4 Alasan Hubungan Manusia dan Robot Mungkin Akan Dilegalkan di Masa Depan

oleh Rizal
23:30 PM on Aug 6, 2015

Setelah LGBT disahkan di beberapa negara dan akan diikuti beberapa yang lain, belakangan muncul wacana untuk juga melegalkan hubungan antara seseorang yang masih punya hubungan darah. Fenomena ini pun diprediksikan masih akan terus berlanjut.

Bahkan menurut para ahli, nantinya kita juga harus siap ketika dikejutkan dengan demonstrasi besar-besaran para manusia yang minta legalitas hubungan dengan robot. Masa sih bisa sampai seperti ini? Masih belum pasti sih, tapi melihat tanda-tandanya saat ini hal tersebut sangat mungkin terjadi.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

Tentunya ada beberapa alasan atau faktor kenapa para ahli memprediksi akan kejadian yang sudah di batas wajar manusia ini. Berikut adalah ulasannya.

1. Banyak Orang yang Menghabiskan Waktunya di Dunia Virtual

Online gaming, social media, email, chat dan sebagainya adalah bukti jika manusia sekarang ini lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia maya. Seperti yang kamu ketahui, hal tersebut berdampak fatal terutama untuk mental. Manusia akhirnya akan lebih menyukai lingkungan semu ini dan mayoritas waktunya pun digunakan untuk itu.

Terlalu lama menghabiskan waktu di dunia maya bisa berbahaya [Image Source]
Terlalu lama menghabiskan waktu di dunia maya bisa berbahaya [Image Source]
Makin banyak seseorang menghabiskan waktunya di dunia virtual, maka semakin ia menganggap semua yang ada di dalamnya adalah kenyataan. Hingga akhirnya menggeser norma-norma yang ada. Termasuk ketika mereka mulai menyukai wanita-wanita virtual.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Mungkin kamu pernah mendengar cerita seorang penggemar serial animasi Jepang yang menikahi guling bergambar tokoh favoritnya. Hal tersebut bisa terjadi lantaran si pria ini begitu lama berkutat di sana dan akhirnya menyebabkan ketergantungan. Hal yang sama juga tentu bisa terjadi untuk kasus jatuh cinta kepada makhluk virtual.

2. Teknologi Memungkinkan Hal Tersebut Terjadi

Pernah menonton film berjudul Her? Ketika kamu menyaksikan film yang didubbing oleh Scarlett Johannson ini, pastiĀ akan timbul keyakinan kalau di masa depan manusia memang bisa tertarik dengan yang namanya robot dan semacamnya. Memang awalnya perkembangan teknologi hanya difokuskan kepada hal-hal yang bersifat fisik dan kerja, tapi semakin berjalannya waktu para ilmuwan juga ingin mencari cara mengatasi hal-hal non fisik. Kesepian, marah dan rasa cinta masuk di dalamnya.

Robot wanita buatan Jepang. Cantik, bukan? [Image Source]
Robot wanita buatan Jepang. Cantik, bukan? [Image Source]
Era robot sudah makin dekat. Nantinya mereka tidak hanya seonggok besi mekanis yang bekerja berdasarkan baris-baris perintah, sesuatu yang bernama Artificial Intelligence (AI) akan membuat mereka bisa berpikir dan memiliki nalar. Bahkan seperti yang ada di film-film, kecerdasan buatan ini pun akan belajar tentang emosi dan juga cinta.

Sudah ada robot berbentuk manekin wanita cantik yang diciptakan oleh perusahaan Jepang. Tinggal dikemas dengan dimasuki chip yang berisi AI mereka pun bisa selayaknya manusia. Ketika era ini datang, siap-siap menerima berita kalau nantinya ada seseorang yang menikahi robotnya sendiri.

3. Memang Menghindari Hubungan dengan Manusia

Fenomena ini memang sedang terjadi di Jepang. Berdasarkan hasil survey, dikatakan bahwa anak-anak muda Jepang memang menghindari hubungan dengan level kedekatan yang dalam. Mereka suka hidup sendiri bahkan ada yang sampai anti sosial. Orang-orang dewasanya pun juga enggan menikah menyebabkan Jepang menjadi negara dengan rata-rata kelahiran paling sedikit.

Pemilik pacar virtual, robot, dan sejenisnya adalah tanda kalau mereka kesepian [Image Source]
Pemilik pacar virtual, robot, dan sejenisnya adalah tanda kalau mereka kesepian [Image Source]
China juga tengah dihinggapi masalah sosial yang cukup serius lantaran sebuah aplikasi bernama Xiaoice. Ini adalah semacam aplikasi pacar virtual yang memungkinkan user untuk berinteraksi atau bahkan bercumbu layaknya pasangan kekasih meskipun secara virtual. Sudah ada ribuan lebih pengguna Xiaoice dan mereka semua rata-rata adalah pria patah hati.

Yakin manusia tidak mungkin cinta sama robot melihat dua fenomena di atas? Sepertinya hanya tinggal tunggu waktu saja hingga hal tersebut benar-benar terjadi.

4. Ketika Jomblo Sudah Kehilangan Logika

Apa kabar para single fighter? Sudah lelah ditolak dan patah hati akankah berpaling kepada benda-benda mekanis yang bisa mengerti perasaanmu? Jangan, ya. Manusia sudah kodratnya untuk dipasangkan dengan manusia juga. Jangan membuat konsep ini menjadi blur gara-gara patah hati menahun.

Jomblo bukan akhir dari segala untuk mereka yang tetap berusaha [Image Source]
Jomblo bukan akhir dari segala untuk mereka yang tetap berusaha [Image Source]
Akan selalu ada jalan bagi mereka yang tetap berusaha, dan hukum ini berlaku untuk semuanya. Berusaha lebih sosial lagi, kenal banyak orang lagi, suatu saat pasti akan ditemukan dengan seseorang. Hal ini jauh lebih baik dari pada tenggelam di dunia virtual yang hanya memberikan kesenangan sebentar dan semu.

Kira-kira bagaimana tanggapan pemerintah jika hal ini benar-benar terjadi? Apakah kembali mereka akan membuat keputusan unik dengan melegalkan hubungan manusia dan mesin? Yah, kita tunggu saja apakah sesuatu yang sangat fiktif ini nantinya akan benar terjadi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA