9 Hukum Paling Menggelikan dan Nyata di Dunia

oleh Adi Nugroho
15:11 PM on Jun 30, 2015

Hukum diciptakan untuk mengatur suatu kelompok masyarakat agar sesuai dengan norma yang berlaku di daerah tersebut. Bahkan setiap negara atau daerah memiliki jenis hukum yang berbeda-beda. Hukum ini diciptakan bukan untuk membatas-batasi atau pun dilanggar. Karena melanggar hukum artinya bencana. Kita bisa dimasukkan ke dalam penjara, didenda, hingga dieksekusi mati.

Lalu bagaimana jika suatu hukum diciptakan untuk hal-hal sepele. Misal larangan mengunyah permen karet atau larangan punya tubuh gemuk. Meski terkesan menggelikan, ternyata hukum seperti ini ada dan nyata. Seperti 10 hukum yang akan anda baca di bawah ini.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

1. Mengunyah dan Meniup Permen Karet Artinya Menghina Orang dan Harus Dapat Denda – Singapura

Satu tip yang harus anda lakukan jika akan berkunjung ke Singapura: jangan sekali-kali membeli permen karet. Never ever! Permen karet yang harganya cuma beberapa dolar Singapura bisa membuat anda dikenai denda. Nggak main-main, 1.000 dolar Singapura harus dikorek dari kantong anda untuk melunasi denda larangan mengunyah permen karet di tempat umum. Terlebih jika sampai membuang sampah sisa permen karet sembarangan.

Mengunyah dan Meniup Permen karet dilarang [image source]
Mengunyah dan Meniup Permen karet dilarang [image source]
Peraturan ini telah dibuat di Singapura sejak tahun 1990-an. Hal ini dilakukan agar tidak banyak sampah yang mengotori Singapura. Orang akan berpikir-pikir jika akan buang sampah sembarangan. Aturan ini dianggap konyol bagi beberapa turis, namun mereka tidak bisa melakukan apa-apa. Aturan berlaku mengikat untuk siapa saja, bahkan warga Singapura sekali pun. So, jangan pernah aneh-aneh di Singapura, jika tidak ingin pulang langsung bangkrut.

2. Wanita Berada di Posisi Atas Saat Berhubungan Badan dengan Pasangannya – Massachusetts, AS

Hukum menggelikan ini masuk ke dalam kategori “unnatural and lascivious act” atau bahasa sederhananya, aksi tidak alami dan “amoral”. Mereka menganggap jika wanita tidak alami jika berada di atas pasangannya saat berhubungan badan. Wanita harus berada di bawah, dan pria di atas, hal ini dianggap wajar dan alami. Melanggar hukum ini artinya denda hingga jika parah harus dihukum hingga lima tahun kurungan.

Women on Top [image source]
Women on Top [image source]
Hukum ini dianggap banyak orang tidak jelas, menggelikan, dan tidak masuk akal. Bagaimana mungkin hubungan badan harus diatur. Dan kalau pun dianggap wajar apa setiap malam polisi harus keliling untuk melakukan sweeping. Mengetok pintu dan mengecek setiap pasangan saat berhubungan badan. Justru tindakan polisi semacam ini tidak sopan. Hukum ini juga dianggap mengesampingkan hak-hak wanita yang harusnya setara dengan pria.

3. Memperdagangkan Ikan Salmon Secara Ilegal – Inggris

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang sangat banyak diminati di seluruh dunia. Banyak sekali orang yang terobsesi memancing salmon atau menjaringnya untuk dijual dan dapat untung berlipat. Namun hal ini ternyata melanggar hukum di Inggris. Negara yang terletak di Eropa ini membuat aturan yang mengatur tentang perdagangan salmon secara jelas agar membatasi eksploitasi berlebihan.

Salmon Ilegal [image source]
Salmon Ilegal [image source]
Hukum ini dianggap aneh bagi beberapa orang. Bagaimana seorang yang menjual ikan bisa didenda atau bahkan dipenjarakan. Bahkan ada beberapa orang yang hanya membawa salmon dalam keadaan utuh di jalan langsung dipidanakan. Mungkinkah membawa dan menjual salmon bisa disejajarkan dengan kriminal yang biasanya mencuri atau merampok?

4. Larangan Mengimpor Kentang dari Polandia – Inggris

Semua orang di seluruh dunia menyukai kentang. Umbi pengganti karbohidrat selain nasi ini bisa dibuat aneka makanan seperti perkedel, mash potato, kentang goreng, donat, hingga keripik. Namun ternyata pengolahan kentang di Inggris benar-benar dijaga ketat. Kita tidak bisa sembarangan membeli atau mengolah kentang jika tidak ingin mendapatkan hukuman yang berat.

Kentang [image source]
Kentang [image source]
Melakukan penjualan, pengolahan, pengepakan, dan pengiriman kentang harus melalui izin lembaga terkait. Dan kentang yang dilarang secara spesifik adalah yang berasal dari Polandia. Tidak jelas apa alasannya. Beberapa orang mengatakan jika hukum ini dibuat agar kentang asli Inggris tetap laku dan merajai negaranya. Bukan kentang negara lain yang mengisi piring-piring rakyat Inggris. Ada-ada saja! mungkin Indonesia bisa mencontoh, misal melarang beras-beras dari Vietnam masuk agar beras lokal bisa laku dan petani nggak menderita.

5. Wanita Bisa Memukuli Prianya Yang Terbukti Nikung Hingga Babak Belur Bahkan Mati Bila Perlu – Hongkong

Hubungan dibuat agar dua individu semakin dekat dan bahagia, terlebih jika sampai menikah. Namun terkadang hubungan berjalan tidak mulut karena ada pihak yang “main” dengan orang lain. Hal ini mengakibatkan pertengkaran yang tak ada habis-habisnya. Bahkan bisa terjadi kekerasan yang mengakibatkan wanita selalu jadi pihak yang tersakiti. Untuk itulah satu hukum konyol (bagi pria) dibuat di Hongkong.

Pria Selingkuh Boleh dihajar [image source]
Pria Selingkuh Boleh dihajar [image source]
Wanita yang mendapati pasangannya memiliki affair dengan wanita lain berhak menghajar. Mereka boleh memukuli hingga babak belur, bahkan bila perlu sampai puas dan membuat pasangannya tak berdaya. Jika anda pria yang tinggal di Hongkong, lebih baik anteng dan tidak main-main dengan hubungan anda. Jika hal ini anda langgar, bersiaplah kepalan kekasih anda meluncur ke wajah dan perut!

6. Sedang Mabuk Jangan Dekat-Dekat Dengan Sapi Jika Tidak Mau Dibui – Inggris

Inggris lagi-lagi membuat suatu hukum yang sangat menggelikan. Setelah larangan mengimpor kentang kini larangan berdekatan dengan sapi. Orang yang sedang mabuk atau tidak sehat dilarang mendekati sapi. Dilarang melakukan akitivitas seperti mengembala, memerah susu, hingga memberinya makan. Karena tindakan ini ditakutkan akan membuat sapi dalam bahaya.

Jangan Dekat Sapi Saat mabuk [image source]
Jangan Dekat Sapi Saat mabuk [image source]
Orang Inggris erat hubungannya dengan sapi. Mereka tidak bisa dilepaskan dari susu dan juga daging. Hampir setiap hari ada menu daging untuk makan dan susu selalu memenuhi lemari es. Untuk itu dibuat hukum yang melarang orang mabuk mendekati sapi. Dengan begini sapi akan selalu sehat dan tidak membahayakan jika suatu saat akan diolah.

7. Kentut Setelah Jam 6 Malam di Hari Kamis Bisa Celaka – Florida, AS

Semua orang tahu dan paham jika kentut di tempat umum sangat tidak sopan. Karena bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Orang akan menutup hidung karena bau yang keluar sangat tidak sedap. Namun hal ini akan berlalu seiring bau yang hilang diterpa angin. Di Florida, Amerika Serikat tidak demikian. Bau tidak sedap yang sudah hilang masih bisa membuat anda ditangkap dan diadili karena kentut di muka umum.

Dilarang Kentut [image source]
Dilarang Kentut [image source]
Aturan tentang kentut ini diberlakukan hanya sekali dalam seminggu. Tepatnya setiap kamis malam mulai pukul 18.00. Orang yang kedapatan buang gas akan dibawa polisi dan mulai diadili. Hukum aneh ini sering diprotes beberapa orang karena sangat konyol. Bagaimana hanya kentut harus dihukum. Akibat kejadian ini setiap hari kamis penjualan kacang-kacangan atau ubi di Florida menurun. Semua orang takut kentut dan ditangkap.

8. Akhir dari Peradapan Bermain, Semuanya Game Over! – Yunani

Yunani mengalami keadaan terburuk dalam sistem ekonominya pada tahun 2008. Hal ini mengakibatkan banyak sektor ekonomi jadi gulung tikar. Banyak anak-anak muda di-PHK hingga terjadi gejolak kriminalitas juga semakin meningkat. Yunani menginginkan anak mudanya kreatif dan tidak hanya main game elektronik seperti PS atau XBOX. Untuk menanggulangi ini, pemerintah yunani melarang penjualan barang ini, bahkan akan mengganjar siapa saja yang kedapatan menjual atau bermain.

Main Game [image source]
Main Game [image source]
Hukum ini dibuat agar semua anak muda di Yunani tidak bermalas-malasan. Mereka seharusnya mampu menciptakan peluang usaha sendiri. Tidak menghabiskan hari-harinya dengan bermain game dan bermalas-malasan. Sepertinya negara kita, Indonesia bisa menerapkan hal ini jika ingin anak mudanya tidak main game dari pagi sampai malam.

9. Jangan Pernah Jadi Orang Gemuk Saat Mulai Tua – Jepang

Jepang adalah negara yang sangat kaya dengan budaya. Mulai dari tarian, upacara tradisional, hingga pop culture seperti anime dan manga yang menggebrak seluruh negara di dunia. Satu hal unik lain yang paling terkenal di Jepang adalah Sumo. Sebuah olahraga klasik yang menampilkan dua orang gemuk sedang bertarung adu kuat. Namun tahukah anda jika di Jepang ada larangan orang untuk jadi gemuk. Terutama saat memasuki usia 40 tahun.

Jangan gemuk di Jepang [image source]
Jangan gemuk di Jepang [image source]
Jepang membuat aturan untuk orang yang memiliki usia 40-75 tahun agar memiliki badan standar. Pemerintah membatasi lingkar perut antara 85-90 cm untuk pria dan wanita. Jika lebih dari itu setiap individu harus mengikuti penyuluhan kesehatan hingga program penurunan berat badan. Akibat hal ini Jepang hanya memiliki 3% penduduk obesitas dan mengurangi angka penduduk yang sakit akibat kelebihan berat badan. Agak aneh, tapi jika untuk kesehatan penduduk, pasti banyak yang mendukung.

Itulah hukum-hukum yang bisa dibilang aneh, dan menggelikan. Meski demikian beberapa hukum yang aneh dibuat untuk kepentingan bersama, bahkan melindungi rakyatnya. Kira-kira ada tidak ya hukum sejenis ini di Indonesia?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA