Awal tahun baru ini, warga Kerinci, Jambi digegerkan oleh berita hilangnya seorang anak lelaki bernama Ikhsan Almughoni (17). Ikhsan menghilang karena sebelumnya merayakan tahun baru bersama temannya di Danau Kaco tersebut. Danau kaco sendiri ada di Desa Lempur, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Setelah mendapat laporan atas hilangnya anak tersebut, tim SAR setempat langsung turun tangan dan melakukan penyisiran ke hutan. Sayangnya, meski segala cara sudah dilakukan, Ikhsan tetap tidak ditemukan.

Kronologi hilangnya Ikhsan Almughoni

Ikhsan Almughoni [sumber gambar]
Melansir dari suarabutesarko.com, Ikhsan berangkat bersama 3 orang temannya dari Benteng Desa Manjuto Lempur menuju tempat wisata Danau Kaco dengan berjalan kaki. Sedangkan motor mereka dititipkan di parkiran Benteng Desa Manjuto Lempur. Sampai di Danau Kaco pada pukul 13.00. setelah puas bermain, korban pulang sekitar pukul 16.10. Di sinilah ia terpisah dengan teman-temannya. Ikhsan sendiri berjalan lebih dulu sekitar 100 meter di depan teman-temannya. Namun, saat tiga orang temannya sudah sampai di Benteng Desa Manjuto Lempur, Ikhsan tak ada di sana.

Pencarian selama 10 hari oleh tim SAR setempat yang tak membuahkan hasil

Tim SAR Gabungan yang mencari [sumber gambar]
Karena teman mereka hilang, tiga orang temannya ini melaporkan hal itu pada pihak berwajib. Akhirnya, tim SAR turun tangan bersama dengan warga setempat dan juga pihak dari TNI/Polri. Berbagai upaya sudah dilakukan, bahkan tim ini sudah mendirikan pos di lokasi hilangnya pelajar itu, namun sosoknya masih tak kunjung kembali. Setelah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait dan pihak yang terlibat, tim SAR memutuskan untuk menghentikan proses pencarian. Meski pencarian dihentikan, namun pihak keluarga akan terus mencari sampai batas waktu yang tidak ditentukan, seperti dilansir dari Liputan6,com.

Ibu korban yang melaksanakan solat di dalam hutan

Ibu korban yang solat di tengah hutan [sumber gambar]
Meski pencarian sudah dihentikan oleh tim SAR, namun para keluarga masih berharap anak mereka bisa ditemukan. Orangtua dari Ikhsan Almughoni juga masih optimis jika anaknya masih hidup. Bahkan ibunya tak henti memanjatkan doa di tempat kejadian putranya menghilang. Gambar tersebut memperlihatkan seorang ibu yang sedang solat. Diunggah oleh akun @moutnesia, netizen mendoakan semoga Ikhsan segera bisa ditemukan kembali dengan keluarganya.

Legenda dan kasus kehilangan yang pernah terjadi di Danau Kaco

Danau Kaco [sumber gambar]
Selain Ikhsan, tahun 2014 tahun lalu juga ada dua pengunjung yang pernah hilang di Danau Kaco ini. Mereka berhasil ditemukan dalam kondisi lemas di suatu lembah di tengah hutan. Danau Kaco sendiri punya legenda yang sudah turun temurun diceritakan kepada masyarakat. Dahulu kala konon ada seorang raja yang punya putri yang cantik dan dikagumi banyak pangeran. Suatu hari ada seorang pangeran datang membawa emas dan intan untuk melamar putri. Namun, sang raja justru dilemma, karenanya ia membuang semua perhiasan itu ke sebuah danau –yang sekarang dikenal dengan Danau Kaco.

BACA JUGA: 4 Tragedi Para Pendaki Hilang di Gunung, Ada yang Tak Pernah Pulang Hingga Kini

Semoga saja Ikhsan segera ditemukan ya, dalam kondisi apapun. Sebagai pelajaran untuk kita semua, kalau bepergian ke hutan, jangan sekali-kali memisahkan diri dari teman dan rombongan. Karena bagaimanapun juga, saat bersama dengan teman, kalau terjadi hal yang tidak menyenangkan, kamu setidaknya bisa meminta pertolongan mereka.