Berlian adalah batu mulia dengan tingkat prestis yang tinggi. Tidak hanya mempesona, kelangkaan dan harga yang supermahal membuat berlian tak bisa dimiliki sembarang orang. Berbicara soal jenis berlian, di dunia ini ada banyak macamnya yang masing-masing punya keunikan dan cerita sendiri. Termasuk salah satunya adalah Hope Diamond yang namanya begitu tenar di penjuru dunia.

Berlian satu ini memang istimewa, tak hanya karena bentuknya yang bisa membuat wanita mana pun langsung tersihir, tapi juga harganya yang luar biasa mahal. Jangan tanya nominal, karena sebanyak apa pun uang yang kamu punya, mungkin takkan pernah bisa membeli berlian ini. Namun, sayangnya dengan kemasan serta harga jual tak karuan, si batu mulia ini diyakini memiliki kutukan mematikan.

Konon bagi siapa pun yang berhubungan dengan berlian ini, apalagi sebagai pemilik, maka siap-siap bakal terkena kutukan yang taruhannya adalah nyawa. Lalu, seperti apa berlian unik satu ini? Simak ulasannya berikut.

Asal Usul Hope Diamond

Hope Diamond [image: source]
Hope Diamond pertama kali dibawa ke Perancis oleh seorang pedagang bernama Jean Baptiste Tavernier. Konon, Tavernier mencurinya dari sebuah patung dewi Sita yang berada di dalam kuil di India.  Saat itu berlian masih dalam bentuk potongan kasar segitiga sebesar 112 karat. Setelah itu, Tavernier menjual berlian berwarna biru itu pada Raja Louis XIV dan oleh sang raja dipotong menjadi 67 karat. Berlian ini kemudian dinamakan French Blue. Tak berhenti di situ, French Blue kemudian dimiliki oleh Henry Philip Hope. Dan nama Hope Diamond yang terkenal hingga kini diambil dari nama Henry Philip Hope. Saat di tangan Hope, berlian ini telah dipotong dan berukuran 45,5 karat.

Berlian Biru dengan Harga Super Mahal

Berlian Hope [Image Source]
Berwarna biru tua dengan cahaya yang bisa menjelma kemerahan, membuat Hope Diamond istimewa di kalangan penggemar berlian. Bentuk indah Hope Diamond membuat banyak orang penasaran bagaimana teknik pemotongannya. Karenanya banyak ahli berlian mempelajari cara pemotongan Hope Diamond. Sampai saat ini, diperkirakan belum ada berlian biru yang besarnya seukuran dengan berlian ini. Karena itu, nilai jualnya semakin meningkat dan diprediksi mencapai kisaran harga $350 juta atau setara dengan Rp 4 triliun.

Perjalanan Kutukan Hope Diamond

Evalyn Wals McLean memakai Hope Diamond [image: source]
Meski terkenal dengan keindahan dan harga yang super mahal, banyak pihak yang berpikir dua kali untuk menerima Hope Diamond. Hal ini karena si berlian biru yang selalu dikaitkan dengan kutukan dan musibah bagi pemiliknya. Musibah pertama dialami si pembawa berlian dari India, Jean Baptiste Tavernier yang mengalami demam parah sesaat setelah membawa Hope Diamond. Dan konon, Tavernier meninggal dalam keadaan tercabik-cabik serigala.

Pemilik Hope Diamond berikutnya yang kena sial adalah Raja Louise XVI dan permaisurinya Maria Antoinette. Mereka harus kehilangan kerajaan Perancis, dan keduanya meregang nyawa akibat dipenggal kepalanya. Nasib serupa dialami Evalyn Wals McLean yang dengan bangga menggunakan Hope Diamond. Kesialan bermula dari kematian ibu mertuanya disusul kematian anaknya yang baru berusia 9 tahun. Setelah itu, suaminya meninggalkan Evalyn dan anak perempuannya meninggal karena overdosis.

Tak lama kemudian Evalyn yang selalu dalam kemewahan jatuh miskin dan terpaksa menghidupi dirinya dengan berjualan koran. Dan masih ada beberapa orang terkait Hope Diamond yang mengalami nasib tak mujur. Meski ada yang percaya hal-hal mengerikan itu terjadi secara kebetulan, namun kebanyakan orang meyakini bahwa ini benar-benar kutukan si berlian biru.

Nasib Hope Diamond Saat Ini

Hope Diamond [image: source]
Setelah mengalami perjalanan panjang dan memiliki banyak tuan, akhirnya Hope Diamond dijual pada Harry Winston (raja berlian pada sebuah toko perhiasan di New York). Winston yang dikenal sebagai raja berlian menyumbangkan berlian itu ke Museum Sejarah Alam Smithsonian. Dan sampai saat ini, Hope Diamond menjadi objek yang paling diminati di Smithsonian Institute.

Objek Populer di Smithsonian Museum

Hope Diamond di Smithsonian Museum [image: source]
Sejak kehadiran Hope Diamond di Harry Winston Gallery dalam Smithsonian Museum, berlian ini selalu menjadi primadona yang memikat. Tiap harinya, ribuan orang berduyun-duyun menyambangi si berlian biru. Bukan hanya kecantikan berlian yang membuat banyak orang penasaran, tapi juga berbagai cerita misteri yang menyertainya.

Berlian Hope sampai sekarang masih eksis dan tetap memancarkan pesonanya yang luar biasa. Namun, di balik itu, orang-orang agak segan bahkan untuk melihatnya lama-lama karena takut kalau kutukan Hope akan menyebar. Meskipun demikian, misteri tentangnya juga menjadi daya tarik utama selain harganya yang setara dengan showroom mobil dengan isi lusinan Lamborghini.