in

Waspada! Sesak Napas Ketika Naik Tangga Bisa Jadi Ciri dari Hipertensi Paru

Ngos-ngosan merupakan hal yang sering kita alami di kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah ketika menaiki tangga. Biasanya, semakin tinggi tangga, dada kita akan terasa sesak saja. Nah, hal ini sering kali kita anggap sebagai akibat dari kurangnya berolahraga. Jadinya, kita sering mengabaikan sesak napas tersebut.

Tapi ternyata, sesak napas saat menaiki tangga tersebut bukan hanya karena kurang olahraga saja Sahabat Boombastis. Ada hal lain yang bisa jadi penyebab dari sesak napas tersebut. Contohnya saja adalah penyakit Hipertensi Paru.

Sesak napas saat naik tangga [Sumber Gambar]
Mungkin kalian baru mendengar penyakit yang satu ini. Yap, Hipertensi Paru memang merupakan penyakit yang jarang ditemui di dunia. Penyakit tersebut bisa terjadi karena naiknya tekanan di dalam pembuluh arteri paru akibat aliran darah yang terhambat. Kemudian, penyebab lainnya adalah adanya penyakit lain yang terdapat pada jantung ataupun penggumpalan darah pada paru-paru. Kalau penyakit ini tidak ditangani dengan cepat, bisa membuat jantung bagian kanan melemah dan dapat mengakibatkan gagal fungsi.

Salah satu cirinya adalah pergelangan kaki bengkak [Sumber Gambar]
Selama penyakit ini ada di dalam tubuh, akan memunculkan beberapa gejala. Salah satunya ya sesak napas ketika melakukan aktivitas berat ataupun ringan. Lalu, ciri-ciri lainnya adalah pembengkakan pada pergelangan tangan ataupun kaki yang terjadi secara tiba-tiba. Selain itu, para penderita Hipertensi Paru juga mengalami munculnya titik biru pada kulit dan bibir. Titik-titik tersebut muncul lantaran sirkulasi darah yang tidak tepat dalam sistem paru-paru. Selanjutnya, gejala lainnya yang bisa timbul adalah nafsu makan menurun, sakit perut, denyut nadi kencang dan jantung berdebar lebih cepat daripada biasanya.

Cara menghindarinya adalah dengan tidur cukup [Sumber Gambar]
Kabar buruknya dari penyakit ini adalah masih belum ada jalan untuk menyembuhkannya. Hipertensi Paru hanya bisa dilakukan pengobatan saat belum benar-benar parah. Biasanya, pengobatan yang diambil oleh dokter adalah teknik penyembuhan dasar untuk jantung dan paru-paru saja.

Untuk itu, supaya kita terhindar dari Hipertensi Paru ada beberapa hal yang harus dilakukan. Itu adalah harus beristirahat dengan cukup tanpa mengurangi jam tidur sedikitpun. Lalu, kalian harus aktif setiap harinya, bisa dengan jalan santai ataupun berolahraga. Kemudian, jangan merokok karena itu adalah pemicu utama dari rusaknya organ paru-paru. Terakhir yaitu harus mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan menghindari fast food.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Baim Wong Unggah Foto Calonnya, Netizen Heboh dan Bilang: Akhirnya Go Public!

Patut Dicoba, Beginilah Cara Inggris ‘Hantam’ Kerusuhan Suporter Sepak Bola