15 Ilustrasi Paling Nyindir yang Membuat Kita Sadar Agar Kembali Hidup Sebagai ‘Manusia’

Emangnya sekarang hidup kita kurang manusiawi? Iya. Nih buktinya..

oleh Faradina
14:00 PM on Mar 26, 2017

Perkembangan teknologi dan kemajuan zaman harusnya membuat manusia merasa sedikit lega karena bisa sedikit terbantu dalam pekerjaan sehari-hari. Namun faktanya masyarakat kita justru seakan salah menginterpretasikan segala kemudahan yang ada dan menjadi semakin ketergantungan. Sekarang siapa di antara kalian yang dapat jauh dari gadget barang cuma satu jam saja? Sepertinya hanya 10 % yang sanggup karena memang segala kemajuan ini sudah jadi bagian hidup kita.

Sadar atau tidak, selama ini kita telah dirugikan oleh hal tersebut. Teknologi yang seharusnya bila digunakan secara tepat dapat membantu kita malah sekarang membuat lupa akan hakikat manusia sebagai mahluk sosial itu sendiri. Di bawah ini ada 15 ilustrasi karya seniman Prancis tentang bagaimana kehidupan modern yang sangat mengubah banyak orang.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Kita terlalu sibuk dengan ponsel sampai lupa cara berhubungan di dunia nyata

Belang [image source]

Obrolan di meja makan saat ini seakan sudah menjadi dongeng kakek nenek karena telah digantikan oleh peranan gadget yang mungkin dirasa lebih menarik

Makan bersama [image source]

Kenapa rasanya jadi begitu aneh ketika kita jadi satu-satunya orang yang nggak pegang gadget, sementara mereka semua sibuk lihat hapenya sendiri-sendiri?

Gadget di tempat umum [image source]
Teknologi memang bisa mendekatkan yang jauh, namun juga bisa menjauhkan yang dekat. Beradaptasilah dengan hal itu, kawan..

Hewan peliharaan yang lebih disayang dibanding anak sendiri

Hewan peliharaan [image source]

Rela bekerja dengan waktu tak terbatas demi mengejar kesuksesan yang belum jelas.

Kerja lembur [image source]
Kecuali tahu apa tujuannya, jangan jadi seperti sapi perah atau orang gila kerja yang lupa bahwa mereka punya kehidupan, butuh bersosialisasi dan hidup lebih manusiawi.

Hiburan yang harusnya bisa dinikmati dengan syahdu sudah dikalahkan oleh kesibukan mengabadikannya dengan ponsel

Merekam hiburan [image source]
Kita lupa caranya menikmati karena lebih ingat album Instagram yang butuh diisi.

Bermuka dua? Nampaknya hal itu sudah jadi hal yang lumrah saat ini

Muka dua [image source]

Masyarakat sudah pandai berganti-ganti wajah, seakan ekspresi bisa dibeli di mini market

Berganti wajah [image source]

Di kala kepercayaan hanya dapat dilihat dari layar 14 inch

Kesepakatan online [image source]

Bahkan pria dan wanita pun sudah memiliki kebiasaan yang berkebalikan

Pria dan wanita [image source]

Bukannya semakin berusaha hidup sehat, kebiasaan yang mengganggu kesehatan malah dipertahankan

Rokok sehari-hari [image source]

Abadikanlah keindahan sekitar sebelum sibuk mengambil gambar diri sediri

Selfie [image source]

Trend yang sekarang muncul adalah orang-orang berkomunikasi dengan ‘apel’.

Kegunaan apel [image source]
Tau kan harganya berapa? Walau duit mepet, pokoknya harus punya!

Selalu ada teman maya menemani di setiap tidur malam kita

Teman maya [image source]

Dan akhirnya akan ada waktu di mana kita merindukan tempat tanpa teknologi untuk mengembalikan ‘jiwa manusia’ kita

Tanpa teknologi [image source]
Mungkin saat ini kita memang merasakan keasikan menggunakan teknologi ini. Namun tidak menutup kemungkinan bahwasannya suatu saat nanti kita hanya menjadi generasi yang rentan depresi karena itu semua. Yang perlu diingat sekarang adalah, seberapa maju pun teknologi di sekitar, sebisa mungkin jangan sampai kita melupakan tugas dan kewajiban sebagai mahluk sosial. Jangan biarkan barang-barang tersebut memperbudak kita semua.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA