12 Potret Hiruk Pikuk Tiongkok yang Bikin Ternganga Hingga Susah Bernafas

oleh Ayu
07:00 AM on Sep 21, 2016

Tiongkok masih tak terkalahkan soal jumlah warga negara. Setidaknya 1,3 miliar jiwa tinggal di sana, belum lagi yang sudah tersebar di segala penjuru dunia. Meski China sendiri cukup luas di peta, tapi nyatanya foto-foto di bawah ini menunjukkan kalau di negara itu seperti tak ada lagi ruang yang tersisa.

Angka kelahiran yang begitu tinggi di negara ini membuat pemerintahnya mewajibkan one child policy atau peraturan untuk memiliki satu anak saja dalam rentang waktu tertentu. Terdengar kejam memang, namun hal ini diupayakan pemerintah untuk menekan ledakan populasi yang berimbas pada kehidupan rakyatnya.

Baca Juga
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya

Namun ada fenomena unik, di mana masyarakat yang makin banyak secara tak langsung saling beradaptasi membentuk pola hidup berdampingan. Keunikan itu terangkum dalam 12 foto berikut ini, yang mana bisa membuat kita ternganga, meringis, susah bernafas hingga geleng-geleng kepala.

1. Ini bukan laut yang dikunjungi manusia, tapi sudah jadi LAUTAN MANUSIA.

Lautan manusia di pantai Tiongkok [image source]
Lautan manusia di pantai Tiongkok [image source]

2. Meski parkiran menampung sepeda sebanyak ini, mereka bisa mengenali sepedanya sendiri-sendiri.

Masih banyak orang Tiongkok yang menggunakan sepeda [image source]
Masih banyak orang Tiongkok yang menggunakan sepeda [image source]

3. Ujian sekolah Tiongkok terkenal menggunakan sistem anti nyontek. Tapi yang lebih mengesankan dari itu adalah.. JUMLAH PESERTANYA.

Ujian sekolah di Tiongkok.
Ujian sekolah di Tiongkok. (image source)

4. Tata jemuran idaman para ibu dan bapak kost. Rukun dan rapi.

Jemuran anak asrama di kampus-kampus umum Tiongkok [image source]
Jemuran anak asrama di kampus-kampus umum Tiongkok [image source]

5. Karena cuaca panas dan jam aktivitas yang panjang, beberapa kegiatan seperti bekerja dan kuliah biasanya diselingi jam tidur siang. Rapi bukan?

Mahasiswa tidur siang untuk mengatasi cuaca panas [image source]
Mahasiswa tidur siang untuk mengatasi cuaca panas [image source]

6. Jajaran taksi menunggu rejeki, berbaris rapi. Demi dapur tetap mengepul dan makan anak istri.

Taksi di bandara Internasional Tiongkok [image source]
Taksi di bandara Internasional Tiongkok [image source]

7. Lulus kuliah di negerinya Mao Zhe Dong, artinya harus bersiap ‘sikut-sikutan’ mencari pekerjaan. Meski begitu, antri dulu.

Antrian lulusan mahasiswa mencari kerja [image source]
Antrian lulusan mahasiswa mencari kerja [image source]

8. Beginilah di bagian dalam job fairnya. Baru lihat saja sudah terasa pengap. Sesungguhnya kalau kamu merasa cari kerja itu susah, maka kamu tidak sendirian.

Jobfair di Tiongkok [image source]
Jobfair di Tiongkok [image source]

9. Festival air di Xishuang Banna, Provinsi Yunnan. Kalah deh selebrasi suporter bola.

Festival air di Tiongkok [image source]
Festival air di Tiongkok [image source]

10. Melihat sungai pasang di Tiongkok adalah hal yang cukup istimewa. Gelombang naiknya itu lho yang sensasional. Tapi selain itu, antriannya juga tak kalah fenomenal.

Melihat sungai Qiantang pasang, lihat antriannya.
Melihat sungai Qiantang pasang, lihat antriannya. [image source]

11. Ini nih pecinan yang sesungguhnya. Meriah, ramai pejalan kaki dan benar-benar ada di Tiongkok.

Pecinan memang selalu ramai [imagae source]
Pecinan memang selalu ramai [imagae source]

12. Untung yang dilihat lampion, jadi lihatnya ke atas. Kalau lihat ke depan, belakang, samping kiri dan kanan, isinya orang semua.

Festival lampion saat imlek di Beijing [image source]
Festival lampion saat imlek di Beijing [image source]
Saat ini Tiongkok memang memiliki cukup banyak reputasi yang kontroversial. Kelakuan turisnya yang bikin ngelus dada, ledakan populasi yang sangat tinggi, polusi yang tiada henti dan sebagainya. Meski demikian, Tiongkok menjadi kampung halaman dan tanah harapan buat masyarakatnya.

Padatnya populasi penduduk membuat mereka mengatasinya dengan membentuk pola hidup berdampingan yang unik dan tak ditemukan di negara lain. Meski hiruk pikuk, warga Tiongkok memang terkenal ulet dan pekerja keras. Sehingga bisa menaklukkan hidup di tanah sendiri, membuat mereka survive hidup di negeri orang.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA