in

Yuk Mengenal Sejarah Perpindahan Ibukota Indonesia di Tiga Daerah Berikut Ini

Jakarta adalah kota metropolitan yang super sibuk karena predikatnya sebagai Ibukota Indonesia. kemacetan, padat penduduk membuat sempat tersebar isu pemindahan ibukota negara. Pemberitaan terakhir, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, disebut-sebut menjadi kandidat terkuat setelah Jakarta.

Isu pemindahan ini sebenarnya bukan hal yang sifatnya baru mengingat Indonesia sendiri sudah mengalami pemindahan ibukota selama beberapa kali. Setelah Indonesia merdeka pada 1945, tentara Belanda yang menggandeng Sekutu (NICA) masih mencoba berusaha merebut Indonesia kembali. Karena faktor tersebutlah, Presiden Soekarno memilih beberapa daerah selain Jakarta yang dianggap aman, kondusif, serta mampu menunjang kebutuhan Pemerintah RI pada saat itu.

Kota pertama yang menjadi pilihan adalah Yogyakarta. Pada 29 September 1945, Jakarta kembali jatuh ke tangan Belanda. Ketika itu, Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Paku Alam VIII selaku penguasa Yogyakarta menawarkan agar ibukota pindah ke Yogyakarta, usulan tersebut diterima oleh Presiden Soekarno. 4 Januari 1946, Bung Karno pergi secara diam-diam ke Yogyakarta dengan kereta api, hari itu Kota Gudeg dinyatakan resmi menjadi ibukota baru.

Gedung Agung Yogyakarta [Sumber gambar]
Yogyakarta menjadi kota yang susah ditaklukkan karena dikelilingi oleh dua benteng, yaitu Samudra Hindia di selatan dan Gunung Merapi di Utara. Selama masa perpindahan, Istana Negara berkedudukan di Gedung Agung yang masih berdiri hingga sekarang.

Ketika terjadi agresi militer Belanda 2 pada 19 Desember 1948, Ibukota dipindahkan lagi ke Bukittinggi, Sumatra Barat. Bukittinggi ditunjuk sebagai ibukota dalam Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) dengan presiden Sjafrudin Prawiranegara. Daerah ini dianggap aman ketika itu karena lagi-lagi dilindungi oleh Gunung Merapi di barat, Gunung Singgalang di selatan, serta Lembah Sianok di utara dan barat.

Bukittinggi dan presiden Sjafrudin Prawiranegara [Sumber gambar]
Terakhir adalah Kota Bireuen di Aceh yang menjadi Ibukota Indonesia sebelum ia kembali menduduki Jakarta. Mungkin banyak yang tidak tau kalau negeri paling ujung Indonesia ini pernah menjadi pusat pemerintahan, karena memang faktanya hal tersebut berlangsung sangat singkat, hanya selama satu minggu saja.

18 Juni 1948, Presiden Soekarno naik pesawat dan menjalankan pemerintahan di  meuligoe (kediaman Bupati Kabupaten Bireuen) karena kondisi Yogyakarta yang tidak kondusif saat itu. Pemerintahan darurat ini dipilih karena Aceh dilindungi pegunungan, sehingga cukup aman untuk melindungi pusat pemerintahan dari serangan musuh.

Pendopo Bireuen Aceh [Sumber gambar]
Pada akhirnya, setelah Republik Indonesia Serikat (RIS) bubar, 17 Agustus 1950 ibukota kembali lagi ke Jakarta dan kita menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pemindahan ibukota tersebut berlangsung karena kondisi Indonesia yang berada di titik darurat.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Di Balik Kekalahan Timnas, Ada Solidaritas Islam yang Kuat antara Indonesia Vs Palestina

Sin Po, Si Saksi Bisu Perjalanan Indonesia Raya yang Korbankan Pencipta Lagunya