara minyak ini. Selisih peringkatnya bahkan tidak satu atau dua tapi sepuluh. Menurut Global Fire Power, Indonesia sekarang berada di posisi 12 dunia, sedangkan Arab Saudi ada di peringkat 24. Perbedaan 10 peringkat ini tentu menunjukkan jarak kekuatan yang cukup besar.

Masih soal militer Indonesia VS Arab Saudi, berikut detail komparasi kekuatan keduanya.

Indonesia Menang Telak Soal Tentara

Tentara Indonesia lebih banyak [Image Source]
Berbicara soal tentara, Indonesia bisa dibilang jauh lebih gereget dari Arab Saudi. Hal ini bisa kita lihat dari jumlah serdadu NKRI yang lebih banyak yakni 476 ribu personel aktif sedangkan Arab hanya 235 ribu saja. Ini belum termasuk pasukan cadangan kita yang jumlahnya 400 ribu sedangkan mereka hanya 25 ribu saja.

Kekuatan Darat Arab Lebih Greget

Kekuatan darat Arab lebih hebat [Image Source]

Meskipun kita menang jumlah tentara, namun untuk kekuatan tempur darat Indonesia bisa dibilang kalah. Hal ini bisa dilihat dari jumlah alutsista kedua negara yang beda jauh. Misalnya tank, Indonesia hanya punya 468 buah saja, sedangkan Arab Saudi memiliki sekitar 1.210 biji tank. Ini juga terjadi pada kendaraan lapis baja kita yang jumlahnya pun kalah telak, yakni 1.089 berbanding 5.472.

Kekuatan Udara Arab juga Lebih Perkasa

Kekuatan udara Arab hebat [Image Source]
Tak hanya menang di ranah kekuatan darat, Arab Saudi juga unggul di area kekuatan udara. Hal ini juga dilihat dari jumlah alutsista udara mereka yang luar biasa banyak. Misalnya, pesawat tempur mereka yang jumlahnya 245 sedangkan kita hanya 35 saja. Demikian juga kapal serbu, Indonesia hanya punya 58 buah sedangkan Arab memiliki 245 biji.

Kekuatan Laut Indonesia Lebih Greget

Indonesia unggul kekuatan laut [Image Source]
Indonesia boleh tidak kalah saing di ranah darat dan udara, tapi untuk laut kita lebih unggul. Parameternya tetap sama yakni jumlah alutsista laut Indonesia yang lebih melimpah. Misalnya jumlah fleet Indonesia yang totalnya 221 sedangkan Arab Saudi hanya 55 buah, kemudian untuk corvette kita punya 10 mereka 4 dan kapal selam dua buah untuk Indonesia dan Arab 0 alias tidak punya.

Meskipun militer Arab Saudi kalah jika dibandingkan kita, namun mereka sangat disegani di dunia. Hampir tak ada satu pun negara barat yang berani macam-macam. Bahkan Amerika saja mau sedikit menurunkan egonya dan kemudian menjalin pertemanan dengan Arab Saudi. Kekuatan minyak dan uang mereka juga memainkan peran penting di skala global. Jadi, meskipun militernya biasa, mereka tetap jemawa.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Orang-Orang ini Menderita Kelainan yang Memiliki Mulai dari 3 sampai 92 Kepribadian dalam Satu Tubuh

Seperti Inilah Tampang Pemeran Dulce Maria “Carita De Angel”, Dulu Imut Sekarang Seksi Abis