Kaca helm memang termasuk benda penting bagi pengendara motor. Ia berfungsi untuk melindungi mata pengendara supaya tidak terpapar cahaya langsung dan juga dari kemasukan debu. Oleh sebab itu, banyak orang begitu menjaga visor helm ini layaknya bayi yang baru lahir.

Namun namanya juga manusia, pasti ada saja kecerobohannya. Mau dilindungi bagaimanapun, kaca helm bisa saja tergores. Entah karena penyimpanan helm yang kurang tepat atau bisa juga salah orang lain. Nah, pasti kalian kesel kan kalau helm kesayangan kalian kacanya tergores. Oleh karena itu, Boombastis.com akan membahas bagaimana cara menghilangkan baret pada kaca helm. Yuk simak ulasan berikut ini.

Lepas kaca helm terlebih dahulu [Sumber Gambar]
Caranya adalah dengan melepaskan kaca dari helm terlebih dahulu. Ini dilakukan supaya kita lebih leluasa untuk mengubahnya menjadi seperti baru. Nah, kalau sudah cuci kaca helm tersebut dengan air sabun. Lalu jangan lupa juga membilasnya dengan air mengalir ya agar kotoran yang masih menempel lebih cepat terlepas.

Cuci kaca helm di air mengalir [Sumber Gambar]
Kalau sudah, visor jangan dikeringkan dulu, biarkan ia tetap basah. Nah kemudian amplas kaca tersebut dengan perlahan. Eits tapi gunakan amplas yang paling halus ya dengan ukuran 1500-2200 SW dan jangan lupa sambil diguyur dengan air sabun. Lakukan hal ini secara terus menerus, khususnya pada bagian kaca yang banyak baretnya.

Amplas kaca helm [Sumber Gambar]
Setelah dirasa cukup, hentikan kegiatan amplas mengamplas tersebut. Memang kalau sudah diamplas, kaca akan lebih terlihat kusam daripada sebelumnya. Tapi jangan khawatir, itu masih proses kok Sahabat Boombastis. Nah, langkah selanjutnya adalah mengeringkan kaca helm dengan menggunakan kain yang lembut. Lalu poleslah bagian yang kusam tadi dengan white compound. Namun dengan catatan, pakailah kain halus untuk menerapkannya. Kalau kainnya kasar, bisa dipastikan kaca helm kalian akan berubah menjadi buruk rupa.

BACA JUGA : Keringkan Helm yang Basah Terkena Hujan Bukan Dengan Dijemur, Cara Ini yang Paling Benar

Itu tadi adalah cara untuk memperbaiki kaca helm yang sudah baret. Tapi ada yang perlu diperhatikan sebelum menerapkan hal ini. Adalah kalian harus cek dulu apakah helm tahan amplas atau tidak. Caranya yaitu dengan mengamplas sedikit di bagian pojok visor yang dekat engsel. Kalau tahan amplas, lanjutkan proses di atas tadi sampai ke bagian tengah visor. Oh iya, tak lupa juga kalau proses ini hanya berlaku ketika goresan berjumlah sedikit ya. Kalau baretnya jumlahnya banyak, maka lebih baik diganti saja. Selamat mencoba Sahabat Boombastis.